Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Pesta belanja online atau Harbolnas 12.12 sudah di depan mata. Belum lagi liburan akhir tahun yang sudah dekat. Bagi kamu yang menjalankan bisnis atau UMKM, terutama yang menjual produk-produk yang umumnya tinggi permintaannya di akhir tahun seperti hadiah, alat elektronik, dan sebagainya, inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk memaksimalkan penjualan

    Ini juga berarti kamu harus mempersiapkan dengan matang, mencegah terjadinya kesalahan, merencanakan strategi pemasaran, serta memastikan alur stokmu lancar untuk bisa memenuhi permintaan. Mengelola inventori merupakan salah satu faktor paling penting untuk memastikan kelancaran operasional dan kesuksesan bisnis. Namun, menyeimbangkan keperluan stok dengan penjualan juga menjadi salah satu hal yang rumit.

    Di satu sisi, saat permintaan sedang tinggi stok bisa habis dengan begitu cepat. Namun saat periode liburan berakhir, permintaan bisa turun dengan cepat juga. Bagaimana cara mengontrol inventori saat Harbolnas & akhir tahun? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempermudah pengelolaan stok bisnismu. 

    Baca Juga: Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Belajar dari Kesalahan Sebelumnya

    Pada dasarnya, merencanakan penjualan Harbolnas dan akhir tahun merupakan proses belajar dari yang sudah lewat dan mempersiapkan yang akan datang. Meskipun sangat penting untuk membuat rencana ke depan kamu juga perlu tahu apa kesalahan yang terjadi di musim puncak sebelumnya. Dengan mengetahuinya, kamu jadi tahu apa yang perlu diperbaiki tahun ini.

    Misalnya jika proses dari pemesanan hingga pengemasan dan pengiriman memakan waktu yang cukup lama, berarti kamu mungkin membutuhkan staf lebih untuk mempercepat proses tersebut. Apabila tahun lalu stokmu berlebih, kamu mungkin harus menyesuaikan jumlah stok yang kamu beli atau produksi. Dengan data yang tepat, kamu dapat memastikan operasional bisnismu berjalan dengan lancar saat penjualan memuncak.

    Sampaikan Kebutuhanmu di Awal

    Penjualan meningkat berarti stok yang dibutuhkan juga meningkat. Stok di sini bukan sekadar produk atau bahan dasar produk yang kamu jual saja tetapi juga termasuk barang lainnya yang dibutuhkan seperti packaging atau kemasan. Komunikasikan kebutuhanmu terlebih dahulu kepada distributor agar mereka pun dapat mengalokasikan stok.

    Konfirmasi ketersediaan stok secara keseluruhan mulai dari periode kebutuhan, jumlah, kecepatan pengiriman, dan sebagainya. Tanyakan juga mengenai apakah distributor dapat melayani kebutuhan mendadak sehingga apabila stok ternyata kurang, kamu bisa langsung segera memperbarui stok.

    Beri Pelatihan Kepada Staf

    Sebelum musim Harbolnas dan libur akhir tahun dimulai, persiapkan dulu stafmu agar mereka dapat mengelola stok dan operasional dengan efisien dan tepat. Berikan pelatihan misalnya mengenai letak dan label untuk tiap produk, alur pemrosesan pemesanan, dan sebagainya sehingga pengelolaan stok tetap aman dan lancar walaupun bisnis sedang sibuk.  

    Ketahui Timeline Penjualan Puncakmu

    Untuk merencanakan penjualan di musim puncak seperti Harbolnas & liburan akhir tahun, kamu juga perlu memperhatikan durasi atau timeline dari penjualan musim puncak bisnismu. Ini akan membantumu menentukan kebutuhan stokmu.

    Misalnya permintaan buket bunga di hari Ibu mungkin akan meningkat dalam kurun waktu 1-2 minggu menjelang Hari Ibu. Artinya kamu harus benar-benar mempersiapkan stoknya sebelum hari H. Sementara untuk durasi yang lebih panjang misalnya liburan akhir tahun & Tahun Baru , kamu bisa memperbarui stok hingga beberapa kali.

    Prediksi Jumlah Penjualan

    Bagaimana cara mengetahui perkiraan jumlah stok yang akan dibutuhkan? Kamu bisa memprediksinya berdasarkan data penjualan di tahun sebelumnya atau musim puncak sebelumnya. Apabila kamu memantau penjualan dengan tools atau aplikasi, biasanya tools atau aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk menganalisis data. 

    Dari data ini, kamu bisa jumlah minimum stok yang kamu butuhkan. Menjelang dimulainya musim puncak dimulai, lakukan audit dengan menghitung stok untuk memastikan jumlah yang tercatat sesuai dengan jumlah stok sebenarnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk mempersiapkan musim puncak dengan data stok yang akurat.

    Pastikan Stok Selaras dengan Data di Platform Penjualan

    Khusus untuk bisnis online, pengelolaan stok yang baik juga berarti memastikan bahwa informasi pada platform penjualan yang kamu gunakan selaras dengan ketersediaan stok yang sebenarnya. Jika stok habis, pastikan hal tersebut juga segera ter-update pada channel penjualanmu. 

    Sertakan info bahwa produk sudah habis dan apabila memungkinkan, cantumkan juga kapan produk akan kembali restock. Dengan demikian, customer bisa bersiap untuk membeli saat produk sudah ada lagi. 

    Tinjau Kembali Pilihan Jasa Logistik

    Walaupun sudah melakukan persiapan dengan matang, terkadang kebutuhan inventori mendadak bisa terjadi saat musim puncak. Agar operasional bisa tetap berjalan, tinjau opsi jasa logistik yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum musim puncak dimulai. Sehingga saat mendadak dibutuhkan, kamu bisa langsung menerapkannya tanpa perlu panik dan menghabiskan waktu untuk mencari opsi alternatif. 

    Selain dari segi penyediaan stok, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan customer. Biasanya menjelang akhir tahun, customer memiliki ekspektasi untuk bisa menerima barang tepat saat mereka membutuhkannya atau bahkan lebih cepat. 

    Untuk menghadapi hal-hal di atas, pastikan kamu memiliki opsi jasa pengiriman barang yang fleksibel seperti Lalamove. Dengan jasa pengiriman on-demand Lalamove, kamu bisa melakukan pengiriman sesegera mungkin saat dibutuhkan, misalnya saat stok habis atau customer membutuhkan barang dengan cepat. Selain itu, kamu juga dapat menjadwalkan pengiriman sehingga operasional bisa diatur dengan mudah. Agar customer tenang, kamu juga bisa membagikan informasi pengiriman secara real-time kepada pembeli. 

    Dengan mengontrol kapasitas stok dan penjualan termasuk juga dari segi pengiriman barang, mengatur operasional akan jadi lebih mudah terutama saat penjualan meningkat saat Harbolnas atau akhir tahun. 

     

    Persiapkan Pengirimanmu di Akhir Tahun!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: 5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    January 3, 2021

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    Tahun 2020 membawa banyak dampak dan perubahan dalam banyak aspek, salah satunya dalam ekosistem bisnis. Perilaku berbelanja dan kebutuhan konsumentrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    December 27, 2020

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    Adanya pandemi menciptakan perubahan dalam ekosistem bisnis. Transaksi beralih dari offline ke online. Prioritas konsumen pun berubah. Disrupsi initrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021
    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021
    December 27, 2020
    Ada Acara Tukar Kado? Berikut 7 Ide Hadiah Natal yang Sederhana Namun Berkesan
    December 22, 2020
    Mamo Evan, Dari Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jadi Bisnis Makanan Rumahan
    December 21, 2020

    BARUSLETTER