Pengiriman Bisnis

Cara Packing Makanan Agar Pengiriman Aman dan Tidak Rusak

featured image

Saat ini banyak bermunculan bisnis makanan online. Tak hanya itu, banyak restoran yang harus tutup akibat pandemi juga akhirnya beralih ke penjualan online. Dalam menjalankan bisnis makanan online, faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas adalah packing makanan dan juga pengiriman.

Menjaga kualitas makanan memang lebih mudah saat pengunjung makan di tempat. Namun, saat makanan dikirim, perlu dilakukan beberapa langkah untuk menjamin kualitas dan keamanan makanan. Berikut beberapa tips packing makanan yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengiriman.

Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner

 

Pisahkan Berdasarkan Temperatur

Chicken rice bento Free Photo

Saat mengirimkan makanan dengan temperatur yang berbeda, hindari menggabungkannya dalam satu wadah. Ini bisa membuat makanan terlihat jadi kurang menarik dan aman. Usahakan untuk menjaga makanan dingin untuk tetap dingin, sementara makanan yang hangat tetap hangat selama pengiriman. 

Misalnya, jika Anda mengirim salad sayur dingin dengan daging ayam hangat, Anda  bisa memisahkannya dalam wadah plastik yang berbeda. Dengan demikian, konsumen yang membeli bisa menggabungkannya sendiri saat mereka sudah menerima salad tersebut dan menikmati keduanya.

jasa ekspedisi

Pilih Wadah yang Tepat

Hand holding fresh healthy diet lunch box with vegetable salad on table background. Premium Photo

Dalam packing makanan, Anda harus memastikan bahwa wadah yang digunakan cocok untuk jenis makanan yang Anda kirim. Misalnya, untuk makanan panas, Anda bisa menggunakan alumunium foil untuk menjaga makanan tetap hangat. 

Untuk kue kering, Anda bisa menggunakan toples mika atau plastik sehingga tidak remuk atau rusak. Untuk makanan cair seperti saus, pastikan wadah tertutup rapat untuk menghindari makanan tumpah. Wadah yang tepat bisa menjaga kualitas makanan sehingga makanan tetap segar saat diterima oleh pembeli.

Hindari Adanya Ruang Sisa

Different cookies in glass jar on dark surface Free Photo

Khususnya untuk Anda yang ingin packing makanan seperti kue atau makanan kaleng, pastikan tidak ada ruang tersisa dalam wadah. Jika ada celah, makanan bisa terguncang saat pengiriman sehingga kue bisa remuk dan kaleng pun bisa penyok. Maka itu, isi wadah dengan penuh dan padat agar makanan tetap aman.

Jika masih ada ruang kosong, isi menggunakan kertas roti atau wadah lainnya yang cukup tebal untuk mencegah makanan terguncang di perjalanan. 

Jaga Makanan Agar Tetap Aman Sebelum Dikirimkan

Woman gets out deco with fresh bakery from oven Premium Photo

Sebelum makanan diambil oleh driver, jaga makanan agar tetap aman terutama jika makanan tersebut sensitif terhadap suhu. Hindari mendiamkan makanan di meja begitu saja saat sedang menunggu driver tiba. 

Sebaiknya, simpan makanan dingin di kulkas dan makanan hangat di tempat yang aman sehingga makanan tetap dalam kondisi terbaiknya. Baru setelah driver tiba, keluarkan makanan dari tempat penyimpanan dan serahkan kepada driver untuk dikirim.

Infokan Kepada Konsumen

Man taking cheese from refrigerator Free Photo

Untuk jenis makanan tertentu, sebaiknya berikan informasi atau instruksi kepada konsumen mengenai cara packing makanan yang baik. Misalnya, untuk makanan dingin seperti es krim atau yogurt, Anda bisa memberikan instruksi kepada pembeli untuk segera menyimpannya di freezer begitu mereka telah menerimanya. Jadi, konsumen bisa menikmati makanan dengan cara yang tepat. 

Pilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

user_ACE04482

Terakhir, pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan memungkinkan Anda untuk melakukan pengiriman dengan instan. Apalagi temperatur dan waktu menjadi sangat penting dalam packing makanan.

Maka itu, pastikan Anda memilih jasa pengiriman barang yang memiliki layanan yang sesuai untuk menjaga suhu makanan dan bisa langsung mengirimkan makanan ke tempat tujuan tanpa mengirimkan barang-barang lain terlebih dahulu. 

Di Lalamove, Anda bisa mengirimkan makanan secara aman dan instan. Lalamove juga memiliki Lalabag yang dilengkapi dengan lapisan termal sehingga suhu makanan bisa tetap terjaga hingga sampai di tempat tujuan. Selain itu, Anda juga bisa menjadwalkan pengiriman serta mengirim makanan ke beberapa titik sekaligus lewat fitur multi-stop. Jadi, proses pengiriman makanan dijamin aman.

Pengiriman menjadi aspek penting untuk mempertahankan bisnis makanan dan menjaga kualitas makanan menjadi faktor kunci untuk menjaga tingkat kepuasan konsumen. Dengan menggunakan packing makanan serta layanan pengiriman barang yang tepat, Anda bisa menjaga kualitas makanan sekaligus reputasi bisnismu sehingga konsumen tetap senang. 

Packing makanan dengan jasa pengiriman yang aman, hanya Lalamove!

Daftarkan Bisnismu Sekarang

Read more