Tips Pengiriman Dokumen Penting dan Rahasia

Dokumen penting dan rahasia harus sampai di tempatnya pada waktu yang telah ditentukan, tentunya dengan proses yang cepat dan tanpa ribet. Dokumen penting juga wajib sampai dengan utuh atau kamu akan kebingungan sendiri dengan hal – hal buruk yang akan terjadi.

Sebelumnya, apa kamu sudah tahu apa itu dokumen penting dan rahasia?

Dokumen penting adalah dokumen yang mengandung informasi ataupun data rahasia, memiliki nilai dan dapat direplikasi. Jika dokumen – dokumen seperti ini hilang ataupun tersebar luas ke khalayak ramai akan menjadi sangat berbahaya untuk berbagai pihak yang terlibat karena informasi yang terkandung dalam dokumen tersebut bisa saja berupa data tentang sebuah perusahaan, konsumer, partner ataupun vendor.

 

Sudah tahukan apa itu definisi dari dokumen penting dan rahasia!
Saatnya kamu cari tahu contoh dari dokumen penting dan rahasia. Sebenarnya dokumen penting dan rahasia itu mencakup arti dan bentuk yang luas. Namun, berikut adalah contoh dari dokumen penting dan rahasia yang biasa perlu untuk berpindah lokasi dan tentunya dapat dikirim oleh Lalamove:

 

1. Faktur (Invoice)

Faktur , tagihan atau invoice atau kamu mengenalnya dengan istilah lain adalah dokumen atau surat penting dan rahasia yang digunakan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana faktur itu berisi rincian dari produk atau layanan yang berikan. Meskipun di era yang serba digital ini sudah ada faktur elektronik (e-invoice), namun biasanya dokumen seperti ini tetap perlu berpindah tempat karena perusahaan memerlukan rekapan fisik dari dokumen untuk melakukan pembayaran atau untuk keperluan pembukuan.


2. Proposal

Proposal atau rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk kegiatan yang bersifat formal. Karena proposal merupakan usulan kegiatan yang memerlukan dukungan atau persetujuan pihak lain. Tentunya, proposal mengandung informasi penting dari berbagai hal yang menyangkut rencana dari perusahaan tertentu yang dapat dengan mudah direplikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Proposal juga biasa berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk karena dokumen ini biasanya memerlukan persetujuan dari beberapa pihak.

 

3. Persetujuan

Persetujuan memiliki arti yang cukup luas. Namun karena kali ini konteksnya adalah dokumen, dokumen merupakan perjanjian khusus yang dipergunakan untuk mengatur hal – hal bersifat teknis, administratif dan mengikat pihak yang terlibat. Biasanya dokumen ini berpindah tempat demi keperluan administratif sebuah institusi atau proyek yang akan ataupun sedang berjalan.

 

4. Surat Jalan

Surat jalan adalah surat penting yang digunakan untuk menyatakan keberadaan suatu barang dan sifatnya wajib disertakan dengan pemindahan suatu barang ke tempat lain. Nah, gunanya saja untuk menyatakan pemindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain, jadi dokumen ini pasti sering berpindah.

 

Dokumen – dokumen ini adalah sedikit contoh dari dokumen yang sering berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Pemindahan dokumen ini terutama untuk jarak yang jauh pasti memerlukan pengiriman, tapi bukan pengiriman yang asal – asal. Sifatnya saja sudah penting dan rahasia oleh karena itu yang perlu ketahui untuk melakukan pengiriman dokumen tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Percayakan dengan driver profesional

Driver profesional adalah driver yang terlatih secara khusus oleh tim handal untuk menangani berbagai jenis barang, termasuk dokumen dan surat penting.

 

2. Beralih ke pengiriman yang lebih efisien

Efisien pengiriman dokumen harus hadir dari berbagai aspek. Harga dan kecepatan pengiriman adalah aspek yang biasa paling sering kita perhatikan. Oleh karena itu, istilah ini sering dengar β€˜semakin cepat semakin baik’ dan β€˜semakin hemat biaya semakin baik’. Solusinya adalah on-demand delivery dimana kamu dapat mendapatkan pengemudi dimanapun dan kapanpun tanpa perlu mempekerjakan kurir in-house serta kecepatan dan kemudahan pengiriman yang sudah terpercaya. Pengiriman jenis ini sudah dilakukan Lalamove sejak dari beberapa tahun belakang dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya.

 

3. Inovasi yang sesuai dengan kebutuhan

Inovasi itu bisa dalam berbagai bentuk, pada aplikasi ataupun platform pengiriman biasanya inovasi itu hadir dalam bentuk fitur. Fitur lengkap sangatlah penting untuk pengiriman dokumen, contohnya fitur pulang pergi atau istilah bekennya Round Trip. Dengan fitur ini kamu dapat melakukan pengiriman tidak hanya ke satu tempat, namun driver dapat melakukan perjalanan dari titik penjemputan ke titik pengiriman, setelah itu dilanjutkan ke titik awal. Surat jalan adalah contoh dokumen yang biasa memerlukan fitur ini, apalagi surat jalan sering disertakan dalam pengiriman barang dan juga dokumen penting. Nah, inovasi seperti ini lah yang membuat Lalamove berhasil membedakan layanan yang disediakan dengan platform yang sudah ada.

 

Cukup panjang yah penjelasannya, padahal hanya mengenai pengiriman dokumen yang sifatnya penting dan rahasia. Kamu gamau kan menghadapi masalah karena terjadi kendala dengan pengiriman dokumen seperti ini. Tapi, sekarang kamu sudah tahu tips dan solusinya.

 

Tunggu apa lagi?  

Lalamove-in Sekarang

LALAMOVE INDONESIA BLOG - KEBERHASILAN BISNIS DI ASIA

Baca artikel ringan, panduan, wawasan seputar bisnis dan logistik serta analisis tentang O2O, E-commerce, Makanan & Minuman, Ritel, Startup, Pengiriman, dan masih banyak lagi!

Jangan menjadi orang asing, mari berbagi cerita & pertanyaan Anda dengan kami di:  editor@lalamove.com

Posting terbaru

Berlangganan Sekarang

Terima tips dan kabar terbaru