Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 10 Tips Design X Banner & Roll Up Banner

    Ketika kamu sedang mengadakan event atau promosi mengenai layanan atau produk kamu, x banner atau roll up banner merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menarik pengunjung atau audiens. Kenapa? Karena x banner atau roll up banner merupakan hal simpel yang dapat kamu gunakan sebagai iklan yang dapat menarik perhatian orang secara instan. Kamu dapat meletakkan banner ini di tempat orang berkumpul atau tempat dimana orang berlalu-lalang.

    Oleh karena itu, x banner atau roll up banner merupakan salah satu material promosi yang efektif. Namun, untuk mendesain interaktif dan informatif yang dapat menarik perhatian orang yang melihat. Jadi, sekarang kita akan simak bersama desain banner yang dapat menyasar tujuan yang kamu inginkan.

     

    1. Letakkan Logo kamu di bagian atas

    Gunakan bagian atas dari banner untuk memperlihatkan logo brand kamu dan informasi. Kenapa? Karena seringnya, hal pertama yang orang akan lihat adalah bagian atas dari banner yang merupakan pesan yang terletak pada eye level dari audiens.

     

    1. Berpikir dari atas ke bawah, kiri ke kanan

    Kebanyakan dari kita diajarkan untuk membaca dari atas ke bawah dan dari kiri dan kanan ketika di sekolah, begitu juga dengan calon konsumen yang ingin kita sasar. Selalu lakukan lay-out flow infomasi di banner kamu. Berikan informasi yang relevan - karena informasi lain dapat diberikan oleh tim sales, menggunakan banner meja atau backdrop dengan ruang yang lebih luas.

     

    1. Pastikan kamu menggunakan gambar dengan kualitas tinggi

    Semua orang ingin menggunakan gambar di banner mereka, ini kenapa banner diciptakan. Jika kamu menggunakan gambar yang sudah siap di print pada banner, pastikan di simpan dalam format CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black - dibanding dengan RGB) dengan resolusi 300 dots per inch. Kurang paham mengenai ini? Kamu bisa cek artikel dengan keyword “image requirements” untuk tahu info lebih lanjut.

     

    1. Perhatikan warna pada banner

    Warna yang kamu gunakan dapat membantu kamu untuk menjadi lebih lebih stand out pada saat pameran atau event, namun kamu juga harus berhati - hati dalam penggunaannya. Warna yang kamu gunakan harus sinkron dengan brand guideline ataupun dapat merepresentasikan brand atau bisnis kamu. Contohnya, hitam dan abu abu terlihat seperti warna yang “serius”, dimana warna seperti merah dan oranye merupakan warna yang biasa digunakan untuk menarik perhatian orang.

     

    1. Perhatikan typography dari desain

    Typography merupakan elemen penting dari desain untuk memberikan informasi yang mudah dibaca dan nilai seni dari keseluruhan banner. Tidak hanya font yang akan kamu gunakan pada banner, namun juga perhatikan font yang sudah digunakan, contoh font pada logo. Bagaimana kamu mendesain dengan berbagai jenis font yang ada mempengaruhi keseluruhan desain, karena ini dapat membuat desain kamu jadi menarik atau tidak menarik sama sekali.

     

    1. Estetika desain

    Estetika merupakan sebuah pendekatan bagaimana otak manusia menilai keindahan sesuatu. Jika kamu menginginkan perhatian lebih, kamu membutuhkan pendekatan ini pada desain banner kamu. 

     

    1. Gunakan ukuran banner yang sesuai

    X banner maupun Roll-Up Banner memiliki range ukuran 13 inch untuk banner meja hingga ukuran 2 meter. Ukuran dari banner sepenuhnya tergantung dengan kebutuhan promosi. Jika kamu membutuhkan sesuatu yang dapat digunakan secara individual untuk mempromosikan sesuatu, gunakan ukuran yang besar. Namun, jika kamu menggunakan banner sebagai pelengkap dari materi promosi lain, gunakan ukuran yang lebih kecil agar materi lain dapat lebih standout!

     

    1. Gunakan materi promosi lain

    Banner bukanlah satu - satunya alat yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu. Sebaliknya, pada momen pameran atau event tertentu kamu juga harus memperhatikan keseluruhan booth seperti meja, flyer bahkan bangku untuk menghadirkan mood dan atmosfer yang sesuai dengan apa yang ingin kamu komunikasikan dengan audiens.

     

    1. Eksperimen

    Bingung dengan desain seperti apa yang ingin kamu buat? Temukan inspirasi dari internet dan bereksperimen lah! Selain itu, kamu juga dapat menghadiri event serupa untuk melihat seberapa efektif desain yang mereka gunakan untuk menarik pengunjung.

     

    1. Lakukan planning untuk menghitung keefektifan dari keseluruhan promosi

    Hal ini sedikit lebih detail, kamu dapat memaksimal ROI dari keseluruhan biaya promosi yang kamu keluarkan dalam event, pameran atau acara sejenis. Hitung estimasi keseluruhan pengunjung, pastikan keseluruhan materi promosi sesuai sehingga pitching dari sales lebih optimal & hitung estimasi leads yang didapatkan dari acara ini.


    Nah, udah pahamkan tips - tips buat mendesain banner. Tapi kita juga mau tahu, mungkin kamu punya tips yang berbeda buat desain banner atau materi promosi yang menarik, yuk, komen di bawah!

    Bagikan ini di

    Hogan Parulian, Lalamove Indonesia

    posting terkait

    On demand delivery

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?

    January 22, 2020

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?

    Pengiriman “last-mile”. Ini adalah ungkapan yang telah menjadi jauh lebih umum selama beberapa tahun terakhir, tidak mengherankan dengan cerita yangtrue

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim

    December 17, 2019

    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim

    Pengiriman Wine kadang bisa jadi sesuatu yang ga mudah. Bayangin botol wine yang kamu baru buka ternyata sudah retak, apalagi kalau bocor kemana -true

    Baca lebih lajut
    leadership

    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove

    November 26, 2019

    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove

    Di Rolwaling Valley di Nepal berdiri Gunung Lalamove, gunung dengan tinggi 6.659 meter.

    1. Secara resmi diakui oleh Asosiasi Pendaki Gunung Nepaltrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?
    January 20, 2020
    10 Tips Design X Banner & Roll Up Banner
    December 17, 2019
    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim
    December 17, 2019
    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove
    November 26, 2019
    Vegan vs Vegetarian, Apa sih bedanya?
    November 25, 2019

    BARUSLETTER