Pengiriman Bisnis

7 Hambatan dan Tantangan yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

featured image

Menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, berbeda dengan bisnis offline yang bisa bertemu dengan pembeli secara langsung, kamu harus bisa memasarkan dan menjual produk ke konsumen dari jarak jauh. Artinya, konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung, sehingga kamu harus memiliki beberapa strategi untuk meyakinkan mereka.

Menjalankan bisnis online bukan hanya tentang menjual produk. Ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis online, mulai dari kemampuan menarik perhatian konsumen, mendapat kepercayaan mereka, bersaing dengan kompetitor, dan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa kendala dan tantangan yang sering dihadapi bisnis online.

Menemukan Pasar yang Tepat

tantangan bisnis online 2 (1)

Agar bisnis bisa berhasil, pelaku bisnis  harus bisa menemukan target pasar yang tepat untuk produk. Walaupun produk kamu berkualitas, jika menjual ke pasar yang salah, penjualan akan sulit untuk berkembang. Misalnya, kamu menjual produk perawatan premium tetapi menjual ke anak sekolah. 

Agar tidak salah sasaran, lakukan riset untuk audiens yang kamu coba targetkan. Cari tahu tentang kebutuhan mereka dan produk apa yang mereka cari. kamu juga bisa cari tahu platform yang biasa mereka gunakan untuk memudahkan kamu membangun relasi dengan mereka.

Memenangkan Perhatian Target Konsumen

tantangan bisnis online 3 (1)-1

Setelah menemukan target pasar yang tepat, tantangan selanjutnya adalah bagaimana memenangkan perhatian mereka. Di tengah erabisnis online, ada banyak sekali konten dan kompetitor. Artinya, seorang pelaku bisnis tidak hanya bersaing dengan bisnis online lainnya tetapi juga dengan konten-konten dari beragam channel dan platform.

Untuk bisa mendapat perhatian konsumen, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tipe konten seperti apa yang mereka sukai. Dari sini,kamu bisa menyesuaikan mulai dari strategi branding hingga konten yang akan dibagikan untuk mereka.

Baca Juga: Mulai Bisnis Online? Berikut 5 Tips Agar Bisnis Dilirik Calon Pembeli

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

tantangan bisnis online 4 (1)

Maraknya penipuan online membuat banyak orang semakin selektif dalam berbelanja online. Maka dari itu, meyakinkan konsumen bahwa bisnis online nya kredibel dan dapat dipercaya merupakan tantangan bagi pelaku bisnis online. 

Pertama, pelaku bisnis bisa membagikan testimoni, rating, atau review dari pembeli sebelumnya sehingga konsumen pun merasa lebih aman untuk bertransaksi. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan foto asli dari produk, khususnya untuk pelaku bisnis yang berjualan produk fashion sehingga calon pembeli memiliki ekspektasi yang tepat terhadap produk dan tidak kecewa saat menerimanya.

Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

tantangan bisnis online 5 (1)

Bukan hanya menarik konsumen baru, sebagai pelaku bisnis juga harus bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar kembali membeli produk kamu. Sebab, akan sulit meningkatkan pendapatan bisnis apabila hanya mengandalkan konsumen baru. 

Agar bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu bisa membuat sejumlah program yang memberikan manfaat bagi mereka seperti referral program. Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon spesial seperti diskon membership, diskon khusus customer lama, dan sebagainya.

Banyaknya Kompetitor

tantangan bisnis online 6 (1)

Dengan luasnya pasar, tingkat persaingan bisnis online juga menjadi sangat ketat. Apabila tidak dapat bersaing dengan kompetitor, bisnis online akan sulit bertahan. Pada dasarnya, seorang pelaku bisnis harus berlomba untuk memenangkan fokus, perhatian, dan kepercayaan konsumen.

Oleh karena itu, pelaku bisnis harus bisa menonjolkan keunikan dan keunggulan dibanding kompetitor. Tawarkan sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang tidak dimiliki kompetitor. kamu dapat melakukannya dengan meneliti kompetitor bisnis online dan menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka. Dari situ, kamu bisa menyusun strategi bisnis dan inovasi produk.

Kendala Finansial

tantangan bisnis online 7 (1)

Hambatan biasanya terjadi karena pelaku bisnis online tidak dapat mengelola keuangan dengan baik atau bahkan pelaku bisnis sama sekali tidak memantau arus keuangan  Padahal, melacak pendapatan dan pengeluaran bisnis sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Dari laporan ini, pelaku bisnis bisa mengetahui perkembangan bisnisnya dan masalah yang perlu diselesaikan. 

Maka itu, kamu sebagai pelaku bisnis harus bisa memantau kondisi laporan keuangan agar jika terjadi hambatan, kamu bisa langsung mengetahuinya dan segera menyelesaikannya. Dari laporan keuangan, kamu juga bisa mengetahui hal-hal yang bisa kamu tekan pengeluarannya sehingga menghemat biaya operasional

Ketepatan Distribusi Pesanan

tantangan bisnis online 8 (1)

Baca juga 'Hal yang Kamu Harus Tahu Mengenai Jasa Pengiriman Lalamove'

Salah satu kendala umum yang banyak dihadapi oleh pelaku bisnis online adalah terkait dengan pengiriman. Pengiriman yang terlambat atau paket yang rusak bisa membuat konsumen kecewa dan akhirnya menghambat perkembangan bisnis.

Untuk mengatasi kendala ini, pelaku bisnis tidak perlu repot mengurusnya.kamu bisa menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga untuk mendukung pengiriman pesanan. Pilih jasa pengiriman barang instan yang terpercaya agar barang bisa diterima dengan aman dan tepat waktu.

Dengan layanan pengiriman instan Lalamove, barang bisa langsung segera dikirim setelah pesanan dilakukan. Pengiriman juga bisa dijadwalkan sehingga  konsumen bisa menerima barang sesuai waktu yang diinginkan. Bisnis pun bisa membangun reputasi yang baik dengan pengiriman yang berkualitas.

Cari Solusi Pengiriman untuk Bisnis Online? #KirimPakaiLalamove Aja!

Daftarkan Bisnismu Sekarang

Read more

Siap melakukan pengiriman?

Download Lalamove sekarang dan lakukan pengiriman ke berbagai tempat.