Pengiriman Bisnis

6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

featured image

Menjalankan bisnis termasuk juga bisnis online bukan hanya soal berjualan produk. Di dalamnya ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis online, salah satunya kualitas pelayanan. 

Kualitas pelayanan yang buruk bisa membuat konsumen kecewa dan akhirnya tidak mau kembali berbelanja. Akibatnya, Anda bisa kehilangan pelanggan dan pendapatan bisnis online jadi tidak optimal. Maka itu, kualitas pelayanan harus terus dijaga dan ditingkatkan agar pelanggan merasa dilayani dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang memuaskan. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis, yaitu sebagai berikut.

Akses Pelayanan yang Mudah Dijangkau

kualitas pelayanan

Pertama-tama, pastikan layanan pelangganmu mudah diakses oleh konsumen. Apabila konsumen kesulitan menghubungi kamu, mereka bisa merasa kurang mendapatkan pelayanan yang responsif. Maka itu, pastikan kamu memiliki layanan yang mudah dijangkau. 

Apabila memungkinkan, gunakan beberapa platform untuk layanan pelanggan, misalnya di Whatsapp, DM Instagram, marketplace, Facebook, dan sebagainya. Dengan hadir di berbagai platform, kamu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan.

Memberikan Respons yang Cepat dan Personal

ai-chatbot-smart-digital-customer-service-application-concept_31965-6645

Sebagian besar konsumen mengaku bahwa mereka akan lebih cenderung untuk membeli suatu produk apabila brand responsif. Maka itu, kecepatan respons juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai konsumen malah beralih ke kompetitor karena respons Anda lambat.

Selain cepat, sebaiknya juga berikan respons yang personal alih-alih respons otomatis atau template. Respons template bisa digunakan untuk beberapa situasi, misalnya saat konsumen ingin membeli produk. Namun, hindari terlalu sering memberikan respons template. Pelanggan tentu akan lebih senang apabila merasa dilayani dan diperhatikan secara langsung.

Memberikan Jawaban atau Solusi yang Tepat

kualitas pelayanan

Bukan hanya soal respons yang cepat, Anda juga harus bisa memberikan jawaban atau solusi yang tepat atas kendala atau pertanyaan konsumen. Berikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Artinya, Anda juga harus benar-benar memahami produk yang dijual sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan produk. 

Melakukan Follow Up

kualitas pelayanan

Usai masalah terselesaikan atau konsumen telah melakukan transaksi, bukan berarti komunikasi antara Anda dan konsumen selesai. Apabila terjadi masalah, lakukan follow up kembali dengan konsumen untuk memastikan bahwa masalah benar-benar telah teratasi dan konsumen merasa puas dengan kualitas pelayanan yang didapat.

Apabila konsumen telah menyelesaikan transaksi, pastikan bahwa mereka telah menerima barang yang mereka pesan.

Sediakan Ruang untuk Feedback

Feedback dari pelanggan penting untuk mengembangkan bisnis online. Maka itu, pastikan Anda menyediakan ruang bagi pelanggan untuk memberikan feedback, misalnya dengan menanyakan tanggapan mereka setelah menerima produk atau meminta masukan dari mereka.

Bisa juga dengan mengadakan survei kecil-kecilan. Dari feedback yang Anda dapat, Anda bisa menggunakan feedback positif sebagai testimoni sehingga calon pembeli pun semakin percaya. 

Pengiriman yang Cepat dan Aman

Terakhir, pastikan Anda bisa memberikan jaminan bahwa barang akan cepat sampai dalam kondisi yang aman. Kualitas pengiriman juga merupakan bagian dari kualitas pelayanan yang baik. Semakin cepat barang sampai, pelanggan pun akan semakin puas. 

Gunakan jasa pengiriman yang mampu memfasilitasi pengiriman yang efisien, serta menjaga keamanan barang. Jangan sampai barang sampai dengan cepat tetapi malah diterima dalam keadaan rusak. Hal ini merupakan salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh bisnis online

Oleh karena itu, Lalamove berupaya untuk membantu para pelaku UMKM termasuk bisnis online dengan menyediakan pengiriman yang cepat, aman, dan berkualitas. Fitur real-time tracking Lalamove memungkinkan pebisnis melacak pengiriman sehingga bisa memberikan update kepada konsumen. Hubungan antara pelaku bisnis dan pelanggan pun bisa terjalin dengan baik.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis Anda dengan Lalamove!

Daftarkan Bisnismu Sekarang

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis

Read more

Allura Florist: Lalabag & Pilihan Armada Bantu Pengiriman Bunga

Dimulai dari hobi merangkai bunga, bisnis bunga online Allura Florist kini menjual berbagai jenis...

5 Tips Pengemasan Untuk Bisnis Frozen Food yang Perlu Kamu Ketahui

Bisnis frozen food merupakan salah satu bisnis yang sedang populer dan kian diminati. Teknologi...

-->

Siap melakukan pengiriman?

Download Lalamove sekarang dan lakukan pengiriman ke berbagai tempat.