Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Ingin Memulai Usaha Catering, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

    Usaha catering merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki potensial besar dan tidak memerlukan modal yang terlampau banyak. Permintaannya pun selalu ada bahkan bisa meningkat seiring dengan meningkatnya juga aktivitas dan kesibukan masyarakat. 

    Di tengah pandemi ini, banyak orang yang mulai mencoba untuk berbisnis termasuk juga dengan menjalankan usaha catering. Apalagi dengan diterapkan kembali PSBB, orang-orang yang biasanya beraktivitas di luar kini harus kembali melakukan aktivitas di rumah. Akibatnya, beberapa dari mereka tidak sempat untuk memasak sehingga berlangganan catering bisa menjadi solusi praktis.

    Bagi kamu yang baru ingin memulai usaha catering, kamu mungkin bingung mengenai hal-hal apa saja yang perlu disiapkan. Melalui langkah-langkah di bawah ini, kamu bisa mulai berjualan catering dengan tepat. 

    Baca Juga: Bagaimana Tren Bisnis Kuliner Pasca Pandemi? Ini 7 Prediksi Perubahannya

     

    Tentukan Dahulu Jenis Catering

    bisnis catering

    Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu mengenai jenis usaha catering yang ingin kamu jalankan apakah catering rumahan, catering untuk anak sekolah, kantoran, atau catering event. Namun karena saat ini aktivitas di luar rumah sangat dibatasi, kamu bisa fokus pada catering rumahan terlebih dahulu. 

    Dengan menentukan jenis catering, kamu kemudian bisa melakukan riset target audiens dan kompetitor. Dari sana, kamu jadi bisa lebih tahu kondisi pasar dan strategi apa saja yang dilakukan kompetitor sehingga kamu bisa menyiapkan strategi atau produk makanan yang berbeda dibanding mereka. 

    Persiapkan Modal

    mengelola keuangan

    Selanjutnya, persiapkan modal agar saat usaha sudah berjalan kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih efisien. Modal yang dimaksud di sini bukan hanya dari segi finansial saja tetapi juga berupa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kompor, gas, bahan baku, dan lain-lainnya serta tenaga. Pertimbangkan juga apakah kamu perlu merekrut karyawan untuk membantumu atau tidak. 

    Cari Supplier Bahan Baku Berkualitas

    bahan baku

    Dalam menjalankan usaha kuliner, bahan baku menjadi faktor penting yang perlu untuk diperhatikan. Kualitas bahan baku sangat berpengaruh pada rasa makanan. Makanya, pastikan kamu memilih supplier yang dapat mendukung bahan-bahan yang kualitasnya terjaga sehingga rasa dan kualitas makanan memiliki standar yang sama. 

    Tentukan Nama & Strategi Branding Usaha Catering

    strategi branding

    Memilih nama catering yang tepat juga bisa membantu usahamu lebih mudah dikenal dan diingat orang. Pilihlah nama yang unik sehingga mudah diingat tetapi juga mudah disebutkan. Upayakan agar nama menggambarkan tipe makanan yang kamu jual. Misalnya jika kamu menjual makanan khas Jawa, kamu bisa menggunakan nama-nama yang juga berkaitan dengan bahasa Jawa. 

    Setelah memilih nama, tetapkan strategi branding mulai dari logo, desain, slogan, kemasan produk, dan lain-lainnya. Tujuannya adalah agar semua elemen usaha catering kamu mulai dari produk, kemasan, hingga komunikasi ke pelanggan semuanya selaras dan memiliki ciri khas. 

    Tetapkan Harga

    harga produk

    Selanjutnya tetapkan harga catering yang akan kamu jual. Biasanya menu catering ditawarkan dalam bentuk paket harian, mingguan, ataupun bulanan. Paketnya juga bisa terdiri dari makanan utama, snack, minuman, dan makanan penutup. 

    Kamu bisa menyusun paket semenarik mungkin dengan memadukan berbagai macam menu yang cocok satu sama lain. Tentukan harga tiap paket yang akan kamu jual. Untuk paket mingguan dan bulanan bisa kamu tawarkan dengan harga yang lebih murah sehingga orang-orang tertarik untuk mengambil paket yang lebih besar. 

    Lakukan Promosi 

    promosi media sosial

    Setelah usaha catering sudah siap dijalankan, jangan lupa untuk melakukan promosi sehingga jangkauan cateringmu semakin luas. Kamu bisa mempromosikan bisnis catering melalui berbagai channel mulai dari brosur, membuat akun media sosial dan membagikan konten-konten menarik, beriklan, dan sebagainya. Bahkan kemasan produk juga bisa menjadi bentuk dari promosi. Caranya adalah dengan mencantumkan nama dan nomor telepon usaha catering kamu sehingga apabila konsumen yang sudah membeli ingin kembali melakukan pemesanan, mereka bisa langsung menghubungi kamu. 

    Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner

    Jaga Kualitas Makanan dan Pelayanan 

    kirim barang

    Yang juga tidak boleh dilupakan adalah untuk selalu menjaga dan mengontrol kualitas makanan maupun pelayanan dari bisnis catering. Apalagi kesegaran makanan memiliki jangka waktu tertentu. Apabila tidak dikontrol dengan baik, kondisi makanan bisa tidak optimal saat diterima pelanggan.

    Agar kepuasan konsumen bisa tetap terjaga, kamu juga perlu memikirkan bagaimana cara mempersiapkan makanan dan pengiriman hingga sampai di tangan pelanggan. Salah satu cara efektif dan efisien baik dari segi biaya maupun waktu yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan jasa pengiriman instan seperti Lalamove. 

    Karena pilihan armadanya beragam, kamu bisa memilih pengiriman sesuai dengan kebutuhan pesanan catering. Saat pesanan sedang banyak, kamu bisa menggunakan fitur multi-stop sehingga bisa mengirimkan banyak pesanan ke beberapa titik dalam sekali order. Untuk pengiriman menggunakan kendaraan bermotor, kamu bisa menggunakan layanan Lalabag sehingga suhu makanan masih hangat saat diterima pelanggan. Pengiriman yang tepat waktu akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen sehingga usaha cateringmu bisa cepat berkembang!

     

    Butuh Pengiriman untuk Usaha Catering?

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Nasi Kapau Juragan Penuhi Permintaan Konsumen Lewat Pengiriman Terjadwal

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    September 18, 2020

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    Menjalankan bisnis termasuk juga bisnis online bukan hanya soal berjualan produk. Di dalamnya ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi

    September 15, 2020

    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi

    Pasar e-commerce Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2022, diprediksi nilai pasarnya bisatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Bagaimana Tren Bisnis Kuliner Pasca Pandemi? Ini 7 Prediksi Perubahannya

    September 8, 2020

    Bagaimana Tren Bisnis Kuliner Pasca Pandemi? Ini 7 Prediksi Perubahannya

    Adanya pandemi membuat pola konsumsi masyarakat berubah, termasuk juga dalam membeli makanan. Restoran dan kafe harus membatasi jumlah pengunjung.true

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online
    September 18, 2020
    Pengiriman Lalamove Bantu Omah Wulangreh Kurangi Penggunaan Plastik Sekaligus Hemat Biaya
    September 17, 2020
    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi
    September 15, 2020
    Jasa Ekspedisi Berkualitas Dukung Distribusi Makanan Sehat Nutragen dengan Aman
    September 11, 2020
    Ingin Memulai Usaha Catering, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
    September 10, 2020

    BARUSLETTER