Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    Tahun 2020 membawa banyak dampak dan perubahan dalam banyak aspek, salah satunya dalam ekosistem bisnis. Perilaku berbelanja dan kebutuhan konsumen bergeser. Platform online pun kini menjadi medium utama untuk berjualan. 

    Perubahan ini tentu juga menciptakan peluang-peluang baru bagi pelaku bisnis. Bagi kamu yang menjalankan atau berencana untuk membangun bisnis, dibutuhkan kemampuan untuk bisa melihat peluang dan menganalisa kebutuhan masyarakat agar perencanaan bisnis bisa tepat. 

    Produk apa saja yang kira-kira akan banyak dicari konsumen di tahun ini dan dapat dijadikan sebagai usaha? Berikut beberapa ide peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2021.

     

    Makanan Sehat

    Pandemi membuat banyak orang semakin peduli dengan kesehatan dan pola makan mereka. Tingkat pembelian makanan dan minuman sehat serta suplemen dan vitamin pun meningkat. Ini menjadi salah satu peluang bagi kamu yang menjalankan bisnis makanan sehat atau berencana untuk membuat usaha di bidang makanan. 

    Variasinya pun bisa kamu pilih dan kembangkan sendiri mulai dari pilihan menunya misalnya menu khas makanan Indonesia, Jepang, Korea, atau Barat. Bisa juga divariasikan dari tujuan tiap menu, misalnya paket makanan sehat untuk yang ingin diet, paket untuk yang ingin membentuk badan, paket khusus anak sekolah, dan banyak lagi.

    Peralatan Olahraga

    Selain dari makanan, minat masyarakat terhadap olahraga juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyak orang yang bersepeda atau lari pagi. Tingkat penjualan peralatan olahraga di berbagai marketplace pun meningkat.

    Kamu bisa mengembangkan bisnis peralatan olahraga untuk jenis olahraga tertentu ataupun secara general. Apabila menyasar olahraga tertentu, tentu pasarnya lebih sempit tetapi juga bisa lebih niche dimana pesaing belum begitu banyak. Selain peralatan olahraga, bisa juga menjual alat perlengkapan olahraga seperti pakaian atau sepatu khusus olahraga tertentu.

    Usaha Catering

    Sama seperti bisnis makanan sehat, usaha catering juga akhir-akhir ini semakin banyak diminati, terutama oleh konsumen yang tinggal di kota-kota besar. Karena sibuk, banyak orang lebih memilih untuk mengandalkan catering untuk makanan sehari-harinya. 

    Walaupun saat ini sebagian orang bekerja dari rumah, tak sedikit juga yang tetap memilih catering sebagai solusi makan siang mereka karena kemudahannya. Ada banyak variasi usaha catering yang bisa kamu eksplor. Namun, perlu diingat bahwa tingkat kompetisi usaha catering juga tinggi. Maka itu, kamu harus bisa menargetkan pasar yang tepat dan menawarkan sesuatu yang unik kepada mereka. 

    Makanan Siap Masak

    Sejak pandemi, makanan siap masak pun semakin banyak dicari oleh banyak orang terutama ibu rumah tangga selama pandemi. Pasalnya, frozen food merupakan alternatif makanan yang cepat untuk disiapkan dan lebih hemat dibandingkan makan di luar rumah. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk berbelanja makanan atau sayuran siap masak secara online alih-alih langsung membelinya secara fisik untuk mencegah penularan. Saat ini beberapa restoran pun mulai menyesuaikan dengan perilaku ini dengan menjual makanan mereka dalam bentuk frozen food.

    Baca Juga: Jalani Bisnis Frozen Food? Simak Tips Mengirim Makanan Beku Berikut!

    Dekorasi & Peralatan Rumah Tangga

    Pandemi membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas. Alhasil, banyak orang menemukan hobi dan aktivitas baru yang dapat dilakukan di dalam rumah sebagai alternatif. Banyak orang kemudian membeli peralatan rumah tangga seperti alat masak dan dekorasi rumah atau kamar. Ini menjadi peluang bisnis yang bisa kamu coba untuk geluti. Kalau kamu memiliki keahlian kerajinan tangan atau desain, kamu bisa membuat produkmu sendiri agar lebih unik. 

    Tanaman Hias

    Selain dekorasi, permintaan tanaman hias juga meningkat pesat sejak pandemi. Banyak orang kemudian memulai hobi merawat tanaman hias. Selain mengisi waktu luang, tanaman hias juga membuat rumah terlihat lebih asri dan segar. Tidak terbatas pada tanaman hias, banyak juga yang mulai bercocok tanam sayur-sayuran seperti bayam untuk kemudian dimasak. 

    Baca Juga: Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    Pakaian Rumah

    Kalau biasanya orang mencari pakaian untuk kerja, jalan-jalan, atau pesta, sekarang banyak konsumen yang lebih mencari pakaian rumah atau santai karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kamu bisa mengembangkan bisnis pakaian rumah sembari melihat tren pakaian yang sedang diminati saat ini sehingga bisa mengembangkan produk yang menarik dan relevan.

    Laundry

    Bisnis ini terutama cocok bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan. Biasanya karena sibuk banyak orang tidak sempat mencuci pakaian mereka dan akhirnya memilih untuk menggunakan jasa laundry. Untuk memulai bisnis ini juga tidak harus mengeluarkan modal banyak terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan mesin cuci sendiri di awal. Namun, untuk usaha ini pastikan kamu bisa menjamin keamanan dan kebersihan pakaian terutama di tengah pandemi seperti ini agar pelanggan merasa aman.

    Produk Ramah Lingkungan

    Menurut riset, konsumen saat ini semakin peduli terhadap keadaan lingkungan. Ini merupakan peluang untuk mengembangkan bisnis yang menjual produk ramah lingkungan mulai dari produk sehari-hari yang berbahan dasar alami, produk rumah tangga, dekorasi, fashion, dan kategori produk lainnya. Sifat ramah lingkungan ini akan membuat bisnismu memiliki keunikan sendiri.

    Kemasan

    Kemasan saat ini juga kian diperhatikan oleh konsumen. Apalagi unboxing kerap dilakukan orang-orang yang baru membeli barang. Kemasan ini pun tidak terbatas pada kemasan produk fashion atau makanan saja tetapi juga produk-produk lainnya. Bahan dan desain kemasan pun kini menjadi bagian dari branding. Semakin banyak juga bisnis yang menggunakan kemasan ramah lingkungan. 

    Ditambah lagi, saat ini sebagian besar bisnis beralih ke penjualan online yang artinya semua barang membutuhkan kemasan untuk dikirim. Maka itu, bisnis kemasan diperkirakan akan meningkat permintaannya. Ini merupakan peluang bagi kamu yang ingin atau sedang menjalankan usaha packaging untuk meningkatkan penjualan.

    Baca Juga: Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis UMKM

    Jastip

    Saat ini banyak orang yang membatasi aktivitas ke luar rumah, apalagi ke luar kota atau negeri. Apabila kamu memiliki teman atau kenalan yang tinggal di luar kota atau negeri, kamu bisa bekerja sama dan membangun bisnis jasa titip (jastip). Kamu bisa memasarkan barang-barang jastipmu di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.

    Mainan Anak-Anak

    Banyak orang tua mencari alternatif hiburan bagi anak-anak mereka selama di rumah selain gadget. Maka itu, mainan anak menjadi salah satu bisnis yang bisa kamu coba jalankan. Tawarkan permainan yang interaktif dan mendidik agar orang tua juga tertarik untuk membelikan anaknya. 

    Hampers & Personalized Gift

    Akhir-akhir ini hampers semakin banyak dicari orang sebagai pilihan hadiah atau bingkisan untuk event tertentu mulai dari pernikahan, baby shower, ulang tahun, anniversary, hari raya, dan banyak lagi. 

    Kamu bisa menawarkan hampers yang bisa dipersonalisasi atau customized agar hadiah bisa lebih terkesan personal. Tawarkan juga kartu ucapan bagi pembeli. Jangan lupa untuk membuat dekorasi yang unik agar hampers-mu memiliki ciri khasnya sendiri. 

    Jangan lupa juga untuk memperhatikan kepuasan pelanggan saat menjalankan bisnis mulai dari pelayanan hingga pengiriman. Gunakan jasa pengiriman barang yang dapat menjamin keamanan barang dan kecepatan pengiriman agar konsumen merasa dilayani dengan baik dan kembali membeli produkmu.

    Dengan jasa kirim barang Lalamove, kamu bisa menjaga kepuasan pelanggan serta mengatur pengiriman bisnismu dengan lebih terjangkau dan fleksibel. Armada Lalamove yang beragam siap membantumu melakukan pengiriman sesuai kebutuhan bisnismu. 

     

    Siap Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah?

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    March 28, 2021

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    Pesatnya perkembangan UMKM di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi) pada masa pandemi ini tentu memberi efek positif. Pemerintahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    January 25, 2021

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER