Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 7 Hambatan dan Tantangan yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

    Menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, berbeda dengan bisnis offline dimana kamu bisa bertemu langsung dengan pembeli, kamu harus bisa memasarkan dan menjual produk kepada konsumen dari jarak jauh. Artinya konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung sehingga kamu harus memiliki sejumlah strategi untuk bisa meyakinkan mereka.

    Menjalankan bisnis online bukan sekadar mengenai berjualan produk. Ada banyak aspek yang bisa mempengaruhi keberhasilan bisnis online, mulai dari kemampuan untuk menarik perhatian konsumen, mendapatkan kepercayaan mereka, bersaing dengan kompetitor, dan banyak lagi. Berikut sejumlah hambatan dan tantangan yang seringkali dihadapi oleh pelaku bisnis online

     

    Menemukan Pasar yang Tepat

    target konsumen

    Agar bisnis bisa berhasil, kamu harus bisa menemukan target pasar yang tepat untuk produkmu. Walaupun produkmu berkualitas, jika kamu menjualnya ke pasar yang salah penjualanmu akan sulit untuk berkembang. Misalnya, kamu menjual produk perawatan premium tetapi menjualnya ke anak sekolah. 

    Agar tidak salah sasaran, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu kepada target audiens yang ingin kamu tuju. Cari tahu kebutuhan mereka dan jenis produk yang mereka cari. Kamu juga bisa melakukan riset mengenai platform yang biasa mereka gunakan sehingga kamu bisa lebih mudah membangun hubungan dengan mereka. 

    Memenangkan Perhatian Target Konsumen

    brand awareness

    Setelah menemukan target pasar yang tepat, tantangan selanjutnya adalah bagaimana memenangkan perhatian mereka. Di tengah pasar bisnis online ada banyak sekali konten dan kompetitor. Artinya kamu tidak hanya bersaing dengan bisnis online lainnya tetapi juga dengan konten-konten dari beragam channel dan platform.

    Untuk bisa memenangkan perhatian konsumen, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tipe konten seperti apa yang mereka sukai. Dari sini kamu bisa menyesuaikan mulai dari strategi branding hingga konten yang kamu bagikan kepada mereka. 

    Baca Juga: Terapkan 10 Cara Ini untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu!

    Mendapatkan Kepercayaan

    kepercayaan pelanggan

    Maraknya penipuan online membuat banyak orang semakin selektif dalam berbelanja online. Maka itu, ini menjadi salah satu tantangan bagi banyak pelaku bisnis online. Pebisnis harus bisa meyakinkan konsumen bahwa bisnis online-nya kredibel dan dapat dipercaya.

    Untuk mengatasi ini, pebisnis dapat membagikan testimoni, rating, atau review dari pembeli sebelumnya sehingga konsumen pun merasa lebih aman untuk bertransaksi. Selain itu bisa juga dengan menampilkan foto asli dari produk khususnya untuk kamu yang berjualan produk fashion sehingga calon pembeli memiliki ekspektasi yang tepat terhadap produk dan tidak kecewa saat menerimanya. 

    Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

    loyalitas pelanggan

    Bukan hanya menarik konsumen baru, kamu juga harus bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar kembali membeli produkmu. Kamu akan sulit meningkatkan pendapatan bisnismu apabila hanya mengandalkan konsumen baru. 

    Untuk bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu bisa membuat sejumlah program yang memberikan manfaat bagi mereka seperti referral program. Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon spesial seperti diskon membership, diskon khusus customer lama, dan sebagainya. 

    Banyaknya Kompetitor

    persaingan bisnis

    Dengan pasar yang luas, tingkat persaingan bisnis online juga menjadi sangat ketat. Apabila tidak dapat bersaing dengan kompetitor, bisnis online-mu akan sulit bertahan. Pada dasarnya kamu harus berlomba dengan bisnis online lainnya untuk memenangkan fokus, perhatian, dan persepsi konsumen. Apabila tidak dapat bersaing, bisnis pun akan kesulitan untuk bertahan.

    Maka itu, kamu harus bisa menonjolkan keunikan dan keunggulan bisnismu dibandingkan kompetitor. Tawarkan sesuatu yang berbeda atau belum dimiliki kompetitor. Kamu bisa melakukannya dengan terlebih dahulu meriset siapa kompetitormu. Analisa apa kelebihan dan kekurangan mereka. Dari situ, kamu bisa mengembangkan strategi bisnis dan inovasi produk.

    Kendala Finansial

    keuangan bisnis

    Hambatan ini biasanya terjadi karena pelaku bisnis tidak dapat mengelola keuangan bisnisnya dengan baik. Atau bahkan pebisnis sama sekali tidak memantau keuangan bisnis. Padahal, melacak pendapatan dan pengeluaran bisnis sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Dari laporan ini, pebisnis bisa mengetahui perkembangan bisnisnya dan masalah yang perlu diselesaikan. 

    Maka itu, sebagai pelaku usaha kamu harus bisa memantau kondisi finansial bisnismu agar jika terjadi hambatan, kamu bisa langsung mengetahuinya dan segera menyelesaikannya. Dari laporan keuangan, kamu juga bisa mengetahui pos-pos yang bisa kamu tekan pengeluarannya sehingga biaya operasional lebih hemat.

    Ketepatan Order

    pengiriman barang

    Salah satu kendala umum yang banyak dihadapi oleh bisnis online adalah terkait dengan pengiriman. Pengiriman yang terlambat atau paket yang rusak bisa membuat konsumen kecewa dan akhirnya menghambat perkembangan bisnis.

    Untuk mengatasi kendala ini, pebisnis tidak perlu mengatasi semuanya sendiri. Kamu bisa menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga untuk mendukung pengiriman order. Pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya agar barang bisa diterima dengan aman dan tepat waktu. Dengan pengiriman instan Lalamove, barang bisa langsung segera dikirim setelah order dilakukan. Pengiriman juga bisa dijadwalkan sehingga bisa konsumen bisa menerima barang sesuai waktu yang diinginkan. Bisnis pun bisa membangun reputasi yang baik dengan pengiriman yang berkualitas.

     

    Cari Solusi Pengiriman untuk Bisnismu?

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    January 17, 2021

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    Mengelola keuangan dengan cermat menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa terus bertahan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ada banyaktrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021
    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021
    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021
    December 27, 2020

    BARUSLETTER