Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

    Belanja online merupakan salah satu cara mudah nan efisien untuk membeli barang. Hanya lewat smartphone, kita sudah bisa membeli berbagai kebutuhan. Apalagi belanja online memungkinkan kita untuk membandingkan harga dulu sebelum membeli barang sehingga kita bisa membeli harga minimum dari suatu barang.

    Namun kemudahan ini juga diikuti dengan sejumlah risiko, salah satunya penipuan online. Banyak orang yang melihat hal ini sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara-cara yang tidak benar. Berbagai macam cara dilakukan untuk melakukan penipuan, mulai dari barang palsu, barang yang tidak dikirim, dan banyak lagi. 

    Agar tidak terjebak penipuan saat berbelanja online, baca dulu tips-tips berikut agar pengalaman berbelanja kamu jadi aman dan menyenangkan!

     

    Pilih Platform Belanja yang Terpercaya

    Product package boxes and shopping bag in cart with laptop for online shopping and delivery concept Premium Photo

    Saat ini ada begitu banyak pilihan platform maupun website untuk berbelanja online. Bahkan di media sosial pun ada begitu banyak pilihan toko online. Agar aman, pilihlah platform berbelanja yang terpercaya misalnya dari marketplace-marketplace yang sudah populer. Marketplace biasanya memiliki rekening bersama untuk menghubungkan penjual dengan pembeli sehingga lebih sulit untuk melakukan penipuan.

    Jika berbelanja dari website, pastikan toko online tersebut memiliki nomor telepon dan alamat atau bagian layanan pelanggan yang bisa dihubungi sehingga jika terjadi sesuatu, kamu bisa segera menghubungi toko tersebut.

    Cek Reputasi Toko Online

    Small supermarket grocery push cart for shopping toy with wheels and 5 stars rating isolated on pastel blue background. retail consumer buying online assessment and review concept. Premium Photo

    Selain memilih platform belanja yang terpercaya, kamu juga perlu memeriksa reputasi toko online-nya. Jika kamu berbelanja dari marketplace, kamu bisa memeriksa rating dan review serta jumlah barang yang sudah terjual. 

    Begitu pula apabila kamu berbelanja di media sosial, kamu juga perlu memeriksa testimoni dari pembeli sebelumnya. Jangan terlalu terpaku pada jumlah followers yang banyak karena followers bisa dinaikkan dengan cara membelinya. Kamu juga memeriksa kolom komentar untuk melihat apakah ada keluhan-keluhan dari pembeli. 

    Perhatikan Foto & Deskripsi Produk

    Woman holding credit card in front of laptop with shopping website Free Photo

    Di media sosial ada banyak yang membagikan postingan lucu mengenai perbandingan antara foto barang di online dengan barang yang diterima pembeli. Hal-hal seperti ini memang bisa disebabkan kesalahan dari dua belah pihak, baik dari si penjual maupun si pembeli. 

    Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya perhatikan dengan jelas foto dan deskripsi produk. Kalau bisa minta foto asli dari produk yang ingin kamu beli dari penjual agar kamu bisa memastikan apakah barang tersebut sesuai dengan yang kamu cari atau tidak. Jangan lupa juga untuk membaca deskripsi produk seperti ukuran, warna, bahan, dan sebagainya. 

    Jangan Mudah Terbuai Harga Murah

    Shopping concept. wooden cubes with word spend cheap on dark table with shopping basket Premium Photo

    Banyak orang memilih untuk belanja online karena pilihan harga-harganya cenderung lebih murah dibanding membeli langsung dari toko. Selain itu toko online juga sering membagikan voucher diskon dan kode promo sehingga belanja bisa lebih hemat.

    Namun hati-hati jika kamu menemukan barang yang harganya terlampau murah dibandingkan harga pasaran. Bisa jadi barang tersebut palsu atau bahkan menjadi kedok penipuan. Ini bukan berarti kamu harus memilih harga yang mahal ya. Namun sebaiknya kamu bandingkan dulu harga barang yang ingin kamu beli dengan toko lainnya yang sudah terpercaya atau toko resminya. 

    Periksa Kebijakan Pengembalian

    Man wear blue t-shirt hands with smartphone and credit card laptop on desk Premium Photo

    Kita seringkali mengabaikan detil-detil seperti syarat dan kebijakan saat berbelanja online. Padahal memperhatikan informasi tersebut bisa berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya barang tidak sampai, rusak, cacat, dan sebagainya. 

    Maka itu, sebaiknya periksa bagian kebijakan pengembalian. Apakah barang bisa dikembalikan atau di-refund, siapa yang menanggung ongkos kirim, dan sebagainya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

    Simpan Bukti Transaksi

    Credit card payment, buy and sell products & service Free Photo

    Sebelum barang tiba, sebaiknya simpan bukti transaksi baik berupa screenshot transfer, email konfirmasi, dan banyak lagi. Tujuannya tak lain adalah agar kamu ada bukti bahwa kamu benar-benar telah melakukan pembayaran apabila barang tidak sampai. Jadi apabila terjadi kesalahan, toko online juga bisa segera memeriksa proses pembelianmu. 

    Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya

    ID_Design_Blog_24 juli_aplikasi pengirman-01

    Terakhir, pilihlah jasa pengiriman barang yang aman dan terpercaya. Hal ini terutama penting jika kamu membeli sesuatu yang perlu kamu terima dengan cepat. Selain agar barang bisa tiba dengan tepat waktu, menggunakan jasa pengiriman yang kredibel juga membantumu memastikan bahwa barang akan sampai dengan aman.

    Dengan menggunakan jasa pengiriman Lalamove yang memungkinkan pengiriman barang secara instan ataupun terjadwal. Selain itu, kamu juga bisa melacak pengiriman melalui aplikasi. Belanja online jadi lebih tenang!

     

    Ambil Barang Belanjaanmu dengan Lalamove

    Download Sekarang

     

    Baca Juga: 8 Tips Praktis untuk Pindahan Anti Stres dan Tanpa Beban

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Pengiriman

    Ada Acara Tukar Kado? Berikut 7 Ide Hadiah Natal yang Sederhana Namun Berkesan

    December 22, 2020

    Ada Acara Tukar Kado? Berikut 7 Ide Hadiah Natal yang Sederhana Namun Berkesan

    Hari Natal biasanya ditandai dengan acara tukar kado. Memberikan kado menunjukkan rasa terima kasih dan kasih sayang kita kepada orang terdekat, baiktrue

    Baca lebih lajut
    Pengiriman

    Mother’s Day, Kasih Hadiah Apa? Ini 10 Ide Hadiah untuk Hari Ibu!

    December 18, 2020

    Mother’s Day, Kasih Hadiah Apa? Ini 10 Ide Hadiah untuk Hari Ibu!

    Hari Ibu sudah semakin dekat. Untuk menunjukkan rasa teirma kasih dan kasih sayang, biasanya kita memberikan hadiah kepada Ibu kita. Kira-kira hadiahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren Pengiriman di Tahun 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

    December 8, 2020

    Tren Pengiriman di Tahun 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

    Adanya pandemi telah menciptakan permintaan akan solusi digital yang mudah dan dapat diakses oleh semua orang. Dengan akan segera berakhirnya tahuntrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Bulan Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?
    April 6, 2021
    Lalamove Siap Bantu UMKM se-Jabodetabek Lewat Pengiriman Barang
    March 23, 2021
    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021

    BARUSLETTER