Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    Pengiriman barang menjadi esensial dalam kehidupan banyak orang. Dalam seminggu, kamu mungkin sudah mengirim atau menerima barang setidaknya sekali, terutama dengan adanya pandemi yang membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk memesan dan membeli barang secara online. Melalui pengiriman, kita dapat mendapatkan barang dan melakukan berbagai hal dengan lebih mudah dan efisien. 

    Dengan semakin pentingnya pengiriman sebagai bagian dari kebiasaan berbelanja banyak orang, kualitas pengiriman barang berperan penting dalam berlangsungnya bisnis terutama bisnis online. Pengiriman bukan hanya mengenai mengantarkan paket atau produk hingga ke tangan pembeli. Pengiriman barang juga menunjukkan komitmen bisnis dalam menyediakan pengalaman berbelanja yang menyeluruh dan berkualitas bagi customer.

    Maka itu, sebagai pelaku bisnis baik bisnis online maupun offline harus bisa mempersiapkan pengiriman dengan baik. Menghindari kesalahan yang sering terjadi dalam pengiriman dapat membantu bisnismu jadi lebih unggul dari kompetitor. Walaupun kesalahan-kesalahan ini mungkin terlihat kecil, tetapi bisa begitu berdampak pada reputasi bisnis. Berikut beberapa kesalahan paling umum yang sering dilakukan pebisnis khususnya bisnis online dalam melakukan pengiriman. 

     

    Pilihan Pengiriman yang Tidak Memadai

    Terkadang ada customer yang lebih suka untuk menerima barang secepat mungkin. Namun terkadang ada juga customer yang lebih memilih untuk menerima barang di waktu yang mereka inginkan. Pelaku bisnis sebaiknya menyediakan pilihan pengiriman yang lebih fleksibel bagi customer agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. 

    Jasa pengiriman Lalamove misalnya, menyediakan pilihan pengiriman on-demand dimana barang langsung diambil dan dikirim begitu order dilakukan maupun pengiriman terjadwal dimana kamu bisa mengatur pengiriman sesuai dengan waktu yang diinginkan customer.

    Pengemasan yang Tidak Sesuai dengan Barang

    Salah satu masalah yang paling sering terjadi dalam pengiriman adalah pengemasan yang tidak sesuai dengan barang yang dikirim. Pengemasan yang tidak tepat dapat mengakibatkan kerusakan pada produk. Bisnis online menjual beragam macam produk dengan berbagai ukuran dan bentuk. Artinya, diperlukan juga pengemasan yang berbeda-beda sesuai dengan produk baik itu untuk kirim makanan, furniture, sayuran, dan lain-lain. Pelaku bisnis perlu mengidentifikasi tipe pengemasan seperti apa yang diperlukan produk agar produk aman selama pengiriman. 

    Jika pengemasan tidak tepat dan produk rusak, maka kamu pun akan rugi karena harus menanggung atau mengganti barang yang rusak tersebut. Maka itu pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu pilihan packaging yang paling tepat untuk pengirimanmu.

    Baca Juga: Tips Packing & Kirim Barang dengan Tepat Agar Aman Selama Pengiriman

     

    Kesalahan Informasi Pengiriman

    Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal. Memasukkan informasi pengiriman yang tidak tepat dapat membuat pengirimanmu terlambat atau tidak selesai atau bahkan barang bisa hilang. Selain mengecewakan customer, hal ini dapat merugikanmu baik secara langsung dimana kamu harus mengganti rugi maupun secara tidak langsung yakni mempengaruhi reputasi bisnismu.

    Maka itu, sebelum melakukan pengiriman, cek beberapa kali mengenai alamat pengiriman sampai detail-detailnya mulai dari nama, nomor rumah atau gedung, kontak, dan kode pos. Saat customer melakukan transaksi, konfirmasi juga mengenai alamat pengiriman mereka untuk menghindari kesalahan ini.

    Perkiraan Berat Barang yang Kurang Akurat

    Terutama untuk kamu yang menjual produk dengan ukuran dan berat yang cukup besar, terkadang pebisnis bisa salah memperkirakan berat barang. Hal ini bisa dikarenakan pebisnis tidak memiliki alat ukur berat yang akurat untuk melakukannya. Alhasil, saat melakukan pengiriman, berat barang tidak sesuai sehingga kamu perlu mengeluarkan biaya lebih.

    Selain itu, berat barang yang tidak tepat juga bisa mengarah pada rusaknya barang karena armada yang digunakan jadi tidak sesuai kebutuhan. Maka itu, sebaiknya ukur berat barang sebelum dan setelah dikemas. Gunakan alat ukur berat yang tepat untuk produk yang kamu jual.

    Tidak Menginfokan Konsumen Mengenai Durasi Pengiriman

    Konsumen ingin mengetahui kapan mereka akan menerima barang. Maka itu, sebaiknya tetapkan ekspektasi konsumen dengan memberitahu perkiraan barang kapan sampai. Semakin cepat barang bisa sampai, semakin baik. Menurut survei iPrice, lebih dari 90% keluhan customer bisnis online mengenai keterlambatan pengiriman dan informasi pengiriman yang tidak jelas. 

    Maka itu, penting sekali untuk memberi tahu konsumen mengenai detail pengiriman. Sebisa mungkin jangan sampai pengiriman tertunda. Perlu pengiriman langsung atau ada pengiriman mendadak? Jasa pengiriman on-demand Lalamove siap membantu pengirimanmu dengan instan kapanpun kamu butuh. 

    Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Tidak Tepat

    Jasa pengiriman yang kamu pilih dapat menentukan reputasi bisnismu. Pasalnya, kamu mempercayakan tahap akhir dalam proses pengalaman berbelanja customer kepada jasa pengiriman barang yang kamu pilih. Artinya, walaupun transaksi sudah berjalan lancar tetapi apabila partner pengirimanmu tidak tepat pengalaman berbelanja dan kesan customer terhadap bisnismu bisa berubah. 

    Pilihlah jasa pengiriman yang bukan hanya dapat menawarkan harga yang kompetitif tetapi juga bisa memberikan nilai tambah untuk jasa pengirimannya sehingga pengiriman berjalan lancar dan customer puas. 

    Tidak Mencari Cara untuk Mengurangi Biaya Pengiriman

    Durasi pengiriman yang lebih cepat tidak selalu berarti biaya pengiriman harus juga boros. Sebelum melakukan pengiriman kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah ada promo atau reward yang bisa kamu dapatkan untuk pengirimanmu sehingga pengeluaran bisnismu bisa lebih hemat. 

    promo pengiriman barang

     

    Pengiriman yang Tidak Transparan

    Customer akan merasa jauh lebih tenang apabila pengiriman mereka terjamin dan dapat mereka lacak. Maka itu, upayakan untuk bisa transparan mengenai proses pengiriman mulai dari sejak paket dikemas, diberikan ke jasa pengiriman, hingga paket dalam proses pengiriman. Apabila memungkinkan, beri akses kepada customer untuk melacak pengirimannya secara mandiri.

    Lewat jasa pengiriman Lalamove, kamu bisa melacak pengiriman secara real-time dan akan menerima bukti foto bahwa barang telah diterima customer. Dengan begitu, baik customer maupun kamu sebagai pebisnis bisa sama-sama mengetahui proses pengiriman hingga sampai di tujuan. 

    Dengan memahami kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pebisnis dalam melakukan pengiriman, kamu bisa lebih berhati-hati dan menghindari melakukan kesalahan tersebut. Alhasil, kamu bisa menghemat waktu dan biaya untuk pengeluaran yang tidak perlu. 

     

    Buat Pengiriman Bisnismu Jadi Lebih Mudah

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: 4 Manfaat Akun Bisnis Lalamove

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    November 30, 2020

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Pesta belanja online atau Harbolnas 12.12 sudah di depan mata. Belum lagi liburan akhir tahun yang sudah dekat. Bagi kamu yang menjalankan bisnistrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    November 26, 2020

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    Setelah berjam-jam membuat dan mendekorasi kue, akhirnya waktunya kue untuk dikirim. Untuk kamu yang menjalankan usaha kue, pasti pernah mendapatkantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    November 25, 2020

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun
    November 30, 2020
    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020

    BARUSLETTER