Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Bagaimana Cara Memilih Supplier Bahan Baku untuk Bisnis Kuliner?

    Saat menjalankan bisnis kuliner, supplier bahan baku yang dipilih dapat menentukan apakah bisnis tersebut akan sukses atau malah gagal. Makanya, pelaku bisnis kuliner tidak bisa sembarangan dalam memilih supplier. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. 

    Bukan hanya dari harga dan jenis bahan makanannya saja, ada juga aspek lain yang tidak kalah penting seperti manajemen keamanan makanan dan kualitas pelayanan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan supplier bahan baku untuk bisnis kuliner.

     

    Tentukan Kriteria

    kriteria supplier bahan baku makanan

    Sebelum mulai menyeleksi supplier bahan baku, kamu bisa menentukan terlebih dahulu kriteria supplier yang kamu butuhkan. Ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan penilaian seperti kualitas bahan makanan, harga, pelayanan, kecepatan dalam merespons, kemudahan pembayaran, serta ketepatan pengiriman. 

    Pertimbangkan juga anggaran bisnismu, kira-kira berapa banyak dari anggaran total yang akan kamu sisihkan untuk membeli bahan baku. Tujuannya agar kamu lebih mudah mengelola keuangan bisnis.

    Minta Sampel untuk Memastikan Kualitas

    bahan baku bisnis kuliner

    Agar lebih yakin, kamu bisa meminta sampel dari supplier sehingga kamu bisa memeriksa sendiri kualitas bahan bakunya apakah sesuai dengan yang kamu cari. Dari sini kamu bisa memilah dan menentukan supplier bahan baku mana yang cocok untuk bisnis kuliner yang kamu jalankan. Kualitas bahan makanan yang baik dapat meningkatkan nilai produk makanan yang kamu jual maupun kepuasan pelanggan. 

    Perhatikan Keamanan Bahan Makanan

    bahan baku makanan bisnis kuliner

    Keamanan makanan merupakan aspek penting lainnya dalam menjalankan bisnis kuliner. Apalagi konsumen saat ini semakin peduli dengan keamanan dan kesehatan makanan. Kamu perlu mencari tahu langkah-langkah apa yang dilakukan oleh supplier untuk memastikan keamanan dari bahan makanan yang mereka sediakan. Agar lebih maksimal, kamu bisa menanyakan apakah supplier memiliki sertifikasi atau akreditasi keamanan, sertifikasi halal, atau sertifikasi lainnya.

    Cari Tahu Klien Supplier

    supplier restoran

    Mencari tahu siapa-siapa saja klien calon supplier dapat merepresentasikan kinerja mereka. Apabila supplier memasok ke klien-klien besar seperti supermarket, artinya kualitas mereka kemungkinan besar sudah lebih terjamin. Namun, ini juga bisa berarti mereka mungkin akan sangat sibuk.

    Apabila supplier menyediakan bahan baku untuk bisnis-bisnis kecil seperti UMKM, mereka mungkin bisa memberikan pelayanan yang lebih personal. Namun, mereka mungkin tidak dapat menjamin pasokan yang cukup untuk jumlah pesanan yang besar. Hal-hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih supplier mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

    Cek Kebijakan Pengembalian Produk

    bahan baku restoran dan kafe

    Saat bekerja sama, terkadang bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bahan baku yang dikirim salah, kualitas tidak sesuai standar, atau rusak. Saat menerima barang yang demikian, tentu kamu ingin melakukan pengembalian. 

    Agar tidak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya pahami dulu kebijakan pengembalian produk yang ditetapkan supplier, seperti durasinya, ongkos kirim, dan sebagainya. Hal ini mampu mencegah terjadinya kerugian akibat bahan baku tidak bisa digunakan.

    Pengiriman yang Tepat

    pengiriman bahan baku makanan

    Setelah memilah beberapa calon supplier, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah mengenai pengiriman. Apakah mereka memiliki jadwal pengiriman sendiri atau dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kuliner? Apakah mereka mampu mengirimkan bahan baku segar setiap harinya? Hal-hal ini perlu kamu pertimbangkan agar ketersediaan bahan baku makanan tetap terjaga. 

    Agar bahan baku bisa sampai dalam kondisi segar dan aman, kamu bisa memilih jasa pengiriman instan seperti Lalamove yang bisa kamu akses melalui aplikasi dan website. Lalamove dilengkapi fitur multi-stop yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan bahan makanan ke banyak tempat dalam sekali order. Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan pengiriman sesuai dengan kebutuhan sehingga bisnis kuliner bisa berjalan dengan lancar.

     

    Perlu Kirim Bahan Baku Makanan untuk Bisnismu?

    Kirim dengan Lalamove

     

    Baca Juga: Baru Mulai Bisnis Makanan? Terapkan 9 Trik Ini untuk Menarik Pelanggan

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    November 26, 2020

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    Setelah berjam-jam membuat dan mendekorasi kue, akhirnya waktunya kue untuk dikirim. Untuk kamu yang menjalankan usaha kue, pasti pernah mendapatkantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    November 25, 2020

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    November 19, 2020

    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    Sejak pandemi, banyak orang yang memulai bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan. Berjualannya juga biasa dilakukan melalui media sosial sepertitrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020
    5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun
    November 13, 2020

    BARUSLETTER