Handphone Kamu Hilang? Jangan Panik Dulu!

Kamu kehilangan handphone? Atau mungkin handphone kamu dicuri orang lain?
Atau handphone kamu ketinggalan di tempat umum saat kamu lagi berada di luar rumah?

Yup, coba tenangkan diri dan jangan panik! Coba sekali - kali ingat kapan kamu terakhir memegang handphone kamu. Karena mungkin saja handphone kamu tertinggal di tempat yang kamu kunjungi terakhir kali atau kamu meletakkannya di tempat yang berbeda dari yang biasa. Yang terpenting, pastinya kamu ingin mendapatkan handphone kamu kembali. Untungnya, banyak cara untuk mencari tahu dimana posisi handphone kamu. Apapun jenisnya, handphone ataupun tablet yang menggunakan sistem operasi iOS atau Android terhubung perangkat lunak berupa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melacak lokasi gadget kamu. Yuk, sama sama cari tahu cara melacak handphone kamu yang hilang.

 

Smartphone umumnya memiliki provider Apple dan Google yang langsung terhubung dengan perangkat lunak pelacakannya. Aplikasi ini bekerja dengan akun yang terhubung dengan gadget kamu. Kebanyakan perangkat Android terintegrasi dengan akun Google sedangkan perangkat iPhone biasanya terintegrasi dengan akun iCloud. Keduanya memberikan kamu akses untuk mengunci, mengosongkan data pada perangkat dan memberikan pesan khusus untuk mengembalikan perangkat tersebut terhadap siapapun yang menemukan perangkat tersebut.

 

Tentunya fitur - fitur ini berguna ketika handphone masih memiliki daya. Jika daya habis, tentunya fitur pelacakan tersebut tidak dapat berfungsi. Juga disarankan untuk berhati - hati dalam menerima informasi dari siapapun yang menerima handphone kamu. Berhati - hatilah dalam memberikan informasi personal yang bersifat rahasia seperti alamat hingga kamu yakin betul dengan orang yang memberikan informasi tersebut. Lebih baik untuk tetap berkomunikasi melalui panggilan suara atau pesan untuk mengetahui bagaimana cara mengembalikan handphone tersebut ke tanganmu. Saatnya untuk kamu tahu bagaimana fitur pelacakan tersebut bekerja.

 

Cara menemukan Handphone Android

Cara paling gampangnya melacaknya adalah dengan menggunakan ‘Find My Device’ yang terkoneksi dengan smartphone Android melalui Google Play Services. Kamu dapat menggunakan fitur ini di browser atau mendownloadnya dari Google Play Store. Hampir semua perangkat Android 2.3 dan setelahnya harusnya dapat menggunakan fitur ini.

 

Menggunakan fitur ini mengetik “Where is my phone” di search bar Google yang secara langsung membuka layanan pencarian lokasi smartphone kamu. Kamu juga dapat menuliskan pesan agar yang menemukan perangkat tersebut mengembalikan handphone kamu ataupun menawarkan hadiah untuk siapapun yang menemukannya, namun berhati - hati dalam menuliskan informasi personal seperti alamat rumah hingga kamu berkomunikasi dengan orang yang dapat kamu percaya. Selain menuliskan pesan, kamu juga dapat mengganti password dan membuat smartphone kamu berdering dari jarak jauh, serta fungsi lain untuk keperluan notifikasi. Meskipun kamu dapat mengakses ‘Find My Device’, smartphone kamu yang hilang harus terkoneksi dengan internet agar tetap terhubung dengan GPS untuk melacak perangkat kamu.

 

JikaGoogle Find My Device kamu tidak dapat menemukan lokasi smartphone, kamu dapat menghapus data yang smartphone kamu untuk mencegah informasi penting jatuh ke tangan yang salah. Google menawarkan fitur Factory Reset Protection (FRP). Ini didesain khusus untuk mencegah informasi dan file - file penting di smartphone kamu disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Perangkat dengan FRP aktif tidak dapat di set up ulang sebagai perangkat baru tanpa mengetahui username dan password terakhir dari akun Google yang terdaftar. Tanpa terhubung dengan akun Google, maka smartphone akan terus dalam keadaan terkunci.

 

Opsi lain khusus pengguna Samsung adalah layanan FiSamsung Find My Mobilend My Mobile.Kurang lebih dengan Google ‘Find My Device’, Kamu dapat melacak smartphone yang hilang, mengunci bahkan menghapus file yang terdapat dalam smartphone kamu. Kamu membutuhkan akun Samsung dan mengaktifkan Remote Controls pada perangkatmu sebelumnya. Untuk mengecek apabila Find My Mobile tersedia di smartphone kamu, cek Settings > Lock Screen & Security. Setelah itu aktifkan Remote Controls melalui Find My Mobile > Remote Controls. 

 

Cara menemukan iPhone yang hilang

 

Find My iPhone

Cara terbaik untuk menemukan iPhone kamu adalah dengan menggunakan fitur bawaan Apple yaitu Find My iPhone. Aplikasi ini telah terinstall dengan setiap perangkat iOS dan dapat memperlihatkan perangkat kamu yang hilang di peta agar kamu dapat dengan gampang melacak dan mengaturnya dari jauh. Kamu membutuhkan komputer atau perangkat iOS dengan aplikasi Find My iPhone untuk menggunakan fitur ini. Sekali lagi, sayangnya fitur ini hanya tersedia ketika perangkat kamu dalam keadaan menyala dan terkoneksi dengan internet.

 

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke dalam iCloud dan buka fitur Find My Iphone. Apple akan melacak handphone kamu dalam peta dan memberikan opsi membuat smartphone kamu berdering, menuliskan pesan mode hilang dan menghapus file - file di dalamnya. Semua ini dapat dilakukan tanpa memerlukan konfigurasi khusus.

 

Find My iPhone juga dapat digunakan untuk melacak Mac, iPod dan iPad. Fitur ini sangat efektif untuk berbagai perangkat IOS. Apple juga memiliki fitur keamanan lain yaitu ‘Activation Lock’  untuk menjaga iPhone agar tetap aman dari pencuri. Activation Lock mengharuskan siapapun memasukkan Apple ID dan password yang benar untuk menonaktifkan Find My Iphone, menghapus informasi dari perangkat dan mengaktifkannya kembali.


Sekarang sudah tahukan cara melacak perangkat yang hilang. Jadi jangan panik dulu, coba lakukan langkah - langkah di atas terlebih dahulu. Namun, kecil kemungkinan handphone kamu kembali jika memang dicari, jadi tetap harus berhati - hati ya. Jika handphone kamu hilang atau kamu salah meletakkannya, semoga dengan mengikuti langkah - langkah di atas dapat membawa kamu selangkah lebih dekat dengan handphone kamu yang hilang dan kamu sangat beruntung jika handphone ditemukan oleh orang baik yang memiliki niat baik mengembalikannya ke kamu.

 

Jalanan yang macet terkadang menjadi kendala untuk menemui orang yang menemukan handphone kamu atau sebaliknya. Tapi jangan khawatir, agar handphone kamu bisa segera kembali gunakan Lalamove, pengiriman online yang sudah pasti cepat dan memiliki driver terpercaya. Selain itu, Lalamove dilengkapi fitur real-time tracking. Dengan fitur ini kamu dapat melacak pengiriman secara berkala sehingga pengiriman jadi lebih aman. Kamu ataupun orang yang menemukan handphone kamu bisa langsung memesan pengiriman dan terkoneksi dengan driver yang siap mengantarkan handphone kamu sampai tujuan.

 

Bagikan tips menemukan handphone kamu ke orang - orang terdekatmu mungkin saja langkah ini dapat berguna suatu hari untuk mereka.

 

Untuk lebih tau bagaimana Lalamove memberikan solusi pengiriman online yang cepat, mudah dan terpercaya. Download aplikasinya

Lalamove-in Sekarang

LALAMOVE INDONESIA BLOG - KEBERHASILAN BISNIS DI ASIA

Baca artikel ringan, panduan, wawasan seputar bisnis dan logistik serta analisis tentang O2O, E-commerce, Makanan & Minuman, Ritel, Startup, Pengiriman, dan masih banyak lagi!

Jangan menjadi orang asing, mari berbagi cerita & pertanyaan Anda dengan kami di:  editor@lalamove.com

Posting terbaru

Berlangganan Sekarang

Terima tips dan kabar terbaru