Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 9 Ide Promo yang Bisa Kamu Terapkan Menjelang Pesta Belanja Online 10.10

    Pesta belanja online atau Harbolnas 10.10 merupakan momen yang bisa dimanfaatkan pelaku bisnis khususnya bisnis online untuk menarik lebih banyak pelanggan. Promo menjadi salah satu cara umum yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk menarik target konsumen untuk melakukan pembelian.

    Sebelum menjalankan promo, tentu pelaku bisnis harus menyiapkan strategi maupun sumber daya mulai dari segi produksi hingga tenaga kerja untuk bisa memberikan pelayanan yang berkualitas. Ada berbagai jenis promo yang bisa kamu tawarkan menjelang pesta belanja online 10.10, di antaranya sebagai berikut.

     

    Potongan Harga

    Jenis promo yang paling banyak digunakan adalah diskon atau potongan harga secara otomatis. Kamu bisa menerapkan promo ini untuk produk-produk favorit atau produk terbarumu sehingga produk lebih dikenal. Beberapa hari sebelum promo berlangsung, umumkan di berbagai channel penjualan agar calon pembeli mengetahui mengenai promo tersebut.

    Diskon dengan Minimal Pembelian

    Selain diskon secara gamblang, kamu juga bisa memberikan diskon dengan minimal pembelian. Misalnya, apabila customer berbelanja minimal Rp 200.000, mereka akan bisa mendapatkan potongan sebesar Rp 50.000. Dengan promo ini, kamu bisa menarik pelanggan untuk melakukan transaksi lebih banyak lagi. Namun jangan lupa untuk menghitung jumlah promo yang kamu berikan dengan tepat agar kamu tetap mendapatkan keuntungan yang optimal.

    Cashback atau Reward

    Promo jenis ini biasanya banyak diterapkan oleh bisnis online yang menawarkan transaksi melalui pembayaran elektronik seperti kartu kredit atau dompet elektronik. Berbeda dengan diskon dimana potongan langsung pada harga barang, pada promo cashback pembeli akan membayar dengan harga barang full lalu akan menerima cashback pada dompet elektronik mereka. Biasanya jumlah cahsback dibatasi nilai maksimal, misalnya cashback 10% maksimal Rp 40.000.

    Mirip dengan cashback, kamu juga bisa memberikan reward. Sedikit berbeda dari cashback, poin reward hanya bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya. Sementara pada cashback, pembeli bisa menggunakannya untuk berbelanja apapun. 

    promo 10.10

    Kode Promo

    Apabila kamu berjualan di website atau aplikasi, kamu juga bisa memberikan kode promo untuk pelanggan-pelanggan tertentu. Misalnya untuk pelanggan yang sudah melakukan transaksi minimal 2 kali dalam 1 bulan terakhir. Dengan cara ini, kamu bisa menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan sehingga mereka mau untuk terus-terusan melakukan transaksi. 

    Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk membagikan kode promo ke customer baru. Buat kode promo khusus bagi masing-masing influencer sehingga kode promo bisa digunakan oleh pengikut mereka. 

    Buy 1 Get 1

    Jenis promo yang ini juga pasti sudah tidak asing lagi karena banyak digunakan baik oleh bisnis offline maupun online, brand besar maupun kecil. Kamu bisa menawarkan promo ini misalnya untuk jenis produk yang stoknya masih tersisa banyak. 

    Flash Sale

    Promo flash sale berarti kamu menawarkan potongan harga atau promo yang besar-besaran dalam waktu yang singkat, misalnya hanya 1-2 jam. Biasanya barang-barang yang dijual di flash sale merupakan barang-barang favorit. Sebelum menjalankan promo, pastikan kamu mengumumkannya secara berkala mulai dari beberapa hari sebelum, 1 hari sebelum, hingga beberapa jam sebelum sehingga kamu bisa menggaet lebih banyak konsumen. 

    Paket Bundling

    Jika kamu memiliki stok produk lama yang masih tersisa di gudang, kamu bisa menawarkan paket bundling. Pasangkan produk lama dengan produk terbarumu sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli. Tawarkan dengan total harga yang tentunya lebih murah dari apabila konsumen membeli masing-masing produk secara terpisah.

    Bonus Produk

    Cara lain untuk menawarkan promo untuk produk-produk yang masih tersisa adalah dengan memberikan bonus produk. Misalnya jika konsumen berbelanja minimal Rp 200.000 atau membeli 3 produk tertentu, maka mereka bisa mendapatkan bonus produk. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan transaksi sekaligus menghabiskan barang yang masih tersisa di gudang.

    Cicilan 0%

    Apabila kamu menjual produk dengan harga yang relatif tinggi seperti barang elektronik atau furniture, kamu bisa menawarkan promo cicilan 0% dengan periode waktu tertentu sehingga orang yang berencana untuk berbelanja semakin terdorong untuk segera melakukan transaksi.

    Agar penjualan selama promo 10.10 bisa berjalan dengan lancar, pastikan kamu menyiapkan segalanya dengan baik mulai dari kelancaran platform, pelayanan pelanggan, hingga kesiapan pengiriman. Agar barang bisa diterima oleh pelanggan dengan aman dan tepat waktu, gunakan jasa pengiriman barang terpercaya seperti Lalamove. Dengan armadanya yang beragam, pengirimanmu jadi bisa lebih fleksibel sehingga kamu bisa memaksimalkan penjualan saat pesta belanja online!

     

    Maksimalkan Penjualanmu Bersama Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Tips Memaksimalkan Promo Bagi Bisnis Online untuk Menarik Pelanggan

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

    October 16, 2020

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

    Saat berbelanja, kita tanpa sadar melalui beberapa pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Ada banyak haltrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    5 Manfaat Teknologi Bagi Perkembangan Bisnis dan UMKM

    October 13, 2020

    5 Manfaat Teknologi Bagi Perkembangan Bisnis dan UMKM

    Adanya perkembangan digital dan teknologi internet membuka peluang lebar bagi banyak bisnis dan pelaku UMKM. Dengan teknologi, kita tidak hanya bisatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen

    September 24, 2020

    Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen

    Salah satu tantangan besar dalam menjalankan bisnis online adalah mendapatkan kepercayaan konsumen. Lantaran berbeda dengan bisnis offline dimanatrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang
    October 16, 2020
    Cara Bos Sayur Jaga Kesegaran Bahan Makanan Melalui Pengiriman On-Demand
    October 15, 2020
    5 Manfaat Teknologi Bagi Perkembangan Bisnis dan UMKM
    October 13, 2020
    4 Cara Pengiriman Lalamove Dapat Menjaga Makanan Tetap Segar untuk Bisnis Kuliner
    October 9, 2020
    9 Ide Promo yang Bisa Kamu Terapkan Menjelang Pesta Belanja Online 10.10
    October 7, 2020

    BARUSLETTER