Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Cara Pengemasan Makanan Agar Pengiriman Aman dan Tidak Rusak

    Saat ini banyak bermunculan bisnis makanan online. Tak hanya itu, banyak restoran yang harus tutup akibat pandemi juga akhirnya beralih ke penjualan online. Dalam menjalankan bisnis makanan online, faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas makanan adalah pengiriman.

    Menjaga kualitas makanan memang lebih mudah saat pengunjung makan di tempat. Namun saat makanan dikirim, perlu dilakukan beberapa langkah untuk menjamin kualitas dan keamanan makanan. Berikut beberapa tips pengemasan makanan yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pengiriman.

    Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner

     

    Pisahkan Berdasarkan Temperatur

    Chicken rice bento Free Photo

    Saat mengirimkan makanan dengan temperatur yang berbeda, hindari menggabungkannya dalam satu wadah. Ini bisa membuat makanan terlihat jadi kurang menarik dan juga kurang aman. Usahakan untuk menjaga makanan dingin untuk tetap dingin sementara makanan yang hangat tetap hangat selama pengiriman. 

    Misalnya, jika kamu mengirim salad sayur dingin dengan daging ayam hangat, kamu bisa memisahkannya dalam wadah plastik yang berbeda. Dengan demikian, konsumen yang membeli bisa menggabungkannya sendiri saat mereka sudah menerima salad tersebut dan menikmati keduanya.

    jasa ekspedisi

    Pilih Wadah yang Tepat

    Hand holding fresh healthy diet lunch box with vegetable salad on table background. Premium Photo

    Dalam mengirim makanan, kamu harus memastikan bahwa wadah yang kamu gunakan cocok untuk jenis makanan yang kamu kirim. Misalnya untuk makanan panas, kamu bisa menggunakan alumunium foil untuk menjaga makanan tetap hangat. 

    Untuk kue kering, kamu bisa menggunakan toples mika atau plastik sehingga tidak remuk atau rusak. Untuk makanan cair seperti saus, pastikan wadah tertutup rapat untuk menghindari makanan tumpah. Wadah yang tepat bisa menjaga kualitas makanan sehingga makanan tetap segar saat diterima oleh pembeli.

    Hindari Adanya Ruang Sisa

    Different cookies in glass jar on dark surface Free Photo

    Khususnya untuk kamu yang ingin mengirim makanan seperti kue atau makanan kaleng, pastikan tidak ada ruang tersisa dalam wadah. Jika ada celah, makanan bisa terguncang saat pengiriman sehingga kue bisa remuk dan kaleng pun bisa penyok. Maka itu, isi wadah dengan penuh dan padat agar makanan tetap aman. Jika masih ada ruang kosong, isi menggunakan kertas roti atau wadah lainnya yang cukup tebal untuk mencegah makanan terguncang di perjalanan. 

    Jaga Makanan Agar Tetap Aman Sebelum Dikirimkan

    Woman gets out deco with fresh bakery from oven Premium Photo

    Sebelum makanan diambil oleh driver, jaga makanan agar tetap aman terutama jika makanan tersebut sensitif terhadap suhu. Hindari mendiamkan makanan di meja begitu saja saat sedang menunggu driver tiba. 

    Sebaiknya, simpan makanan dingin di kulkas dan makanan hangat di tempat yang aman sehingga makanan tetap dalam kondisi terbaiknya. Baru setelah driver tiba, keluarkan makanan dari tempat penyimpanan dan serahkan kepada driver untuk dikirim.

    Infokan Kepada Konsumen

    Man taking cheese from refrigerator Free Photo

    Untuk jenis makanan tertentu, sebaiknya berikan informasi atau instruksi kepada konsumen mengenai cara penyimpanan yang baik. Misalnya untuk makanan dingin seperti es krim atau yogurt, kamu bisa memberikan instruksi kepada pembeli untuk segera menyimpannya di freezer begitu mereka telah menerimanya. Jadi konsumen bisa menikmati makananmu dengan cara yang tepat. 

    Pilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

    user_ACE04482

    Terakhir, pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan memungkinkan kamu untuk melakukan pengiriman dengan instan. Apalagi temperatur dan waktu menjadi sangat penting dalam pengiriman makanan. Maka itu, pastikan kamu memilih jasa pengiriman barang yang memiliki layanan yang sesuai untuk menjaga suhu makanan dan bisa langsung mengirimkan makananmu ke tempat tujuan tanpa mengirimkan barang-barang lain terlebih dahulu. 

    Di Lalamove, kamu bisa mengirimkan makanan secara aman dan instan. Lalamove juga memiliki Lalabag yang dilengkapi dengan lapisan termal sehingga suhu makanan bisa tetap terjaga hingga sampai di tempat tujuan. Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan pengiriman serta mengirim makanan ke beberapa titik sekaligus lewat fitur multi-stop. Jadi proses pengiriman makananmu dijamin aman.

    Pengiriman menjadi aspek penting untuk mempertahankan bisnis makanan, dan menjaga kualitas makanan menjadi faktor kunci untuk menjaga tingkat kepuasan konsumen. Dengan menggunakan pengemasan serta layanan pengiriman barang yang tepat, kamu bisa menjaga kualitas makanan sekaligus reputasi bisnismu sehingga konsumen tetap senang. 

     

    Kembangkan Bisnis Makananmu Bersama Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    November 5, 2020

    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman

    Belakangan ini muncul hobi-hobi baru akibat pandemi, salah satunya berkebun dan bercocok tanam. Banyak orang yang membeli tanaman baik untuk dekorasitrue

    Baca lebih lajut
    Pengiriman

    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!

    October 27, 2020

    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!

    Terkadang saat memesan barang, kita membutuhkannya secara cepat atau ingin menerima barang tersebut di waktu tertentu. Namun, beberapa bisnis hanyatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    October 23, 2020

    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu

    Pengiriman barang menjadi esensial dalam kehidupan banyak orang. Dalam seminggu, kamu mungkin sudah mengirim atau menerima barang setidaknya sekali,true

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun
    November 13, 2020
    Tips Kirim Tanaman Agar Tetap Segar dan Aman
    November 5, 2020
    Mau Terima Barang Lebih Cepat? Ambil Pakai Lalamove Aja!
    October 27, 2020
    Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Pengiriman Barang untuk Bisnismu
    October 23, 2020
    Bagaimana Lalabag & Armada Lalamove yang Beragam Membantu Pengiriman Bunga Allura Florist
    October 20, 2020

    BARUSLETTER