Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?

    Pengiriman “last-mile”. Ini adalah ungkapan yang telah menjadi jauh lebih umum selama beberapa tahun terakhir, tidak mengherankan dengan cerita yang menarik tentang pengiriman drone. Namun pengiriman mil terakhir konvensional dimana harus menghubungkan produk di gudang / hub logistik ke end consumer dapat menjadi sangat mahal.

    Meskipun hal ini menjadi bagian terpendek dari seluruh perjalanan rantai pasokan, biaya pengiriman mil terakhir dapat mencapai hingga 53% dari keseluruhan biaya menurut penelitian oleh Business Intelligence. Dan itu sama dengan banyak uang ketika Anda mempertimbangkan bahwa sekitar 100 miliar paket akan dikirim ke seluruh dunia pada tahun 2020, seperti yang baru-baru ini dilaporkan oleh McKinsey. Yang semuanya berarti bahwa tidak pernah ada waktu yang lebih baik bagi bisnis Anda untuk meninjau operasi pengirimannya.

     

    Mengapa pengiriman last-mile sangat mahal untuk bisnis?

    Sederhananya, konsumen saat ini mengharapkan pengiriman cepat dan transparan. Beberapa alasan utama untuk biaya pengiriman mil terakhir termasuk rute yang tidak efisien dari pengemudi dan kendaraan pengiriman, kurangnya fleksibilitas dalam opsi pengiriman dan biaya yang signifikan dalam memelihara armada dan personil pengiriman.

     

    Terlebih lagi, pengiriman mil terakhir melibatkan elemen manusia yang lebih besar daripada segmen lain dari rantai pasokan. Pengemudi harus pergi dari rumah ke rumah untuk melakukan pengiriman, sementara lingkungan perkotaan dan pedesaan dapat memiliki kerangka waktu yang sangat berbeda untuk setiap pemberhentian. Semua faktor ini harus dipertimbangkan untuk menjalankan layanan pengiriman yang efektif.

     

    Perusahaan yang ingin meningkatkan layanan pengiriman mil terakhir mereka dengan mencapai keseimbangan antara menawarkan opsi pengiriman yang kompetitif tanpa menciptakan kerugian pada keuntungan mereka. Konsumen yang merasa layanan pengiriman tidak dipersonalisasi, efisien dan nyaman bagi mereka berisiko membawa bisnis mereka ke tempat lain.

     

    Apa manfaat dari outsourcing?

    Karena ekspektasi konsumen mengenai kecepatan dan fleksibilitas pengiriman terus meningkat, ada sejumlah alasan bisnis yang menarik yang menjadikan outsourcing pengiriman opsi yang menarik.

    Fleksibilitas

    Perlu mengatur tambahan suplai untuk lonjakan pesanan yang tiba-tiba? Atau mungkin truk besar diperlukan untuk pengiriman satu kali? Dengan melakukan outsourcing pengiriman, bisnis dapat tetap gesit dan responsif terhadap pesanan konsumen. Tanpa harus berinvestasi dalam peningkatan armada atau menyewa tenaga kerja tambahan, bisnis dapat menghindari komitmen yang mahal.

    Brand Awareness

    Apakah itu pengiriman pada hari yang sama atau pengiriman terjadwal, konsumen selalu memiliki ekspektasi tinggi dari layanan yang digunakan dimana apapun pilihannya mereka mengharapkan pengiriman tanpa biaya tambahan. Dalam sektor e-commerce yang sangat kompetitif, mengimbangi atau selangkah lebih maju dari pesaing sangat penting.

    Pelacakan Real-Time

    Konsumen saat ini semakin menuntut kemampuan untuk melacak pesanan secara real time, kemungkinan besar menggunakan aplikasi di ponsel mereka. Mereka berharap menerima pemberitahuan dengan pembaruan tentang kemajuan pesanan dan kapan pengiriman dilakukan. Jika bisnis Anda belum mendigitalkan operasi pengiriman dan pelaporannya, maka berisiko kehilangan pelanggan melalui kurangnya transparansi dan kenyamanan.

    Dukungan bisnis

    Dapatkan bantuan dari pakar pengiriman untuk memastikan pelanggan Anda menerima standar pengiriman yang mereka harapkan. Baik itu mengintegrasikan teknologi API pihak ketiga untuk memproses dan menjadwalkan pesanan dengan mulus, atau meminta seorang account executive untuk mengurus pengiriman yang di-outsourcing-kan, penting untuk memperhatikan dukungan atau solusi yang tepat untuk hal ini

     

    Bagaimana Cara Memulai

    Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang solusi pengiriman mil Lalamove untuk bisnis Anda, Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

     

    Atau, Anda dapat memulai secara instan dan menggunakan Lalamove dengan mengunduh aplikasi.

    Download Sekarang

    Bagikan ini di

    Hogan Parulian, Lalamove Indonesia

    posting terkait

    Bisnis

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    March 28, 2021

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    Pesatnya perkembangan UMKM di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi) pada masa pandemi ini tentu memberi efek positif. Pemerintahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    January 25, 2021

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER