Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Mamo Evan, Dari Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jadi Bisnis Makanan Rumahan

    Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk dari keluarga. Sylvia Prihantini awalnya merupakan ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis makanan rumahan, Mamo Evan. Bisnis tersebut dimulai dari hobinya yang suka mencoba berbagai resep untuk camilan anak dan suami. Namun karena hasil masakan terkadang ada sisa, akhirnya Ibu Sylvia membagikannya ke teman-teman.

    Dari sana, ternyata masakan dari Ibu Sylvia mendapatkan tanggapan yang baik. Akhirnya Ibu Sylvia pun mulai mencoba untuk memasarkan usaha makanannya. Kini, Ibu Sylvia menjual berbagai jenis makanan rumahan mulai dari nasi box, snack box, hingga kue. Untuk terus meningkatkan skill dan menambah ilmu, Ibu Sylvia pun secara berkala mengikuti berbagai kelas baking.

     

    Perjalanan Bisnis, Dari Sampingan Hingga Jadi Penghasilan

    bisnis kue

    Bisnis Mamo Evan pertama kali dimulai pada awal September 2014. Awalnya, varian yang ditawarkan masih sedikit. Pemasarannya pun hanya dilakukan dari mulut ke mulut dan mengandalkan testimoni. 

    Saat itu, Ibu Sylvia masih bekerja. Namun orderan yang diterima semakin banyak. Ibu Sylvia pun harus membagi waktu antara bekerja dan menjalankan bisnis. Alhasil tidak semua order bisa diterima. Akhirnya pada tahun 2019 Ibu Sylvia memutuskan untuk resign dan fokus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

    Tidak sampai di situ, Ibu Sylvia juga menyadari pentingnya peran media sosial dalam menjalankan bisnis saat ini. Foto-foto makanan buatannya ia unggah dan disebarkan lewat akun Instagram bisnisnya. Bahkan Ibu Sylvia sempat mengikuti kelas fotografi untuk meningkatkan kualitas foto produknya. Selain itu, untuk memperluas jangkauan Ibu Sylvia juga memanfaatkan fitur ads pada Instagram dan mengadakan giveaway untuk menarik pelanggan.

    Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner

    Tantangan dalam Menjalankan Bisnis

    nasi tumpeng

    Menjalankan bisnis tidak akan lepas dari yang namanya tantangan. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Ibu Sylvia adalah menjaga kualitas produk dan menghadirkan varian makanan yang harus terus diperbarui. Dibutuhkan kreativitas untuk bisa membuat variasi produk yang sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Belum lagi Ibu Sylvia harus bisa memastikan tiap produk yang dibuat memiliki standar kualitas yang sama dan memuaskan. 

    Selain itu, adanya pandemi juga menjadi tantangan lain bagi Ibu Sylvia. Karena acara dan pesta tentunya berkurang, otomatis order pun ikut berkurang. Untuk mengatasi ini, Ibu Sylvia menambahkan produk lain yaitu catering rumahan. Setelah mengembangkan produk baru, Ibu Sylvia mulai menawarkannya ke pelanggan-pelanggannya dan ternyata cateringnya pun mendapat respons yang positif.

    Pengiriman Lebih Cepat & Aman dengan Lalamove

    pengiriman barang

    Dengan bertambahnya order, kebutuhan bahan dan pengiriman pun ikut meningkat. Pengiriman yang awalnya bisa dilakukan sendiri semakin lama semakin sulit untuk ditangani seorang diri karena sibuk melayani dan membuat orderan. 

    ibu Sylvia kemudian mengenal Lalamove dari teman sesama pelaku usaha makanan di media sosial. Dari sana, Ibu Sylvia mulai mengandalkan jasa pengiriman Lalamove untuk mengantarkan makanannya ke pembeli. “Drivernya banyak, bisa menjaga kualitas juga, jadi lebih sering pakai Lalamove. Apalagi untuk kirim-kirim makanan, kalau motor kan ada bag-nya jadi lebih aman,” ungkap Ibu Sylvia. 

    Untuk mengirimkan catering harian, Ibu Syvia menggunakan armada motor serta Lalabag untuk menjaga keamanan makanan saat pengiriman. Sementara untuk mengirim makanan yang berukuran lebih besar seperti tumpeng, pilihan armada mobil Lalamove yang beragam menjadi andalan.

    Siapapun bisa memulai bisnis, termasuk juga ibu rumah tangga. Dengan kerja keras dan usaha serta keinginan untuk belajar dan berkembang, kreativitas, serta partner yang tepat, kamu pun bisa mengoptimalkan bisnismu.

     

    Majukan Bisnis dengan Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    January 3, 2021

    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021

    Tahun 2020 membawa banyak dampak dan perubahan dalam banyak aspek, salah satunya dalam ekosistem bisnis. Perilaku berbelanja dan kebutuhan konsumentrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    December 27, 2020

    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    Adanya pandemi menciptakan perubahan dalam ekosistem bisnis. Transaksi beralih dari offline ke online. Prioritas konsumen pun berubah. Disrupsi initrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021
    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021
    December 27, 2020
    Ada Acara Tukar Kado? Berikut 7 Ide Hadiah Natal yang Sederhana Namun Berkesan
    December 22, 2020
    Mamo Evan, Dari Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jadi Bisnis Makanan Rumahan
    December 21, 2020

    BARUSLETTER