Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun

    Sebagian besar bisnis mengalami pasang surut sepanjang tahun, terutama di tahun ini. Seringkali pasang surut ini juga mengikuti perubahan musiman seperti hari libur, Natal, Tahun Baru atau momen-momen tertentu seperti hari Valentine, Harbolnas, atau Black Friday. 

    Beberapa penjualan bisnis mengalami peningkatan drastis selama periode puncak tersebut. Misalnya toko bunga pada saat menjelang hari Valentine atau bisnis online yang menjual pernak-pernik Natal menjelang Hari Natal. 

    Menghasilkan penjualan yang cukup selama musim sibuk ini seringkali bisa menjadi faktor yang menentukan kelangsungan UMKM. Periode penjualan besar-besaran seperti musim liburan Harbolnas atau Natal menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh banyak pebisnis. Namun, diperlukan persiapan yang matang agar momen bisa benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

    Walaupun tiap bisnis memerlukan strategi yang mungkin berbeda, berikut beberapa kiat terbaik untuk membantumu merencanakan dengan tepat bisnismu untuk akhir tahun dan musim sibuk.

     

    Buat Rencana Terlebih Dahulu

    Analisis data-data dari tahun sebelumnya untuk memperkirakan seberapa sibuk bisnismu menjelang akhir tahun. Kamu bisa menganalisis mulai dari traffic, penjualan, dan jumlah transaksi. Kamu juga bisa menganalisis promo-promo yang pernah kamu adakan sebelumnya untuk mencari tahu promo seperti apa yang menarik bagi target konsumenmu.

    Kembangkan Strategi Marketing Multichannel

    Manfaatkan berbagai platform marketing, mulai dari media sosial, website, email, push notification, dan banyak lagi. Strategi ini membantu bisnismu menjangkau lebih banyak konsumen. Pastikan juga pesan yang kamu sampaikan di tiap channel selaras satu sama lain maupun dengan persona brand yang ingin dibangun.

    Pekerjakan Bantuan Tambahan

    Permintaan bisnis menjelang akhir tahun biasanya meningkat. Apabila staf kurang, hal ini bisa menyebabkan lambatnya layanan terhadap pelanggan. Untuk menghindari ini, kamu bisa mempekerjakan staf tambahan untuk menangani pekerjaan ekstra tanpa membuat komitmen kepegawaian jangka panjang.

    Utamakan Customer

    Dalam merencanakan segala sesuatu mulai dari campaign, promo, dan layanan, selalu pikirkan target customer bisnismu. Pikirkan cara untuk mendorong mereka agar mau kembali berbelanja lagi, misalnya dengan menawjasjarkan promo atau reward untuk pembelian selanjutnya.

    Berpartner dengan Jasa Pengiriman Barang yang Terpercaya

    Semua kerja kerasmu bisa hilang jika barang atau produk akhir yang kamu kirimkan tidak diterima konsumen dalam kondisi yang baik, terlambat sampai, atau bahkan tidak sampai sama sekali. Baik itu mengirimkan barang dari toko ke toko atau ke customer, pengiriman bisnis memerlukan penanganan yang tepat dan dapat memiliki dampak yang besar kepada kepercayaan konsumen apabila tidak tepat.

    Mempersiapkan bisnis untuk akhir tahun tidak harus membuat stres. Bekerja sama dengan partner yang tepat dapat membantu meringankan bebanmu di sejumlah aspek bisnis dan memungkinkan kamu untuk menjangkau customer dengan lebih efektif dan efisien.

    Dengan memastikan produkmu dikirimkan sesuai dengan ekspektasi customer merupakan bagian penting dari bagian tersebut. Baik kamu perlu untuk mengirimkannya segera atau berencana untuk mengirimkannya nanti atau di esok harinya, jasa pengiriman Lalamove dapat membantu menghubungkan bisnismu dengan kurir pengiriman profesional.

     

    Sudah Coba Jasa Pengiriman On-Demand Lalamove?

    Download aplikasinya sekarang dengan klik tombol di bawah atau kontak tim kami untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana Lalamove dapat membantu bisnismu!

    Download Sekarang Hubungi Tim Kami

     

    Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    Bagikan ini di

    Lalamove

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun
    November 30, 2020
    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020

    BARUSLETTER