Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Kenapa Konsumen Tidak Membeli Produkmu? 8 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya!

    Sudah melakukan berbagai cara untuk memasarkan produk dan menarik konsumen untuk membeli produkmu, tapi kenapa penjualan belum maksimal juga ya? Sama seperti ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, ada juga alasan-alasan yang membuat konsumen tidak membeli produk yang kamu jual.

    Terlebih lagi, adanya platform online membuat pilihan konsumen semakin beragam sehingga bisnis perlu semakin meningkatkan daya saing agar bisa unggul. Berikut 8 hal yang bisa jadi merupakan alasan kenapa konsumen tidak memilih untuk membeli produk dari brand atau bisnismu. 

     

    Tidak Kenal dengan Produk atau Brand

    Bagaimana mungkin membeli produk yang tidak diketahui? Ini bisa jadi alasan kenapa konsumen tidak membeli produkmu atau dari brand-mu - karena mereka tidak tahu adanya produk atau brand tersebut. Kalaupun sudah dikenal, apakah produkmu diingat oleh konsumen? 

    Hal ini biasanya dihadapi oleh bisnis yang baru berdiri. Jika kamu menghadapi masalah ini, kamu mungkin perlu mengevaluasi strategi brand awareness yang dijalankan. Apakah informasi yang disampaikan dalam pesan pemasaran sudah sesuai dengan target pasar? Platform apa yang digunakan untuk memasarkan produk? 

    Evaluasi strategi yang sudah kamu lakukan, mana yang berhasil dan dapat ditingkatkan lagi dan mana yang tidak efektif. Cari cara untuk menarik perhatian konsumen misalnya dengan membuat konten yang menghibur, giveaway menarik, dan cara-cara lainnya. Kamu juga bisa mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan brand-brand yang bergerak di industri yang sama atau memiliki target pasar serupa untuk referensi.

    Tidak Memahami Manfaat Produk

    Saat membeli produk, konsumen tentu mencari manfaat apa yang mereka bisa dapatkan dari produk tersebut. Apakah produk tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka atau membuat hidup mereka lebih baik?

    Coba evaluasi kembali, apakah konsumen benar-benar mengetahui manfaat apa yang bisa mereka terima apabila mereka membeli produkmu. Jika mereka tidak tahu atau tidak paham, berarti kamu mungkin perlu melihat kembali bentuk komunikasi pemasaran yang kamu sampaikan kepada konsumen.

    Edukasi konsumen mengenai produkmu dengan menunjukkan manfaat-manfaat yang mereka bisa dapatkan misalnya lewat konten dalam bentuk artikel, foto, video, dan lainnya. Coba lihat dari sudut pandang calon pembeli dan tanyakan manfaat apa yang mereka cari.

    Baca Juga: Terapkan 10 Cara Ini untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu!

    Tidak Merasa Produk Merupakan Kebutuhan

    Apabila konsumen merasa tidak butuh, mereka tentu tidak akan membelinya. Bagaimana jika produk yang kamu jual bukanlah produk kebutuhan sehari-hari? Kamu bisa menciptakan keurgensian agar konsumen terdorong untuk membeli produk yang dijual. 

    Buat pesan promosi yang menarik agar saat konsumen melihatnya, timbul perasaan butuh atas produk yang dijual. Jelaskan mengapa mereka membutuhkan produkmu dan akan rugi apabila kelewatan. Berikan batas waktu atas suatu promo agar calon pembeli tergerak untuk segera melakukan transaksi.

    Menemukan Harga yang Lebih Terjangkau

    Tidak bisa dipungkiri, harga jadi salah satu faktor utama yang menentukan pembelian. Namun akan sulit jika kamu harus terus mematok harga terendah dari semua kompetitor yang ada. Alih-alih perang harga, coba tunjukkan pembeda atau keunggulan produkmu dibanding kompetitor, misalnya dari segi fitur atau target pasar yang sedikit berbeda.

    Bingung Harus Memilih yang Mana

    Dalam dunia digital, konsumen dihadapkan dengan begitu banyak pilihan. Hal ini bisa mengakibatkan mereka mengalami decision fatigue atau lelah mengambil keputusan. Kamu mungkin berpikir menyajikan banyak pilihan yang berbeda kepada konsumen merupakan cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Namun nyatanya tidak demikian.

    Terlalu banyak pilihan akan membuat konsumen bingung dalam mengambil keputusan dan akhirnya malah bisa membuat mereka sama sekali tidak membeli. Untuk mengatasi ini, pelaku bisnis harus bisa benar-benar memahami target konsumen dan merekomendasikan produk yang paling sesuai untuk mereka. Tawarkan layanan dan dukungan yang dapat membantu konsumen membuat keputusan.

    Belum Mengetahui Reputasi Brand

    Untuk bisa yakin dalam membeli suatu produk, konsumen perlu merasa aman terlebih dahulu. Apabila konsumen belum kenal atau tidak familiar dengan brand, konsumen bisa ragu untuk melakukan transaksi.

    Agar kamu bisa mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen, tunjukkan review atau testimoni dari pembeli-pembeli lainnya. Apabila berjualan di marketplace, pastikan kamu memiliki rating yang bagus. Bisa juga dengan bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan awareness sekaligus mendapatkan kepercayaan konsumen.

    Layanan Pelanggan yang Kurang Baik

    Konsumen akan malas apabila harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Konsumen tentu mencari kemudahan saat berbelanja. Website, platform, atau toko dengan layanan pelanggan yang tidak jelas akan membuat konsumen memilih untuk mencari alternatif untuk membeli produk yang mereka cari. Maka itu, pastikan layanan pelanggan bisnismu cepat dalam merespons konsumen dan dapat memberikan solusi yang jelas dan tepat bagi mereka.  

    Produk Sulit untuk Diakses

    Terakhir, produk yang sulit diakses akan membuat konsumen frustasi dan akhirnya mencari produk di brand atau tempat lain. Untuk menghindari ini, pastikan tokomu baik offline maupun online mudah diakses. 

    Apabila berjualan di website, pastikan website cepat dan mudah dinavigasikan. Apabila kamu berjualan di marketplace atau media sosial, usahakan untuk merespons konsumen dengan cepat. Jika perlu, informasikan mengenai jam operasional toko agar konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungimu.

    Selain itu, pastikan juga stok produk terutama produk-produk yang banyak dicari agar selalu tersedia. Konsumen akan malas apabila produk selalu habis saat mereka ingin membeli. Sediakan juga pilihan waktu pengiriman yang fleksibel sehingga saat konsumen membutuhkan produk secara cepat kamu dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengatur stok dan melakukan pengiriman dengan tepat, sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bisnismu sehingga kamu pun bisa menyesuaikan dengan keperluan konsumen. 

    Jasa pengiriman Lalamove memungkinkan kamu untuk memilih waktu pengiriman baik secara instan, di hari yang sama, ataupun terjadwal. Selain itu armada pengirimannya juga beragam sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan volume penjualanmu. Mulai dari Rp 9.000, kamu sudah bisa melakukan pengiriman dengan mudah dan aman untuk bisnismu.

     

    Tingkatkan Kapasitas Bisnismu dengan Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    March 28, 2021

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    Pesatnya perkembangan UMKM di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi) pada masa pandemi ini tentu memberi efek positif. Pemerintahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    January 25, 2021

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER