Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 5 Cara Mengelola Stok Secara Efektif Bagi Bisnis Ritel

    Dalam menjalankan bisnis, mengelola stok barang merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, baik oleh bisnis kecil maupun besar. Kesuksesan bisnis ritel atau eceran salah satunya ditentukan oleh pengelolaan stok yang tepat. 

    Saat baru memulai bisnis dan jumlah barang masih sedikit, mengelola stok mungkin masih terasa mudah. Namun seiring berkembangnya bisnis dan jumlah stok barang semakin meningkat, mengelola stok bisa menjadi suatu tantangan yang apabila tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan masalah dalam bisnis.

    Bayangkan jika kamu menerima banyak pesanan tetapi ternyata stok habis. Atau sebaliknya, stokmu berlebihan sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal. Maka itu, pebisnis harus mengetahui cara mengelola stok yang efektif. 

    Apalagi menjelang promo 9.9, pengelolaan stok sangat perlu untuk dipersiapkan agar kamu bisa melayani calon pembeli dengan baik. Berikut  beberapa cara mengatasi tantangan dalam mengelola stok bisnis ritel.

     

    Buat Daftar Stok

    Handsome young man working with papers Free Photo

    Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum stok menumpuk adalah membuat daftar stok barang. Melalui daftar tersebut, kamu bisa mengetahui ketersediaan barang, stok mana yang hampir habis dan mana yang masih tersisa banyak. Dari sini kamu juga bisa kemudian menganalisis penjualan bisnismu untuk menyusun rencana ke depannya. 

    Agar lebih mudah, beri label pada barang misalnya dengan menggunakan kode atau label warna. Kelompokkan berdasarkan kategori dan jenisnya. Jangan lupa juga untuk memisahkan stok baru dan stok lama agar tidak tercampur. Sebaiknya keluarkan stok lama terlebih dahulu sampai habis agar tidak terjadi kerugian.

    Atur Tata Letak Penyimpanan Stok

    Woman in post warehouse Free Photo

    Apabila peletakkan stok tidak teratur, kamu akan lebih sulit untuk menemukan barang. Kualitas pelayanan pun bisa menurun akibat lamanya waktu yang diperlukan hanya untuk mencari barang. Masalah ini bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya jenis produk dan jumlah stok.

    Cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengatur lokasi atau penataan tempat penyimpanan stok agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya agar lebih mudah, kamu bisa meletakkan produk yang populer di tempat yang mudah diakses sehingga bisa ditemukan dengan cepat. 

    Memperkiraan Jumlah Permintaan

    Business owner working at home office Free Photo

    Buat perkiraan jumlah stok yang dibutuhkan berdasarkan laporan penjualan sebelum-sebelumnya. Kamu juga bisa membuat perkiraan berdasarkan situasi yang ada. Misalnya di tengah pandemi seperti ini, mungkin penjualan mengalami penurunan sehingga stok yang dibutuhkan tidak sebanyak pada biasanya. 

    Dengan melakukan perkiraan, kamu jadi bisa terus memenuhi permintaan pasar yang mungkin mengalami naik turun. Setelahnya, tentukan kapan pembelian barang akan dilakukan agar kamu dapat mengatur manajemen keuangan bisnis dengan efektif.

    Melakukan Quality Control Secara Berkala

    Cardboard box package with blur hand of shopper woman picking product from shelf in warehouse. Premium Photo

    Lakukan stok opname dan pemeriksaan kualitas secara berkala agar ketersediaan maupun kualitas barang terjamin. Bisnis harus bisa menghitung jumlah stok yang tersisa dengan akurat agar tidak terjadi kerugian. Selain itu lakukan juga pengecekan kualitas secara berkala mulai dari saat menerima atau mengambil barang dari pemasok, mengemas, hingga mengirim barang agar kepuasan konsumen terjaga. 

    Perhatikan Tahap Pendistribusian

    cropped_877effaa18e36fa422680730fef486c5

    Terutama bagi bisnis ritel yang memiliki cabang, proses pendistribusian stok merupakan tahap yang tidak boleh diabaikan. Tujuannya tak lain adalah agar jumlah dan kualitas barang di tiap cabang bisa sesuai. Apabila pendistribusian terhambat, kelancaran bisnis pun bisa ikut terdampak.

    Agar pendistribusian baik dari pemasok ke penjual, penjual ke cabang, ataupun penjual ke konsumen berjalan lancar, gunakan jasa pengiriman barang Lalamove yang aman dan terpercaya. Pilihan armada yang beragam memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengiriman dengan kebutuhan bisnis ritel. Selain itu, kamu juga bisa melacak pengiriman secara real-time melalui aplikasi dan website sehingga menjalankan bisnis jadi lebih tenang. 

     

    Buat Proses Pendistribusian Bisnismu Lebih Mudah

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: 7 Fitur Jasa Pengiriman Ini Dapat Membantumu Menjalankan Bisnis Online

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    November 5, 2020

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    Belakangan ini muncul hobi-hobi baru akibat pandemi, salah satunya berkebun dan bercocok tanam. Banyak orang yang membeli tanaman baik untuk dekorasitrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    October 23, 2020

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    Pengiriman barang menjadi esensial dalam kehidupan banyak orang. Dalam seminggu, kamu mungkin sudah mengirim atau menerima barang setidaknya sekali,true

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

    October 18, 2020

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

    Saat berbelanja, kita tanpa sadar melalui beberapa pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Ada banyak haltrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun
    November 13, 2020
    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman
    November 5, 2020
    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!
    October 27, 2020
    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu
    October 23, 2020
    Bagaimana Lalabag & Armada Lalamove yang Beragam Membantu Pengiriman Bunga Allura Florist
    October 20, 2020

    BARUSLETTER