Pengiriman Bisnis

9 Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

featured image

Saat berbelanja, kita sebagai konsumen, tanpa sadar melalui beberapa pertimbangan sebelum akhirnya terjadilah keputusan konsumen dalam membeli barang tersebut atau tidak. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan sebelum bertransaksi mulai dari penilaian dan kebutuhan pribadi, faktor budaya dan sosial, harga, dan kegunaan sehingga menghasilkan keputusan konsumen dalam membeli barang atau produk yang ditawarkan.

Sebagai pelaku bisnis, baik bisnis offline maupun online, memahami faktor-faktor ini dapat membantu mengembangkan strategi bisnis untuk menjangkau lebih luas lagi dalam keputusan konsumen dalam membeli barang dan meningkatkan penjualan bisnis. 

Berikut beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen saat membeli barang.

Akses yang Mudah

Akses yang Mudah

Apabila calon konsumen sulit menemukan atau mengakses platform dimana Anda berjualan, pada satu titik konsumen akan merasa malas dan lebih memilih untuk mencari toko lain. Maka itu, pastikan toko Anda mudah diakses, terutama jika Anda menjalankan bisnis online

Anda bisa hadir di beberapa platform sehingga apabila konsumen yang mencari produk tidak menggunakan salah satu platform, mereka bisa beralih ke platform lainnya. Misalnya, selain berjualan di toko secara langsung, Anda juga bisa membuat website, toko di marketplace, dan akun media sosial. Pastikan juga kontak Anda mudah dihubungi oleh konsumen.

Baca Juga: 7 Hambatan dan Tantangan yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

Tampilan Toko & Produk

Tampilan Toko & Produk

Kesan yang didapatkan konsumen saat mereka mengunjungi toko atau melihat produk Anda bisa menentukan apakah mereka semakin tertarik untuk berbelanja atau tidak. Contohnya saja, banyak orang memutuskan untuk makan di suatu tempat karena restorannya tampak menarik dari luar. Ini juga alasan mengapa banyak bisnis yang mengatur halaman media sosial sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Maka itu, pastikan kesan bisnis yang Anda bangun sesuai dengan karakteristik target audiens. Buat tampilan toko atau website maupun produk Anda menarik secara visual sehingga terjadi keputusan konsumen untuk membeli.

Informasi dan Ketersediaan Produk

Informasi dan Ketersediaan Produk

Bukan hanya dari tampilan saja, tetapi keseluruhan produk juga mempengaruhi keputusan konsumen, mulai dari informasi produk dan ketersediaan produk. Apabila informasi produk tidak jelas, konsumen pun bisa ragu dengan kualitas produk maupun kredibilitas bisnis.

Kurangnya informasi produk juga memperlambat waktu berbelanja konsumen dimana mereka harus menghubungi Anda terlebih dahulu untuk menanyakan detail produk, baru kemudian membuat keputusan. 

Terutama untuk bisnis online, cantumkan informasi produk sedetail mungkin beserta foto produk. Semakin jelas, konsumen pun bisa semakin yakin untuk membeli produk tersebut. Cantumkan juga mengenai ketersediaan produk. 

Usahakan agar produk selalu tersedia, terutama untuk produk favorit. Apabila produk sering habis, konsumen bisa jadi malas untuk menunggu dan akhirnya batal membeli.

Kualitas Produk

Kualitas Produk

Pastikan juga kualitas produk Anda agar selalu memiliki standar yang sama. Apabila kualitas produk tidak sesuai ekspektasi konsumen, Anda akan kesulitan menjaga pelanggan untuk tetap berbelanja di tokomu dan membuat calon pembeli ragu. 

Apabila kualitas produk Anda tidak sesuai yang dideskripsikan, maka konsumen akan kecewa dan mereka bisa saja memberikan testimoni yang kurang baik dan memengaruhi keputusan konsumen yang lain untuk membeli produk Anda. 

Harga 

Harga

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli barang adalah harga. Ada konsumen yang menginginkan harga murah ada pula konsumen yang tidak masalah dengan harga mahal asalkan kualitasnya benar-benar bagus. Pastikan Anda mematok harga yang pas sesuai kualitas produk.

Sebelum menentukan harga, cari tahu terlebih dahulu mengenai harga di pasaran agar target harga yang Anda pasang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Harga adalah faktor penting dalam keputusan konsumen untuk membeli produk Anda.

Baca juga: 'Keuntungan Menggunakan Pengiriman Instan Lalamove'

Promosi yang Menarik

Promosi yang Menarik

Promosi merupakan angin segar untuk menarik konsumen. Biasanya, di awal para pelaku bisnis mengadakan promo besar-besaran pada momen atau hari raya tertentu. Anda juga bisa membuat paket bundle agar konsumen semakin banyak membeli produk Anda dengan harga yang menggiurkan. 

Dengan adanya promo-promo, keputusan konsumen dalam membeli produk Anda akan semakin besar. Anda bisa membandingkan dengan promo-promo dari kompetitor serupa. Melalui promosi, Anda harus bisa menonjolkan kelebihan produk Anda daripada kompetitor. 

Layanan Customer Service

Layanan Customer Service

Biasanya, para pelaku bisnis memiliki customer service atau hotline yang sewaktu-waktu bisa dihubungi konsumen jika ingin bertanya atau memeriksa stok barang. Layanan ini beragam bisa melalui call center, chat WhatsApp, bahkan live chat. 

Jika Anda pelaku bisnis UMKM, Anda bisa menggunakan WhatsApp Bisnis. Selain terjangkau, juga ada fitur pesan otomatis yang memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen. 

Sesuaikan jenis bisnis Anda dengan layanan customer service yang tersedia. Semakin besar bisnis Anda, Anda harus bisa menjawab pertanyaan konsumen yang bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. 

Testimoni dari Pembeli Lain

Testimoni dari Pembeli Lain

Testimoni atau ulasan dari konsumen yang sudah membeli produk Anda dapat memengaruhi keputusan konsumen lain yang akan membeli barang Anda. Oleh karena itu, pantau rating dan review yang diberikan konsumen terhadap produk Anda. 

Jika ada testimoni buruk dari konsumen, maka Anda harus cepat menanggapinya dan memberikan solusi dari permasalahan mereka. Cara ini bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dalam keputusan untuk membeli produk. 

Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang Ramah

Kualitas pelayanan yang lambat atau tidak ramah dapat membuat konsumen menjadi enggan untuk membeli. Gunakan bahasa yang sopan dan ramah dalam merespons konsumen. Sebisa mungkin berikan respons konsumen secepatnya. 

Apabila ada jam operasional, cantumkan jam tersebut pada profil toko Anda sehingga konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi.

Pengiriman yang Dapat Diandalkan

Pengiriman yang Dapat Diandalkan

Kecepatan pengiriman juga menjadi pertimbangan keputusan konsumen dalam membeli barang. Apalagi jika konsumen membutuhkan produk tersebut sesegera mungkin. Sebaiknya beri pilihan pengiriman yang beragam bagi konsumen, semakin cepat barang sampai akan semakin baik. Pastikan juga Anda bisa menawarkan harga pengiriman yang terjangkau.

Beragam Jenis Armada

Saat ini sudah banyak jenis armada yang disediakan oleh Lalamove untuk pengiriman barang meliputi motor, mobil, sedan, van, pick-up bak, pick-up box, engkel bak, engkel box, CDD, hingga truk fuso. 

Kapasitas maksimum untuk layanan pengiriman Lalamove saat ini mencapai 5 ton. Anda dapat memilih jenis armada pengiriman barang yang sesuai kebutuhan pengiriman bisnis Anda.

Fitur Tambahan yang Memudahkan Pengiriman Bisnis

Lalamove memiliki beberapa fitur pendukung lain untuk layanan pengiriman barang anda, seperti fitur penjadwalan yang dapat memungkinkan pelaku bisnis melakukan perencanaan pengiriman yang tepat sehingga dapat sampai tepat, fitur multi stop memungkinkan Anda mengirim beberapa barang pesanan pembeli yang berbeda dalam satu kali antar, fitur berbayar bongkar muat untuk layanan bantuan bongkar muat paket kiriman, dan tersedia layanan tambahan extra helper untuk membantu bongkar muat 

Akun Bisnis Lalamove

Dengan gabung Mitra bisnis Lalamove tidak hanya keuntungan materi yang didapat tapi juga keuntungan non materi salah satunya berupa layanan ekstra dan layanan prioritas dari Lalamove. 

Keuntungan gabung Mitra bisnis Lalamove lainnya yaitu promo bulanan khusus melalui paket potongan pengiriman instan senilai 50%, asuransi perlindungan produk selama proses pengiriman, pengiriman instan jarak jauh lebih aman, dan solusi integrasi API di platform digital bisnis Anda.

Selain itu, customer service yang diberikan khusus untuk melayani Mitra bisnis. Jangan ragu untuk dapatkan keuntungan lebih dengan gabung Mitra bisnis Lalamove sekarang.

Promo Ongkir Tiap Bulan

Pengiriman barang  saat ini banyak didominasi oleh sistem trucking yang 80% masih menggunakan metode konvensional. Lalamove menawarkan pengiriman barang sistem trucking secara digital melalui aplikasi dan website.

Dengan adanya digitalisasi sistem pengiriman tersebut, Lalamove mampu membuat proses perencanaan, pemantauan, dan pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, dan hemat. Dampaknya, tarif ongkir pengiriman furniture dapat jadi lebih terjangkau. Penjual dan pembeli jadi sama-sama untung.

Selain cepat, Anda juga harus bisa memberikan jaminan bahwa barang yang dipesan konsumen aman selama pengiriman, terutama jika barang yang dikirim adalah barang besar atau barang yang mudah pecah atau rusak. 

Dengan jasa pengiriman instan Lalamove, Anda bisa meyakinkan konsumen untuk pengiriman yang cepat karena barang dapat langsung dikirim ke konsumen setelah pesanan dibuat melalui aplikasi Lalamove. Selain itu, harga pengiriman dengan Lalamove juga kompetitif.

Apa saja keuntungan menggunakan Lalamove sebagai jasa pengiriman barang instan? Cek di sini untuk mengetahui lebih dalam tentang jasa pengiriman instan dan fitur-fitur menarik apa saja yang cocok untuk bisnis Anda. Jangan lupa follow juga Instagram Lalamove di @lalamoveid untuk mendapatkan update terbaru dari Lalamove!


Tingkatkan Keputusan Konsumen Terhadap Penjualan Anda dengan Lalamove!

Daftarkan Bisnismu Sekarang

Read more

Siap melakukan pengiriman?

Download Lalamove sekarang dan lakukan pengiriman ke berbagai tempat.