Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen

    Salah satu tantangan besar dalam menjalankan bisnis online adalah mendapatkan kepercayaan konsumen. Lantaran berbeda dengan bisnis offline dimana calon pembeli bisa melihat langsung produk yang dijual, pada bisnis online konsumen hanya bisa melihat foto. 

    Apalagi, maraknya penipuan online membuat banyak orang lebih berhati-hati saat berbelanja online. Maka itu, pelaku bisnis online harus memiliki strategi yang tepat untuk bisa meyakinkan konsumen, di antaranya melalui cara-cara berikut. 

    Platform Penjualan yang Profesional dan Lengkap

    platform bisnis online

    Platform penjualan merupakan interaksi pertama antara target konsumen dengan bisnismu sebelum mereka mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang dijual. Maka itu, pastikan seluruh platform penjualan yang kamu gunakan terlihat profesional dan memiliki informasi yang lengkap. 

    Apabila kamu berjualan di website, gunakan desain yang menarik dan mudah dibaca. Apabila kamu berjualan di marketplace atau media sosial, gunakan foto profil yang profesional, misalnya menggunakan logo bisnismu. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi yang lengkap mulai dari deskripsi singkat, jam operasional, hingga detail kontak yang jelas. 

    Informasi Produk yang Jelas

    produk online

    Informasi produk yang tidak jelas bisa membuat konsumen jadi ragu atau enggan untuk membeli produk tersebut. Berikan kemudahan kepada calon pembeli dengan mencantumkan informasi produk yang jelas mulai dari nama produk, ukuran, tipe, jenis, dan detail-detail lainnya sehingga mereka tidak perlu bertanya terlebih dahulu.

    Sebaiknya gunakan foto asli sehingga konsumen lebih yakin. Cara ini juga menghindari timbulnya rasa kecewa saat konsumen menerima barang yang tidak sesuai ekspektasinya. Apabila kamu menawarkan garansi, jelaskan juga mengenai detail ketentuan garansi, pengembalian barang, ataupun pengembalian uang. Dengan menjelaskan mengenai garansi, konsumen akan merasa lebih aman untuk bertransaksi di bisnis online kamu.

    Baca Juga: 7 Hambatan dan Tantangan yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

    Jaga Komunikasi dengan Konsumen

    layanan konsumen

    Sebelum membeli barang, konsumen umumnya akan menghubungi penjual terlebih dahulu untuk memastikan. Agar komunikasi dengan konsumen terjaga dengan baik, pastikan konsumen mudah menghubungi kamu. Berikan beberapa pilihan alternatif kepada konsumen, misalnya dengan mencantumkan nomor telepon, WhatsApp, dan LINE.

    Manfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement

    media sosial

    Media sosial menjadi salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka. Kamu bisa membagikan konten-konten menarik yang berhubungan dengan produkmu, misalnya mengenai manfaat yang bisa didapatkan konsumen.

    Bangun juga interaksi dengan konsumen, misalnya dengan menanyakan pendapat mereka, mengajak mereka untuk meninggalkan komentar, memanfaatkan fitur seperti Instagram Story, dan banyak lagi. Dengan cara ini, konsumen merasa lebih mengenal dan mempercayai bisnismu.

    Berikan Respons yang Cepat dan Tepat

    kualitas pelayanan

    Kualitas pelayanan pelanggan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Pertanyaan yang lama dibalas bisa membuat konsumen kesal dan malas untuk berbelanja. Bisa juga konsumen malah akhirnya berbelanja dengan kompetitor. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk selalu memberikan respons yang cepat. Jawab setiap pertanyaan dengan jelas dan tepat sehingga konsumen mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.  

    Tunjukkan Testimoni

    testimoni pelanggan

    Calon pembeli akan lebih yakin apabila sudah ada review atau testimoni dari pembeli sebelumnya. Maka itu, kamu bisa mencantumkan testimoni berupa foto, screenshot, atau video. Kamu bisa meminta testimoni kepada konsumen yang telah menyelesaikan pembelian. Dengan testimoni-testimoni tersebut, konsumen jadi bisa lebih yakin untuk melakukan transaksi.

    Terima Kritik dari Pelanggan

    kritik dan saran

    Selain meminta testimoni, kamu juga bisa meminta masukan dari pelanggan. Ucapkan terima kasih atas masukan dari mereka. Apabila mereka memberikan kritik atau keluhan, terima apa yang mereka katakan dan minta maaf apabila perlu. Masukan ini juga bisa berguna untuk mengembangkan bisnis online kamu ke depannya. Dengan komunikasi yang baik, konsumen akan lebih percaya bahwa bisnismu merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan mereka. 

    Update Mengenai Pengiriman

    kirim barang

    Komunikasi setelah konsumen melakukan transaksi juga penting untuk dijaga. Kamu bisa memberikan update mengenai proses order dan pengiriman kepada konsumen sehingga mereka merasa lebih tenang. Jasa kirim barang seperti Lalamove memiliki fitur real-time tracking yang memungkinkan kamu untuk melacak pengiriman sehingga dapat mengirimkan update ke konsumen. Selain itu, dengan pengiriman on-demand Lalamove, kamu bisa mengirimkan barang dengan lebih cepat sehingga konsumen pun puas. 

     

    Kembangkan Bisnismu Bersama Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Cara Oh Ma Grain Tawarkan Harga Kompetitif untuk Pengiriman Jumlah Banyak

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    March 28, 2021

    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang

    Pesatnya perkembangan UMKM di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi) pada masa pandemi ini tentu memberi efek positif. Pemerintahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    January 25, 2021

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER