Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 7 Tips untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu di Akhir Tahun

    Momen akhir tahun menjadi peluang bagi banyak pebisnis khususnya bisnis ritel dan bisnis online untuk memaksimalkan penjualan. Di sisi lain, tingkat kompetisi pada momen ini juga semakin tinggi karena begitu banyak bisnis yang menawarkan promo-promo menarik.

    Bagaimana agar penjualan bisa maksimal saat akhir tahun? 7 cara ini bisa kamu coba untuk terapkan.

     

    Rencanakan Sejak Awal

    Agar penjualan bisa berjalan lancar, siapkan rencana sejak awal mulai dari strategi pemasaran, promosi, target penjualan, target traffic, target pembeli, dan lain-lain. Tentukan target dan persiapan berdasarkan analisis data pada tahun atau momen penjualan sebelumnya. Persiapan yang matang akan membantumu mengelola penjualan dengan lebih tepat.

    Siapkan Platform dengan Baik

    Terutama jika kamu berjualan di website, pastikan website berjalan lancar apabila jumlah traffic meningkat. Menurut riset, apabila website membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk diakses, maka customer tidak mau menunggu dan memilih untuk keluar. Maka itu siapkan website dengan baik mulai dari tampilan, kemudahan untuk diakses dan dinavigasikan, hingga metode pembayarannya.

    Begitu pula apabila kamu berjualan di marketplace atau media sosial, pastikan seluruh fitur sudah selaras mulai dari foto-foto produk, deskripsi produk, detail harga, banner toko, dan lainnya.

    Sediakan Stok

    Pastikan stok produkmu cukup. Sediakan stok berdasarkan data penjualan sebelumnya. Apabila memungkinkan, selaraskan jumlah stok secara otomatis dengan informasi stok pada platform sehingga customer yang ingin membeli mengetahui jumlah stok yang tersedia.

    Selain produk, siapkan juga stok-stok lainnya seperti packaging, gift wrap, stiker harga, dan banyak lagi. Informasikan mengenai jumlah stok yang kamu perlukan kepada distributor agar semuanya siap.

    Baca Juga: Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Diversifikasi Produk

    Terutama bagi bisnis baru yang pilihan produknya masih sedikit, sebaiknya lakukan diversifikasi produk dengan menawarkan produk baru khusus momen spesial seperti produk khusus Natal, Lebaran, atau tahun baru yang hanya tersedia pada momen-momen tertentu. Dengan terbatasnya produk, akan timbul sense of urgency sehingga customer lebih tertarik untuk segera membeli.

    Bangun Hubungan Emosional dengan Customer

    Menurut riset, pesan dengan unsur emosional lebih efektif dibanding yang menekankan unsur rasional. Maka itu, kamu bisa membuat konten yang menekankan nilai emosional ini. Misalnya untuk konten atau iklan seputar Natal dan tahun baru, kamu bisa menampilkan tema keluarga atau kebersamaan. 

    Tawarkan Layanan yang Berkualitas

    Bagaimana pun juga, kualitas layanan menentukan tanggapan dan kesan customer terhadap brand atau bisnismu. Kualitas layanan yang buruk dapat membuat customer enggan untuk kembali berbelanja. 

    Review atau tanggapan negatif dari customer dapat membuat reputasi bisnis kurang baik dan akhirnya menjauhkan calon-calon customer baru. Apalagi sebagian besar konsumen mengandalkan review dalam membuat keputusan berbelanjanya. Maka itu, pastikan kamu memberikan layanan terbaik. Latih dan persiapkan stafmu untuk menghadapi berbagai pertanyaan dari customer.

    Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    Tentukan Strategi Logistik & Pengiriman

    Terakhir, dengan semakin dekatnya liburan akhir tahun, penting bagi bisnis untuk berkolaborasi dengan jasa pengiriman barang yang dapat diandalkan. Siapkan strategi pengiriman sebelum momen penjualan puncak. 

    Bagikan informasi dengan partner pengiriman mengenai strategi penjualan yang kamu jalankan agar dapat bekerjasama mengatur pengiriman yang mengoptimal. Analisis data dari pengiriman momen puncak sebelumnya. Kapan hari paling sibuk dari penjualan bisnismu di momen yang sama tahun lalu? 

    Bangun fleksibilitas untuk operasional bisnismu, misalnya jika ada customer yang membutuhkan order dengan cepat atau menerima paket di waktu tertentu. Diskusikan ini dengan partner pengirimanmu agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

    Jasa pengiriman Lalamove menawarkan pengiriman yang fleksibel untuk bisnismu. Terima pesanan mendadak dan langsung kirim pesanan customer saat itu juga dengan pengiriman on-demand Lalamove. Kamu juga bisa menjadwalkan pengiriman dengan fitur pengiriman terjadwal kami sehingga pengiriman bisa direncanakan terlebih dahulu dan barang bisa diterima sesuai kebutuhan customer. Dengan tarif pengiriman mulai dari Rp 9.000, pengiriman bisnis bisa lebih hemat dan efisien!

     

    Maksimalkan Penjualan Akhir Tahunmu!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    January 3, 2021

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    Tahun 2020 membawa banyak dampak dan perubahan dalam banyak aspek, salah satunya dalam ekosistem bisnis. Perilaku berbelanja dan kebutuhan konsumentrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    December 27, 2020

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    Adanya pandemi menciptakan perubahan dalam ekosistem bisnis. Transaksi beralih dari offline ke online. Prioritas konsumen pun berubah. Disrupsi initrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021
    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021
    December 27, 2020
    Ada Acara Tukar Kado? Berikut 7 Ide Hadiah Natal yang Sederhana Namun Berkesan
    December 22, 2020
    Mamo Evan, Dari Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jadi Bisnis Makanan Rumahan
    December 21, 2020

    BARUSLETTER