Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    Belakangan ini muncul hobi-hobi baru akibat pandemi, salah satunya berkebun dan bercocok tanam. Banyak orang yang membeli tanaman baik untuk dekorasi maupun untuk menanam sayur atau buah untuk dimakan. Toko-toko tanaman online pun mulai bermunculan. Ini merupakan peluang bisnis yang bisa kamu jalankan.

    Sebagai penjual tanaman, kamu harus bisa memastikan bahwa produk akan tiba dengan selamat agar bisnis bisa sukses. Jangan sampai tanaman mati atau rusak saat pengiriman karena kamu bisa kehilangan pelanggan. Maka itu, tanaman harus disiapkan dan dikemas dengan benar. Berikut beberapa tips mengirim tanaman agar tetap segar dan aman.

     

    Pahami Jenis Tanaman

    Cari tahu apakah tanaman yang kamu jual merupakan tanaman yang memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi atau sensitif suhu, cahaya dan kelembaban, apakah tanaman tersebut rapuh atau tidak. Dengan memahami jenis tanaman yang akan kamu kirim, kamu baru bisa menentukan cara pengiriman yang tepat untuk tanaman tersebut. 

    Gunakan Zat Adaptan

    Agar daya tahan tanaman tetap terjaga saat pengiriman, kamu bisa menyemprotkan zat adaptan dan vitamin ke daun. Lakukan ini 1-3 jam sebelum pengiriman agar zat adaptan bisa terserap dengan baik. Dengan menggunakan zat adaptan, tanaman jadi bisa lebih tahan saat dikirim oleh kurir.

    Kemas dengan Kotak Bergelombang atau Rangka Kayu

    Khususnya untuk tanaman hias, kamu bisa mengemasnya dengan kotak bergelombang (corroborated box) yang kokoh dengan ruang yang lebih besar sekitar 3-6 cm dari tanaman. Apabila tanaman berukuran kecil, kamu bisa memberikan partisi atau sekat di dalam kardusnya sehingga kamu bisa memuat beberapa tanaman dalam satu kardus.

    Dengan menggunakan kemasan kardus yang kokoh, tanaman tidak mudah patah atau rusak saat pengiriman. Jika mau lebih aman, kamu bisa menambahkan kayu kecil di sudut-sudut kardus agar kardus lebih kokoh lagi dan tidak mudah penyok. Untuk mengirim tanaman berukuran besar, kamu bisa menggunakan packaging kayu agar tanaman tidak mudah terguncang saat pengiriman. 

    Jaga Kelembaban

    Sebelum melakukan pengiriman, sebaiknya pastikan dulu mengenai suhu dan cahaya saat pengiriman dengan jasa pengiriman barang yang kamu gunakan. Apabila tanaman terlalu terpapar pada cahaya, tanaman bisa membusuk. Maka itu, pastikan agar tanaman tetap lembab dan tidak terlalu terpapar cahaya. 

    Pilih jasa pengiriman yang mampu menjaga kelembaban tanaman dan suhu. Lalamove memiliki tas termal Lalamove yang mampu menjaga kondisi paket tetap aman dan optimal selama pengiriman. Selain itu, pengiriman Lalamove juga bersifat on-demand dimana paketmu langsung dikirim ke tujuan tanpa melalui gudang (warehouse) sehingga tanaman lebih cepat sampai. 

    Infokan Kepada Kurir

    Berikan catatan pada kurir saat melakukan pengiriman apabila tanaman memerlukan penanganan khusus sehingga kurir bisa mengantarkannya dengan tepat. Pilih armada pengiriman yang tepat sesuai dengan berat dan ukuran tanaman yang akan kamu kirimkan. 

    Apabila kamu perlu mengirimkan banyak tanaman atau melakukan pengiriman ke beberapa tempat, Lalamove memiliki fitur multi-stop yang memungkinkan kamu kirim barang hingga ke 10 titik. Selain itu, armadanya juga beragam mulai dari armada roda dua hingga engkel box. Mulai dari Rp 10.000, kamu sudah bisa kirim ini-itu dengan lebih praktis dan terjangkau!

     

    Kirim Tanaman ke Customer dengan Lebih Mudah!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Cara Menjaga Kesegaran Bunga Selama Pengiriman

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    November 30, 2020

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Pesta belanja online atau Harbolnas 12.12 sudah di depan mata. Belum lagi liburan akhir tahun yang sudah dekat. Bagi kamu yang menjalankan bisnistrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    November 26, 2020

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    Setelah berjam-jam membuat dan mendekorasi kue, akhirnya waktunya kue untuk dikirim. Untuk kamu yang menjalankan usaha kue, pasti pernah mendapatkantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    November 25, 2020

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun
    November 30, 2020
    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020

    BARUSLETTER