Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Kenapa Jasa Ekspedisi Penting untuk Bisnis? Ini Alasannya

    Sekarang ini memulai bisnis online sangat mudah dengan banyaknya pilihan platform. Dengan terus berkembangnya industri bisnis online, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan pebisnis agar usaha bisa maju adalah pengiriman.

    Kelihatannya sederhana, tetapi jasa ekspedisi bisa dibilang sebagai ‘tulang punggung’ dari kesuksesan bisnis online. Makanya, jika kamu ingin bisa melayani konsumen dengan baik dan mengembangkan bisnismu, kualitas pengiriman barang jadi kunci. Berikut beberapa alasan mengapa jasa ekspedisi penting untuk mendukung kesuksesan bisnismu.

    Hemat Biaya

    Business man accounting calculating cost economic budget investment and saving Premium Photo

    Dengan menggunakan jasa ekspedisi, kamu tidak perlu lagi menyewa atau membeli kendaraan dan menambah karyawan untuk menjadi driver. Kamu juga tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk mengisi bensin dan membawa kendaraanmu ke bengkel. Jadi biaya yang perlu kamu sisihkan untuk melakukan pengiriman jadi bisa lebih hemat.

    Lebih Efisien

    Worker pointing to a char Free Photo
    Dalam berbisnis, ada banyak hal yang perlu diurus. Penjualan, keuangan, stok, dan banyak lagi. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk sekadar mengurus pengiriman, apalagi sampai terjebak macet hanya untuk mengirimkan satu paket.

    Selain itu, pengiriman juga bisa jadi lebih cepat dibandingkan jika dilakukan sendiri. Pasalnya, driver pengiriman barang biasanya lebih tahu mengenai rute terbaik untuk menuju suatu tempat sehingga barang bisa sampai dengan lebih cepat. Di Lalamove, terdapat fitur multi-stop dan optimasi rute yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengiriman ke beberapa titik dalam sekali order dengan efisien.

    Lebih Aman

    crop-hands-with-parcel_23-2147801240
    Jasa ekspedisi juga biasanya memberikan jaminan kemanan atas paket yang kamu kirim. Ada yang memberikan garansi, ada juga yang memberikan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirim barang yang rapuh. Lalamove misalnya, memiliki Lalabag yang memiliki lapisan termal sehingga kamu bisa mengirim barang yang sensitif terhadap suhu atau cuaca dengan aman.

    Tak hanya itu, Lalamove juga memiliki real-time tracking dan fitur chat sehingga kamu bisa dengan mudah melacak pengiriman dan berkomunikasi dengan driver. Jadi kamu bisa mengirimkan bukti pengiriman kepada konsumen sehingga mereka pun tahu kira-kira berapa lama mereka akan menerima paket.

    Ditambah lagi Lalamove juga memiliki fitur door-to-door sehingga konsumen, khususnya yang tinggal di apartemen, bisa menerima langsung paket yang dikirim tanpa perlu dititipkan ke resepsionis atau satpam. Baik kamu sebagai pengusaha maupun konsumen yang membeli barang jadi sama-sama merasa aman.

    Jangkauan Lebih Luas

    Conceptual image of business support and service Premium Photo
    Jika kamu melakukan pengiriman sendiri, mungkin area cakupan pengirimanmu lebih terbatas. Kamu hanya bisa mengirim ke area-area yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggalmu. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, kamu bisa melakukan pengiriman yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas sehingga jumlah pelanggan bisa bertambah.

    Bisa Lebih Unggul dari Kompetitor

    The green man crushed his opponent in a dispute. winner in confrontation, diplomatic success Premium Photo
    Agar bisnis bisa berkembang, kamu harus bisa bersaing dan menunjukkan keunggulan bisnismu dari kompetitor. Tujuannya tak lain supaya konsumen bisa lebih tertarik untuk berbelanja di tempatmu dan tidak kabur ke kompetitor.

    Ada banyak cara dan strategi bersaing dengan kompetitor agar bisnis kita lebih unggul, salah satunya lewat layanan dan pengiriman. Kamu bisa menunjukkan bahwa pengirimanmu lebih cepat dan aman dari kompetitor sehingga konsumen yang ingin menerima barang lebih cepat pun akhirnya bisa bertransaksi denganmu alih-alih dengan kompetitor.

    Menjaga Reputasi Bisnis

    Businessmen choose to rating score happy icons. Premium Photo
    Pengiriman yang tepat waktu menunjukkan reputasi dan profesionalisme dari bisnismu. Bayangkan jika kamu mengirim paket, tapi pengiriman terlambat atau bermasalah. Begitu sampai paket sudah tidak rapi. Konsumen pun akan merasa tidak puas atau bahkan marah. Kemungkinan mereka untuk kembali berbelanja sangat kecil.

    Pengiriman merupakan impresi terakhir yang diterima konsumen terhadap bisnismu. Jadi jika mereka mengalami masalah pada tahap terakhir ini, mereka akan punya persepsi yang negatif terhadap brand kamu. Sebaliknya, dengan menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya, kamu bisa menjaga reputasi kamu di mata konsumen agar tetap bagus.

    Meningkatkan Kepuasan Konsumen

    Customer review satisfaction feedback survey concept. Premium Photo
    Saat ini konsumen punya banyak pilihan saat berbelanja online. Hal ini membuat sikap dan ekspektasi konsumen terhadap pengalaman belanja, pelayanan, dan pengiriman pun meningkat. Namun menurut survei iPrice, 36% konsumen tidak puas dengan pengalaman pengiriman e-commerce mereka. Sebanyak 90% keluhan berkaitan dengan keterlambatan pengiriman atau kurangnya komunikasi terkait status pengiriman.

    Dengan menggunakan jasa ekspedisi yang memungkinkan pengiriman instan dan terjadwal seperti Lalamove, kamu bisa mengirim paket sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga mereka pun puas. Saat konsumen puas, mereka pun bisa memberikan rating dan review yang baik atas bisnismu sehingga kredibilitas usahamu juga terbukti. Kamu pun bisa mempertahankan loyalitas pelanggan.

    Meningkatkan Repeat Order

    Business online shopping and sale concept . Free Photo
    Saat pelanggan puas, mereka pun tidak ragu untuk kembali berbelanja denganmu. Survei menunjukkan jika bisnis memiliki kualitas pengiriman yang buruk, konsumen tidak akan mau kembali. Jadi jika kamu ingin agar bisnismu bisa bertahan dan menerima banyak repeat order, pastikan kualitas pengirimanmu terjamin.

    Maka itu, pastikan kamu memilih jasa ekspedisi yang berkualitas agar pengirimanmu aman dan terjamin. Kamu pun bisa fokus mengembangkan bisnismu tanpa terhalang dengan urusan pengiriman!



    Kembangkan Bisnismu Bersama Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Terapkan 10 Cara Ini untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu!

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    November 5, 2020

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    Belakangan ini muncul hobi-hobi baru akibat pandemi, salah satunya berkebun dan bercocok tanam. Banyak orang yang membeli tanaman baik untuk dekorasitrue

    Baca lebih lajut
    Pengiriman

    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!

    October 27, 2020

    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!

    Terkadang saat memesan barang, kita membutuhkannya secara cepat atau ingin menerima barang tersebut di waktu tertentu. Namun, beberapa bisnis hanyatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    October 23, 2020

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    Pengiriman barang menjadi esensial dalam kehidupan banyak orang. Dalam seminggu, kamu mungkin sudah mengirim atau menerima barang setidaknya sekali,true

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun
    November 13, 2020
    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman
    November 5, 2020
    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!
    October 27, 2020
    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu
    October 23, 2020
    Bagaimana Lalabag & Armada Lalamove yang Beragam Membantu Pengiriman Bunga Allura Florist
    October 20, 2020

    BARUSLETTER