Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Laundry

    Bisnis Laundry mungkin terlihat gampang. Pakaian kotor yang datang dari pelanggan, keluar dari dalam keadaan bersih. Terlihat gampang yah, namun ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membangun laundry komersial yang sukses.

    Skala kecil maupun besar,  perhatikun tips berikut untuk menjalankan bisnis laundry yang sukses.

    Perhatikan Biaya dari Penggunaan Sumber Daya

    hemat biaya, jaga lingkungan - blog pengiriman laundry lalamove

    Biaya air mewakili lebih dari 50% biaya operasional pada bisnis laundry. Selain itu, biaya untuk penggunaan energi juga dapat menjadi pengeluaran yang besar untuk pemilik bisnis laundry.

    Membatasi penggunaan air dan energi tentunya dapat membantu bisnis laundry menghemat biaya. Membatasi 80% penggunaan air dan energi dapat membantu Anda menghemat jutaan rupiah dalam setahun. Tak hanya itu, Anda juga menjaga kontinuitas suplai dari pasokan air setempat dan menjaga efek penggunaan energi yang dapat berdampak buruk pada lingkungan.

     

    Cegah Downtime

    no downtime - blog pengiriman laundry lalamoveSumber pendapatan bisnis laundry dapat terkedala kendala karena hambatan dalam peralatan dan suplai laundry. Di bisnis laundry, Anda sebaiknya terus bersiap untuk berbagai kendala yang dapat muncul seperti maintenance peralatan yang perlu dilakukan secara teratur dan terus menjaga suplai cairan pencuci (deterjen, pemutih, pengharum, dll.) lebih dari cukup. Perhatikan peralatan yang sudah tidak memiliki garansi dan bersiap dengan jasa reparasi lokal yang terdekat yang dapat segera membantu Anda. Lakukan apapun yang dapat mencegah downtime.

     

    Berikan Inovasi Layanan yang Menarik

    inovasi bisnis laundry - blog pengiriman laundry lalamoveMemperluas basis pelanggan dapat menjadi susah untuk bisnis yang bergantung dengan lokasi. Bahkan dengan adanya layanan pengiriman yang dapat menjangkau pengguna dari berbagai lokasi, namun pelanggan tetap cenderung untuk memilih layanan tergantung batasan geografis khusus - sehingga hal ini memberikan potensi pelanggan yang terbatas.

    Jelas sekali jawaban dari masalah ini adalah untuk membuka lokasi lebih banyak, namun membuka lokasi / cabang lebih banyak dapat memakan modal yang biaya operasional yang tinggi. Hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan revenue dari bisnis laundry dan memperluas basis pelanggan Anda adalah sebagai berikut;

    - Layanan laundry on-demand
    - Fitur penjadwalan
    - Layanan pick-up laundry dan pengiriman
    - Pilihan untuk kecepatan servis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
    - Layanan khusus (Dry Cleaning, Sepatu, Boneka, dll).
    •  

    Temukan hal yang sesuai dengan bisnis Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, Anda juga dapat memberikan kesan baik kepada pelanggan dengan servis berkualitas. Pelanggan yang puas tentunya akan kembali menggunakan jasa Anda dan mempromosikan bisnis anda melalui word-of-mouth.

     

    Mendelegasikan Logistik kepada 3PL yang Terpercaya

    lalamove third party logistics - blog pengiriman laundry lalamoveUntuk menghadirkan jasa laundry on-demand tentunya Anda membutuhkan jasa logistik yang efisien dan terpercaya untuk mendukung operasional bisnis Anda. Penggunaan third party logistic bertujuan untuk memudahkan pengelolaan pick-up & delivery bisnis laundry anda, efisiensi biaya.

    Pahami betul fitur yang dihadirkan oleh penyedia logistik agar sesuai dengan bisnis yang laundry kelola. Jika Anda menyediakan penjadwalan pada servis laundry, alangkah lebih baik untuk menggunakan jasa penyedia logistik yang memiliki fitur penjadwalan yang sudah built-in dengan sistemnya. Anda juga dapat memenuhi permintaan pick-up dan delivery dari pelanggan - pelanggan yang tersebar di suatu lingkup daerah dengan third party logistic yang memiliki layanan multi-stop sehingga kurir dapat melakukan pick-up dan delivery ke beberapa tempat dalam estimasi waktu yang sudah Anda tentukan.

     

    Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk fixed cost setiap bulannya seperti cicilan kendaraan, asuransi dan upah pengemudi. Selain fixed cost, Anda harus berhati - hati dengan hidden cost seperti biaya pemeliharaan kendaraan, bahan bakar, pajak kendaraan yang fluktuatif. Tidak hanya fluktuatif, terkadang kita tidak memprediksikan biaya ini sehingga kita hanya memperhitungkan biaya yang terlihat saja yang biasa dikenal dengan efek gunung es (iceberg effect).

     

    Oleh karena itu, mulailah untuk mencari opsi third party logistic yang sesuai dengan bisnis Anda. Seperti Lalamove yang menghadirkan pengiriman yang fleksibel dengan fitur - fitur yang dapat Anda sesuaikan kebutuhan pengiriman bisnis Anda. Kamu juga dapat merasa tenang dan lebih fokus untuk mengembangkan bisnis laundry Anda karena telah mendelegasikan hampir seluruh operasional ke third party logistic ‘Lalamove’ yang siap memberikan solusi yang tepat dan menangani semua isu terkait dengan logistik.

     

    Cari Tahu Sekarang

     

    Di Bulan Kemerdakaan ini (1 - 31 Agustus 2018)
    Ada promo spesial buat kamu pengguna baru,

     

    *Gunakan Kode Promo

    " MERDEKA "

    untuk dapatkan GRATIS PENGIRIMAN Rp. 50RB

    *Khusus Pengguna Baru | Sekali Pakai

    Bagikan ini di

    Hogan Parulian, Lalamove Indonesia

    posting terkait

    On demand delivery

    5 Tips Mudah Merawat Tas Kamu

    November 15, 2019

    5 Tips Mudah Merawat Tas Kamu

    Dalam menjaga kondisi barang yang kamu sering pakai, biasa kita melupakan tas dibanding dengan handphone dengan sepatu. Tas merupakan salah satutrue

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    Cara Membersihkan Sneakers Kamu

    October 24, 2019

    Cara Membersihkan Sneakers Kamu

    Apapun lifestyle kamu, sepatu kamu pasti akan kotor. Untungnya dengan dibersihkan, debu dan kotoran yang menempel dapat hilang sehingga sepatutrue

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    Tips Pindahan Rumah agar jadi Lebih Mudah!

    October 11, 2019

    Tips Pindahan Rumah agar jadi Lebih Mudah!

    Pindahan rumah jelas bukan sesuatu yang mudah! Dari pengemasan furnitur dan barang-barang kamu lainnya hingga perencanaan dan melaksanakan pindahan,true

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    Cara menghemat pengiriman dengan kuantitas banyak

    October 8, 2019

    Cara menghemat pengiriman dengan kuantitas banyak

    Mau mengirimkan barang dalam jumlah banyak? Namun kuatir dengan biaya pengiriman yang mahal?

    Biaya pengiriman dapat menjadi tantangan yang besartrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    5 Tips Mudah Merawat Tas Kamu
    November 15, 2019
    Cara Membersihkan Sneakers Kamu
    October 24, 2019
    Tips Pindahan Rumah agar jadi Lebih Mudah!
    October 11, 2019
    Cara menghemat pengiriman dengan kuantitas banyak
    October 7, 2019
    Ketahui Sebelum Kamu Memulai Bisnis Parsel
    September 19, 2019

    BARUSLETTER