Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    Mengelola keuangan dengan cermat menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa terus bertahan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ada banyak tantangan yang dihadapi pelaku bisnis. Mulai dari perubahan perilaku belanja konsumen, pembatasan aktivitas di luar, hingga keadaan ekonomi yang ikut terdampak.

    Maka itu, pebisnis harus bisa menyesuaikan pengelolaan bisnisnya dengan keadaan ini, baik dengan menambah pemasukkan dan mengurangi pengeluaran. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan pebisnis untuk menghemat pengeluaran bisnisnya.

    Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

     

    Tinjau Kembali Anggaran Jangka Pendek & Panjang

    Sebelum memotong anggaran, kamu perlu tahu dulu pengeluaran bisnismu saat ini. Lakukan tinjauan dan analisis terhadap keseluruhan anggaranmu untuk tiap-tiap pos pengeluaran, mulai dari gaji karyawan, biaya operasional seperti gedung, bahan produksi, peralatan, dan sebagainya, asuransi, kendaraan, dan lain-lain. Kemudian lakukan perkiraan kondisi finansial baik untuk situasi terbaik dan situasi terburuk serta apa yang kira-kira akan kamu lakukan dalam situasi tersebut. 

    Selanjutnya, sesuaikan anggaran dengan perubahan ekspektasi konsumen dan juga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut. Jangan lupa juga untuk menyiapkan rencana finansial pasca-pandemi sehingga saat keadaan sudah pulih kamu bisa langsung kembali beradaptasi.

    Fokus Pada Cash Flow

    Saat keadaan ekonomi berubah, arus kas menjadi penting untuk dipertahankan, terutama bagi bisnis kecil yang mungkin tidak memiliki akses ke pendanaan yang lebih beragam. Setelah meninjau seluruh pos pengeluaran, cari tahu pengeluaran mana yang tidak secara langsung atau tidak begitu berdampak pada arus kas yang masuk. Kamu kemudian bisa mulai mengurangi pengeluaran untuk pos-pos tersebut.

    Tinjau Kembali Rencana Pemasaran

    Periksa kembali strategi pemasaranmu. 84% marketer telah mengimprovisasikan strategi marketing baru untuk merespons pandemi. Kurangi pengeluaran marketing yang dirasa kurang menguntungkan. Apabila selama ini biaya pemasaranmu cukup tinggi, kamu bisa mulai memikirkan strategi pemasaran dengan biaya yang lebih rendah.

    Pada situasi seperti ini, kamu bisa lebih fokus pada pengembangan strategi pemasaran digital mengingat saat ini konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di internet. Misalnya dengan membuat reward atau referral program untuk menarik pelanggan, mengembangkan strategi email marketing, atau fokus pada pemasaran melalui media sosial. Bisa juga dengan bekerja sama dengan bisnis lain atau mengadakan workshop.

    Mengelola Pengeluaran

    Kelola tiap pengeluaran dengan cermat. Apabila memungkinkan, pilih opsi yang lebih terjangkau dari yang ada sekarang. Misalnya saja, kamu bisa beralih ke remote working atau work from home. Ini dapat membantumu mengurangi pengeluaran seperti listrik, peralatan kantor, dan sebagainya. Apabila ada karyawanmu yang harus bepergian untuk meeting dengan partner atau klien, pertimbangkan untuk melakukannya melalui video call. Selain menghemat biaya, cara ini juga lebih aman. 

    Evaluasi Vendor Yang Digunakan

    Evaluasi juga seluruh vendor, supplier, kerjasama, layanan software, jasa pengiriman barang, atau layanan lainnya yang kamu gunakan. Vendor tentu tahu mengenai situasi yang dihadapi pebisnis saat ini. Diskusikan dengan vendor mengenai kemungkinan untuk melakukan negosiasi ulang atau opsi lain yang dapat disepakati bersama untuk menghemat pengeluaran atau menunda pembayaran. 

    Ini juga tidak menutup kemungkinan untukmu membangun hubungan baru dengan layanan serupa lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan bisnismu dan menyesuaikan dengan anggaranmu yang terbatas. Untuk kebutuhan pengiriman bisnismu misalnya, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman Lalamove yang cepat, mudah, dan dapat diandalkan. Mulai dari Rp 8.000, kamu sudah bisa melakukan pengiriman!

     

    Hemat Pengeluaran Bisnismu dengan Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    January 25, 2021

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis

    Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa skill ini, kamu akan merasatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Berikut 5 Cara Melihat Peluang untuk Mulai Menjalankan Bisnis
    January 25, 2021
    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021
    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021

    BARUSLETTER