Pengiriman Bisnis

10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis

featured image

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis adalah dengan meningkatkan penjualan. Dengan penjualan yang meningkat, bisnis pun bisa semakin berkembang dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Namun, menjaga kekonsistenan agar penjualan terus meningkat tidak selalu mudah. Terkadang ada cara yang berhasil, ada juga yang tidak. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi ketika meningkatkan penjualan bisnis, mulai dari platform yang digunakan, harga, model bisnis, pelayanan, dan banyak lagi. Berikut beberapa cara meningkatkan penjualan bisnis. 

 

Daftar Isi

1. Perkuat Brand
2. Perluas Platform Penjualan
3. Buat Konten
4. Berikan Promo & Penawaran
5. Periksa Kembali Harga
6. Berikan Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam
7. Jaga Loyalitas Pelanggan
8. Tampilkan Review
9. Beriklan
10. Beri Pelayanan Terbaik

Perkuat Brand

meningkatkan penjualan bisnis

Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan memperkuat branding. Brand merupakan identitas dari bisnis Anda. Dengan branding yang kuat, konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengingat brand Anda. Selain itu, brand yang kuat juga membantumu untuk bisa bersaing dengan kompetitor. 

Untuk memperkuat brand, pastikan elemen-elemen brand Anda mulai dari logo, visual, warna, slogan, dan lain-lainnya sesuai dengan karakteristik atau citra yang ingin kamu bangun maupun dengan target audiens Anda. 

Baca Juga: 9 Strategi Bersaing Agar Bisnismu Unggul dari Kompetitor

Perluas Platform Penjualan

meningkatkan penjualan bisnis

Semakin luas jangkauan bisnis, semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda. Artinya, semakin tinggi juga kemungkinan penjualan Anda meningkat. Untuk memperluas jangkauan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak platform penjualan.

Kenapa? Karena mungkin saja beberapa orang yang masuk ke dalam target audiens Anda tidak menggunakan platform penjualan yang Anda gunakan, misalnya Anda berjualan di media sosial, bisa saja orang-orang yang mencari produk yang Anda jual tidak bermain media sosial sehingga mereka tidak tahu mengenai bisnis Anda. 

Supaya Anda bisa menjangkau mereka, Anda bisa memperbanyak platform penjualan, misalnya dari yang tadinya hanya berjualan di media sosial kemudian juga berjualan di marketplace. Dari sana, Anda bisa menjangkau lebih banyak target konsumen atau bahkan menemukan target audiens yang baru.

Dalam memanfaatkan berbagai platform penjualan, Anda juga perlu mempelajari karakteristik dari platform tersebut, misalnya Anda berjualan di marketplace, Anda harus tahu kategori produk apa yang biasanya dibeli orang lewat marketplace tersebut. Jika Anda berjualan lewat Instagram, Anda perlu setidaknya memahami algoritmanya sehingga penjualan bisa optimal.

 

Buat Konten 

cara meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan, Anda tidak harus selalu membicarakan atau menjual produk secara langsung. Anda bisa menarik perhatian target konsumen lewat konten yang menarik. Hal ini terutama penting jika Anda berjualan lewat media sosial dan website.

Salah satu faktor yang dilihat orang sebelum mengikuti suatu toko online dan membeli barangnya adalah konten dari bisnis tersebut. Apakah kontennya baik dari segi visual maupun isinya, menarik, atau bermanfaat? Dengan membagikan konten yang menarik, orang akan terdorong untuk melihat-lihat konten Anda yang lain atau mencari tahu lebih lanjut soal bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik bagi target konsumen? Anda bisa mempertimbangkan kira-kira konten seperti apa yang relevan dengan target audiens dan masih berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya Anda menjual pakaian perempuan, Anda bisa membagikan cara-cara memadukan pakaian yang Anda jual untuk berbagai tipe style.

 

Berikan Promo & Penawaran

cara meningkatkan penjualan bisnis

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan promo dan penawaran. Agar target konsumen Anda lebih tertarik, Anda bisa berikan batas waktu pada promo sehingga tingkat urgensi lebih tinggi.

Ada banyak tipe promo yang bisa Anda berikan, mulai dari promo untuk first-time shopper, buy 1 get 1, cashback, diskon, bundling, dan sebagainya. Anda juga bisa menerapkan upselling dan cross-selling.

Upselling adalah strategi untuk mendorong konsumen agar membeli model yang lebih mahal atau fitur tambahan dari produk yang ingin dibeli. Misalnya, jika Anda menjual rice bowl, Anda bisa menawarkan kepada calon pembeli untuk menambah bumbu atau telur. 

Sementara cross-selling adalah strategi untuk mendorong konsumen membeli produk tambahan yang berkaitan dengan produk yang ingin dibeli. Misalnya, jika Anda menjual laptop, Anda bisa tawarkan kepada konsumen untuk sekalian membeli tas atau screen protector.

Periksa Kembali Harga

cara meningkatkan penjualan bisnis

Jika penjualanmu stagnan, kamu bisa memeriksa kembali harga barang yang kamu jual. Apakah sudah sesuai dengan yang dijual di pasaran? Jika terlalu mahal, orang akan ragu untuk membeli dan akhirnya beralih ke kompetitor. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu murah orang akan khawatir dengan kualitas produk yang akan mereka terima.

Jika terlalu mahal, kamu bisa menawarkan produk serupa dengan harga yang lebih murah, misalnya dengan menawarkan ukuran produk yang lebih kecil. Jika terlalu murah, kamu bisa menaikkan harga sembari menginfokan kepada konsumen mengenai kualitas dan manfaat dari produkmu agar mereka tetap tertarik.

 

Berikan Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam

Beautiful asian woman using smartphone buying online shopping Free Photo

Agar pengalaman berbelanja konsumen nyaman dan lancar, Anda bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Terkadang ada konsumen yang tidak jadi melakukan transaksi karena metode pembayarannya tidak sesuai dengan yang biasa dipakai. Sangat disayangkan, bukan?

Dengan menawarkan metode pembayaran yang beragam, Anda bisa lebih menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan kebiasaan konsumen. Apalagi, sejumlah aplikasi pembayaran online menawarkan poin untuk tiap transaksi yang dilakukan. Konsumen jadi bisa lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Jaga Loyalitas Pelanggan

cara meningkatkan penjualan

Selain menarik pelanggan baru, pelanggan yang sudah ada juga perlu Anda perhatikan. Anda bisa menerapkan berbagai strategi untuk menjaga loyalitas pelanggan. Misalnya, dengan membagikan info mengenai promo terbaru atau paket spesial kepada mereka.

Anda bisa membuat promo spesial khusus pelanggan lama supaya mereka betah berbelanja dengan Anda. Anda juga bisa follow up setelah mereka selesai bertransaksi. Dari sana, Anda bisa mendapatkan masukan berharga untuk mengembangkan bisnis.

Tampilkan Review

cara meningkatkan penjualan

Salah satu aspek yang diperhatikan calon pembeli saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu adalah rating dan review. Dengan memiliki review yang bagus, konsumen akan lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual. Apalagi beberapa platform penjualan khususnya marketplace memungkinkan penggunanya untuk melihat produk berdasarkan ulasan. 

Selain bisa meyakinkan konsumen, ulasan juga menunjukkan keterbukaan dan kejujuran Anda sebagai penjual. Maka itu, setelah transaksi selesai Anda bisa meminta konsumen untuk memberikan review mereka. Tampilkan review atau testimoni tersebut pada platform penjualan yang kamu gunakan. 

Beriklan

cara meningkatkan penjualan

Jika Anda memiliki modal lebih, tidak ada salahnya untuk memasang iklan pada platform penjualan. Dengan beriklan, toko Anda akan lebih terekspos dan menjangkau lebih banyak orang. Terlebih lagi, banyak platform penjualan yang sudah memungkinkan penjual untuk menyesuaikan iklan mereka dengan target audiens.

Agar iklan efektif, gunakan kata-kata dan visual yang menarik rasa penasaran. Anda bisa menonjolkan manfaat dari produk ataupun membagikan promo pada iklan.

Beri Pelayanan Terbaik

cara meningkatkan penjualan

Pada akhirnya, pelayanan menjadi faktor penting sebagai cara meningkatkan penjualan bisnis. Pelayanan di sini mencakup banyak hal, mulai dari kecepatan membalas chat, gaya komunikasi yang ramah dan sopan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, jaminan, dan banyak lagi. Lewat pelayanan yang berkualitas, Anda juga bisa jadi lebih unggul dari kompetitor sehingga pembeli lebih memilih untuk berbelanja dengan Anda. 

Anda bisa menjaga kualitas pelayanan dengan memberi kepastian waktu pengiriman, kapan barang dikirim dan kapan barang sampai. Di Lalamove, Anda bisa melakukan pengiriman barang dengan instan sehingga pembeli bisa mendapatkan barang yang mereka pesan dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa melacak pengiriman secara real-time sehingga konsumen pun merasa aman saat memesan barang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda pun bisa mengoptimalkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Jangan lupa juga untuk mengevaluasi kinerja bisnis secara berkala sehingga kamu bisa terus berinovasi.

Tingkatkan Penjualanmu Bersama Lalamove Sekarang!

Daftarkan Bisnismu Sekarang

Baca Juga: 7 Hambatan dan Tantangan yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

Read more