Pengiriman Instan

Cara Memenuhi Kebutuhan & Ekspektasi Pengiriman Barang Pada Pelanggan

featured image

Pada tahun 2015, cara pelanggan membeli kebutuhan sehari - hari mereka seperti bahan makanan, pakaian, keperluan sekolah dan alat elektronik? Kebanyakan pelanggan akan membelinya melalui toko online karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaanya dan kesehariannya, tidak ada waktu untuk mereka melakukan pembelian melalui toko fisik.

Menurut survei saat ini, 96% pengguna internet berbelanja melalui online. Ini merupakan kesempatan bagi pengusaha kecil di pasaran. Pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Hal ini penting bagi pengusaha untuk mengerti kebutuhan pelanggan dalam memenangkan persaingan. 

"Bagaimana cara untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan?"

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Pertama, apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan? Lebih dari 40% konsumen melakukan pembelian dari toko online dan tidak perlu melakukan perjalanan. Konsumen menemukan caranya sendiri untuk mencari dan melakukan pembelian, baik secara online ataupun di toko.

Pastinya mereka ingin merasakan pengalaman berbelanja yang praktis dengan mengurangi ketidakpastian dan mengurangi pengalaman berbelanja yang kaku. Selain itu, mereka juga akan mengharapkan pelayanan yang efisien dan nyaman.

Meminimalisir Ketidakpastian

Selama proses pengambilan keputusan, pelanggan akan mempertimbangkan dari atribut yang berbeda seperti produk, kualitas pelayanan, pengiriman barang, dan layanan pembelian.

Sebagai contoh, jika klien mau membeli sebuah pakaian dari toko online, dia akan mempertimbangkan, apakah pakaian tersebut cocok untuknya, berapa lama untuk pengiriman barang tersebut dan apakah ada kebijakan untuk melakukan pertukaran atau pengembalian?

Baca juga: 8 Tips Praktis Pindah Rumah Anti Stres dan Tanpa Beban

Cepat dan Mudah

Di dalam lingkungan yang serba cepat seperti kota megapolitan Jakarta, pelanggan berharap proses pembelian harus mudah dan cepat. Pelanggan menikmati belanja online dan mereka juga suka jika barang tersebut dikirim pada hari yang sama atau hari berikutnya.

Waktu tunggu pengiriman dapat mempengaruhi proses pembelian, layaknya kualitas produk atau seberapa reaktif layanan pelanggan. Dengan demikian, sebuah bisnis harus terorganisir dalam mengontrol inventaris dan alur kerja logistik.

Aplikasi seperti SAP dan perangkat lunak online maupun offline di pasar tersedia untuk membantu bisnis agar lebih mudah mengorganisir alur inventarisnya. Tujuan utamanya adalah untuk menghemat waktu dan sumber daya.

Kualitas Pelayanan

Dengan proses pembelian dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, pedagang online membutuhkan untuk pengalaman yang nyaman pada saat pencarian produk,  tampilan produk, sistem pembayaran dan pengiriman barang tersebut.

Selama proses belanja online, pelanggan mengambil inisiatif untuk mencari informasi tentang produk tersebut dan mengevaluasinya. Ulasan dari pelanggan tentunya dapat memberikan masukan tentang hal pengiriman barang. Ini merupakan kontak langsung terakhir antara pembeli dan penjualnya.

Ambil contoh pada saat interview, Anda akan memberikan penilaian setelah kandidat meninggalkan ruangan, bahkan sikap terakhir dari kandidat akan memberikan kesan yang menentukan hasil interview.  Pastikan produk datang tepat waktu dan kondisi barang dalam keadaan baik sehingga pelayanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan

Industri e-commerce, biasanya menggunakan jasa pihak ketiga untuk pengiriman barang. Hal ini biasanya memerlukan waktu dan usaha untuk mendapatkan vendor yang dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi Anda, kecuali penyedia jasa pengiriman barang sudah memiliki standar yang baik dan driver yang terlatih.

Menangani Pengiriman Mendesak dan Tak terduga

Menemukan jasa pengiriman barang saat jam sibuk dan mengaturnya dalam keadaan mendesak bukanlah hal mudah. Jasa pengiriman biasa memiliki waktu yang terbatas dalam melakukan penjemputan dan pengiriman barang.

Pengiriman seperti ini sangat sering terjadi dan sulit dilakukan. Jasa pengiriman instan seperti Lalamove memudahkan Anda untuk melakukan pemesanan pengiriman barang dalam situasi apapun. Lalamove siap menjalankan pengiriman barang, parsel, dan memastikan barang sampai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Bisnis yang dapat memberikan pengiriman cepat dan kenyamanan dalam pembelian barang, biasanya mendapatkan order lebih banyak, review baik, dan komen positif dari mulut ke mulut.

Pelayanan yang baik akan mendapatkan rekomendasi dari pelanggan dan terbantu dalam mencapai performa penjualan yang lebih baik dan juga memudahkan dalam membuka kesempatan dan mendapatkan kepercayaan dari calon bisnis di masa depan.

Untuk memenangkan kompetisi pasar ini, memberikan pelayanan baik untuk berbagai jenis pengiriman barang di situasi apapun merupakan bagian penting yang menentukan kesuksesan bisnis.

#KirimPakaiLalamove untuk Solusi Pengiriman Barang Pada Pelanggan!

Pesan Lalamove Sekarang

Baca juga: Mulai Bisnis Online? Berikut 5 Tips Agar Bisnis Dilirik Calon Pembeli

Read more

Siap melakukan pengiriman?

Download Lalamove sekarang dan lakukan pengiriman ke berbagai tempat.