Pengiriman Instan

Tips Kirim Bunga Agar Tetap Segar di Perjalanan

featured image

Bunga kerap menjadi hadiah atau simbol kasih sayang. Maka tak heran jika buket bunga digunakan untuk banyak moment, mulai dari ulang tahun, anniversary, hadiah pencapaian karier, wisuda, dan lainnya. 

Namun, mengirim bunga perlu perhatian khusus. Terlebih lagi bunga yang akan dikirim melalui proses perjalanan jauh sehingga kesegarannya dapat berkurang. Lantas bagaimana cara kirim bunga tanpa merusak bunga? Berikut ini tips dan cara kirim bunga agar tetap segar di perjalanan.

Tips & Cara Kirim Bunga yang Aman

Umumnya, Anda bisa mengirim bunga melalui toko bunga. Ada banyak rekomendasi toko bunga di Jakarta atau kota-kota lainnya yang dapat diandalkan untuk mengirim bunga. Namun, jika Anda memiliki kemampuan untuk merangkai bunga, tak ada salahnya untuk merangkai sendiri. Namun, mengirim bunga juga perlu perhatian khusus agar kesegarannya tetap terjaga. Berikut ini tips dan cara kirim bunga.

Simpan bunga yang akan dikirim

Hal yang paling penting saat kirim bunga adalah menjaga kesegarannya selama perjalanan dengan menjaga suhu tempat penyimpanan bunga. Suhu yang pas untuk menjaga kesegaran bunga adalah sekitar 1-24 derajat Celcius. Agar suhu tetap stabil, Anda dapat menyimpan bunga dalam penyimpanan khusus seperti showcase ataupun kulkas sebelum dikirim.

Potong bagian batang dan daun bunga

Saat bunga akan digunakan, Anda dapat memotong bagian batang bunga untuk menjaga kesegarannya. Akan lebih baik jika Anda melakukannya saat bunga dicelupkan ke dalam air agar tidak ada udara yang masuk ke dalam batang dan dapat mempercepat bunga menjadi layu.

Selain itu, Anda juga bisa memotong daun dari bunga agar tidak mengundang jamur dan bakteri yang dapat merusak bunga. Hal- hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesegaran dan juga menghemat ruang atau wadah yang digunakan untuk kirim bunga.

Untuk bunga yang belum dirangkai, Anda bisa menggunakan karet gelang untuk mengikat agar tidak tercecer dan bungkus bunga dengan kain serta plastik untuk menjaga kandungan air dalam bunga tidak menguap.

Cara packing bunga sebelum dikirim

Packing bunga ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal penting terkait dengan cara packing bunga sebelum dikirim ke kerabat atau pasangan Anda, seperti berikut ini.

  • Pilih kemasan packing yang tepat. Ada beberapa opsi kemasan yang bisa digunakan untuk membungkus bunga atau tanaman hidup, seperti kardus, karton, koran, atau kotak kayu.
  • Pilih kemasan yang mampu menahan bunga dari guncangan agar tidak berantakan. Selain itu, pilih juga kemasan yang mampu menahan paparan panas, agar bunga tidak rusak atau layu selama di perjalanan. 
  • Hindari kemasan yang membahayakan. Kerap kali tanaman hidup dengan pot kecil dikirim seseorang untuk opening suatu toko atau kantor. Hindari menggunakan kemasan yang membahayakan bunga, seperti plastik yang tidak memiliki pori-pori. Hal ini akan membuat bunga tersekap dan membuatnya lembap dan mudah mati. 

Tips Memindahkan Bunga dengan aman

Agar saat kirim bunga tidak berantakan dalam perjalanan, letakkan posisi bunga dalam keadaan berbaring di dalam wadah yang pas. Wadah yang dapat Anda pilih yaitu wadah karton kardus dan pastikan panjang wadah sama dengan panjang bunga.

Selain itu, bunga segar juga dapat dipindahkan dengan wadah seperti ember yang diisi dengan air agar kesegaran bunga tetap terjaga. Agar ember tidak berpindah posisi, penting untuk meletakkan benda berat untuk menjaga posisi ember. Jaga bunga dalam kondisi yang baik dan jauhkan dari matahari langsung agar bunga tidak cepat layu.

Gunakan Jasa Pengiriman Profesional

Setelah mengetahui tips dan cara kirim bunga tetap segar di perjalanan, Anda juga harus memilih pengiriman yang profesional agar bunga yang dikirim bisa tetap aman sampai tujuan.

Layanan yang baik pastinya memiliki wadah yang kokoh dan tahan suhu serta kurir profesional yang sudah terlatih dalam menangani berbagai jenis barang termasuk bunga. Kriteria ini perlu dipenuhi mengingat bunga adalah benda hidup yang sangat mudah rusak karena berbagai faktor eksternal maupun internal yang dipicu kondisi pengiriman yang kurang memadai.

Kirim Bunga Instan Lebih Praktis dengan Lalamove 

Terkadang Anda perlu mengirimkan bunga instan karena momen tertentu. Oleh karena itu, Anda membutuhkan jasa pengiriman barang yang dapat diandalkan, terlebih lagi jika Anda memiliki usaha toko bunga. 

Salah satu platform pengiriman on-demand di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Semarang adalah Lalamove. Dengan Lalamove, Anda tidak perlu pusing dengan pengiriman cara kirim bunga agar tetap segar di perjalanan. 

Lalamove sudah dilengkapi dengan Lalabag. Lalabag merupakan layanan tas termas gratis berukuran 40 x 40 x 40 cm yang digunakan oleh armada sepeda motor. Tas termal ini dibuat khusus dengan lembaran aluminium untuk meminimalisir kontak suhu lingkungan luar dengan barang di dalamnya. Yuk, kirim bunga tetap segar selama di perjalanan dengan menggunakan jasa Lalamove. Download aplikasi Lalamove, masukkan alamat pengiriman dan pengantaran, lalu pilih jenis armada yang sesuai dengan ukuran atau dimensi bunga. Mitra driver terdekat akan menjemput barang dan mengantar bunga ke alamat tujuan dengan aman.

Percayakan kirim bunga dengan Lalamove!

Pesan Lalamove Sekarang

Read more