Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasa kesulitan memulai dan mengembangkan usaha. 

    Sebaliknya, apabila kamu dapat melihat peluang-peluang yang ada, kamu dapat terus mengembangkan produkmu sesuai kebutuhan atau permintaan target konsumen. Alhasil, usaha bisa terus berjalan dan menguntungkan. 

    Apalagi di era digital ini ada begitu banyak bisnis baru yang bermunculan setiap harinya. Kebutuhan konsumen pun terus berubah dengan cepat. Makanya, kemampuan ini kian dibutuhkan agar usahamu bisa terus bertahan dan tidak tergerus dengan kompetitor atau bisnis baru lainnya. Berikut beberapa cara melihat peluang untuk menjalankan bisnis. 

     

    Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

    Ide bisnis tidak selalu harus sesuatu yang canggih atau menggunakan teknologi terbaru. Kamu bisa mencari peluang bisnis dengan mengamati lingkungan sekitar. Cermati masalah apa yang dihadapi oleh orang-orang di sekitarmu dan kira-kira solusi seperti apa yang bisa kamu kembangkan. 

    Bisa juga dengan mengamati bisnis-bisnis yang ada di sekitarmu. Amati bisnis apa yang berhasil dan bisnis apa yang kurang diminati, kemudian cari tahu apa yang mereka lakukan atau tidak lakukan. Misalnya kamu melihat bahwa kafe dekat rumahmu ramai pembeli, kamu bisa mengamati menu seperti apa yang mereka jual dan harganya, siapa yang sering membeli produk mereka, dan banyak lagi. 

    Berkaca pada Diri Sendiri

    Tak hanya dari lingkungan sekitar, kamu juga bisa mencari peluang dengan melihat dirimu sendiri. Cari tahu apa passion, keahlian, atau hobimu. Ini akan memudahkanmu mengembangkan bisnis dan memotivasi diri sendiri karena usaha yang kamu jalankan merupakan sesuatu yang kamu sukai.

    Misalnya kamu suka mencicipi dan memotret makanan, tetapi kamu tidak bisa masak. Kamu bisa berpartner dengan temanmu yang memiliki passion di bidang kuliner dan ahli dalam memasak untuk kemudian membuka restoran. 

    Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Berbincang dengan Teman atau Mentor

    Apabila kamu memiliki teman yang sudah berpengalaman membangun bisnis atau mentor di bidang bisnis, kamu bisa ngobrol dengan mereka. Bahas ide-ide bisnis yang kamu miliki dengan mereka. Mereka pun kemudian bisa memberikan tanggapan terhadap ide-idemu berdasarkan pengalaman mereka atau membagikan tips-tips yang bisa membantumu mengasah ide bisnis.

    Analisis Tren yang Ada

    Kamu juga bisa menganalisis tren bisnis yang sedang ada, misalnya jika kamu ingin menjalankan usaha kuliner, kamu bisa melihat-lihat makanan yang sedang hits di media sosial misalnya dessert box. Kamu tidak harus mentah-mentah meniru tren yang ada. Kamu bisa menggunakan tren tersebut sebagai ide atau dasar untuk mengembangkan produk lain.

    Lihat Usaha yang Ada di Daerah Lain

    Terakhir, kamu bisa melihat-lihat peluang usaha yang sedang berkembang di daerah atau negara lain. Dari sini kamu mungkin bisa mendapatkan ide bisnis yang bisa kamu adaptasi dan kembangkan. Namun pastikan ide tersebut masih baru di daerahmu dan relevan dengan masyarakat sekitar. Jangan sampai kamu sekadar meniru tanpa mencari tahu dahulu apakah ide tersebut memiliki potensi pasar atau tidak. 

    Agar usahamu bisa menjangkau lebih banyak lagi target konsumen, gunakan jasa pengiriman Lalamove. Dengan armada yang beragam dan layanan pengiriman yang cepat & fleksibel, kamu bisa menjaga kepuasan konsumen dan meningkatkan peluang bisnis.

     

    Optimalkan Peluang Bisnismu dengan Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang


    Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    March 28, 2021

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    Pesatnya perkembangan UMKM di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi) pada masa pandemi ini tentu memberi efek positif. Pemerintahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    January 17, 2021

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    Mengelola keuangan dengan cermat menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa terus bertahan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ada banyaktrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER