Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 5 Cara Memenuhi Kebutuhan dan Ekspektasi Pengiriman Pelanggan

    Pada tahun 2015, cara pelanggan membeli kebutuhan sehari - hari mereka seperti bahan makanan, pakaian, keperluan sekolah dan alat elektronik? Kebanyakan pelanggan akan membelinya melalui toko online karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaanya dan kesehariannya, tidak ada waktu untuk mereka melakukan pembelian melalui toko fisik.

     

    Menurut survei saat ini, 96% pengguna internet berbelanja melalui online. Ini merupakan kesempatan bagi pengusaha kecil di pasaran. Pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Hal ini penting bagi pengusaha untuk mengerti kebutuhan pelanggan dalam memenangkan persaingan. Bagaimana cara untuk dapat dilakukan untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan.

    Identifikasi Kebutuhan pelanggan

    Pertama, apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan? Lebih dari 40% konsumen melakukan pembelian dari toko online dan tidak perlu melakukan perjalanan. Konsumen menemukan caranya sendiri untuk mencari dan melakukan pembelian, baik secara online ataupun di toko. Pastinya mereka ingin merasakan pengalaman berbelanja yang praktis, dengan mengurangi ketidakpastian dan mengurangi pengalaman berbelanja yang kaku. Selain itu, mereka juga akan mengharapkan pelayanan yang efisien dan nyaman.

     

    Meminimalisir Ketidakpastian

    Selama proses pengambilan keputusan, pelanggan akan mempertimbangkan dari atribut yang berbeda seperti produk, kualitas pelayanan, pengiriman, dan layanan pembelian. Sebagai contoh, jika klien mau membeli sebuah pakaian dari toko online, dia akan mempertimbangkan, apakah pakaian tersebut cocok untuknya, berapa lama untuk pengirimannya dan apakah ada kebijakan untuk melakukan pertukaran atau pengembalian?

     

    Cepat dan Mudah

    Di dalam lingkungan yang serba cepat seperti kota megapolitan Jakarta, pelanggan berharap proses pembelian harus mudah dan cepat. Pelanggan menikmati belanja online;  dan mereka juga suka jika barang tersebut dikirim pada hari yang sama atau hari berikutnya. Waktu tunggu pengiriman dapat mempengaruhi proses pembelian, layaknya kualitas produk atau seberapa reaktif layanan pelanggan. Dengan demikian, sebuah bisnis harus terorganisir dalam mengontrol inventaris dan alur kerja logistik. Aplikasi seperti SAP dan perangkat lunak online maupun offline di pasar tersedia untuk membantu bisnis agar lebih mudah mengorganisir alur inventarisnya; tujuan utamanya adalah untuk menghemat waktu dan sumber daya.

     

    Kualitas Pelayanan

    Dengan proses pembelian dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, pedagang online membutuhkan untuk pengalaman yang nyaman pada saat pencarian produk,  tampilan produk, sistem pembayaran dan pengiriman. Selama proses belanja online, pelanggan mengambil inisiatif untuk mencari informasi tentang produk tersebut dan mengevaluasinya. Ulasan dari pelanggan tentunya dapat memberikan masukan tentang hal pengiriman. Ini merupakan kontak langsung terakhir antara pembeli dan penjualnya. Ambil contoh pada saat interview, anda akan memberikan penilaian setelah kandidat meninggalkan ruangan - bahkan sikap terakhir dari kandidat akan memberikan kesan yang menentukan hasil interview.  Pastikan produk datang tepat waktu, kondisi barang dalam keadaan baik sehingga pelayanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan

    Industri E-Commerce, biasanya menggunakan jasa pihak ketiga untuk pengiriman. Hal ini biasanya memerlukan waktu dan usaha untuk mendapatkan vendor yang dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi anda. Kecuali penyedia jasa pengiriman sudah memiliki standar yang baik dan driver yang terlatih.

     

    Menangani Pengiriman Mendesak dan Tak terduga

    Menemukan pengiriman saat jam - jam sibuk dan mengatur pengiriman mendesak bukanlah hal mudah. Jasa pengiriman biasa memiliki waktu yang terbatas dalam melakukan penjemputan dan pengiriman barang. Pengiriman seperti ini sangat sering terjadi dan sulit dilakukan. Jasa pengiriman instan seperti Lalamove memudahkan anda untuk melakukan pemesanan pengiriman dalam situasi apapun. Kami siap menjalankan pengiriman barang, parsel dan memastikan barang sampai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

    Bisnis yang bisa dapat memberikan pengiriman yang cepat dan kenyamanan dalam pembelian barang biasanya mendapatkan order lebih banyak, review baik dan komen positif dari mulut ke mulut. Pelayanan yang baik akan mendapatkan rekomendasi dari pelanggan dan terbantu dalam mencapai performa penjualan yang lebih baik dan juga kemudahan membuka kesempatan dalam mendapatkan kepercayaan dari calon bisnis di masa depan.

    Untuk memenangkan kompetisi pasar ini, memberikan pelayanan baik untuk berbagai jenis pengiriman di situasi apapun merupakan bagian penting yang menentukan kesuksesan bisnis.

     

    Download Sekarang

     

    Bagikan ini di

    Hogan Parulian, Lalamove Indonesia

    posting terkait

    On demand delivery

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?

    January 22, 2020

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?

    Pengiriman “last-mile”. Ini adalah ungkapan yang telah menjadi jauh lebih umum selama beberapa tahun terakhir, tidak mengherankan dengan cerita yangtrue

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    10 Tips Design X Banner & Roll Up Banner

    January 22, 2020

    10 Tips Design X Banner & Roll Up Banner

    Ketika kamu sedang mengadakan event atau promosi mengenai layanan atau produk kamu, x banner atau roll up banner merupakan salah satu hal pentingtrue

    Baca lebih lajut
    On demand delivery

    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim

    December 17, 2019

    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim

    Pengiriman Wine kadang bisa jadi sesuatu yang ga mudah. Bayangin botol wine yang kamu baru buka ternyata sudah retak, apalagi kalau bocor kemana -true

    Baca lebih lajut
    leadership

    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove

    November 26, 2019

    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove

    Di Rolwaling Valley di Nepal berdiri Gunung Lalamove, gunung dengan tinggi 6.659 meter.

    1. Secara resmi diakui oleh Asosiasi Pendaki Gunung Nepaltrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Kenapa harus lakukan outsourcing pengiriman last-mile bisnis kamu?
    January 20, 2020
    10 Tips Design X Banner & Roll Up Banner
    December 17, 2019
    Tips Packing Wine Sebelum Dikirim
    December 17, 2019
    Ekspedisi Puncak Baru, Gunung Lalamove
    November 26, 2019
    Vegan vs Vegetarian, Apa sih bedanya?
    November 25, 2019

    BARUSLETTER