Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 5 Cara Jasa Pengiriman Instan Dapat Memberikan Keunggulan Bagi UMKM

    Hadirnya berbagai platform penjualan online mulai dari marketplace, website, hingga media sosial membuka banyak peluang bagi orang untuk mengembangkan usahanya. Di sisi lain, tingkat kompetisi dalam bisnis online juga cukup tinggi. Apalagi perang harga sangat sering terjadi. Hal ini pun menjadi tantangan khususnya bagi pengusaha UMKM karena mereka harus bisa menunjukkan keunggulan kompetitif dalam strategi bersaing untuk bisa memenangkan pasar. 

    Karena persaingan yang ketat ini, bisnis dituntut untuk bisa memberikan nilai tambah kepada konsumen, misalnya dengan memberikan layanan pengiriman yang efisien dan dapat diandalkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Namun hal ini juga sulit untuk dilakukan oleh pengusaha UMKM karena biaya yang diperlukan tidak sedikit. Salah satu cara yang bisa dilakukan pengusaha UMKM untuk menghadapi ini adalah dengan bekerjasama dengan jasa pengiriman instan. 

    Bagaimana jasa pengiriman instan dapat memberikan nilai tambah bagi UMKM? Berikut penjelasannya. 

     

    Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

    Di jaman yang serba instan, ekspektasi konsumen akan bisnis jadi semakin tinggi. Menawarkan pengiriman instan menjadi salah satu cara untuk memberikan kesan yang baik dan menyenangkan kepada konsumen. Menurut riset, kecepatan pengiriman menjadi hal kedua terpenting dalam pertimbangan konsumen dalam hal pengiriman untuk belanja online. Bahkan, beberapa konsumen rela membayar lebih untuk mendapatkan barang yang mereka beli dengan lebih cepat. 

    Bekerja sama dengan jasa pengiriman instan memberikan kemudahan bagi mereka yang memerlukan barang yang kamu jual dengan cepat. Selain itu, pengalaman pengiriman yang efisien juga memungkinkan kamu untuk memenuhi permintaan konsumen dan menghasilkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Dengan demikian, mereka pun mau untuk kembali berbelanja dari bisnismu dan merekomendasikannya ke orang lain.

     

    Membangun Kepercayaan & Loyalitas

    Kecepatan pengiriman merupakan bagian penting dalam pengalaman berbelanja konsumen. Konsumen yang menerima paket dengan cepat dan aman akan mengingat bisnismu saat mereka ingin kembali membeli barang. Dengan cara ini, kamu bisa membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen. 

    Terutama untuk konsumen baru, ketepatan dan kepastian pengiriman menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Dengan menggunakan jasa pengiriman instan, barang yang dibeli konsumen dikirim langsung ke mereka sehingga dapat mengurangi rasa khawatir konsumen. Kamu juga bisa memilih jasa pengiriman yang menawarkan pelacakan secara real-time untuk memberikan rasa aman kepada konsumen.  

     

    Meningkatkan Konversi Penjualan

    Pengiriman dapat sangat berpengaruh pada konversi penjualan. Menurut riset, 23% orang mengatakan masalah pengiriman menjadi faktor yang membuat mereka tidak jadi melakukan transaksi. 1 dari 6 konsumen potensial menyatakan pilihan pengiriman yang terbatas sebagai faktor mereka membatalkan transaksi.

    Sementara survei Shopify menunjukkan bisnis yang menawarkan pengiriman instan dapat meningkatkan tingkat konversi dan penjualan mereka hingga 2 kali lipat. Menggunakan jasa pengiriman instan memberikan konsumenmu lebih banyak pilihan dalam menerima barang.

     

    Menghemat Biaya

    Menangani pengiriman sendiri membutuhkan biaya, baik untuk transportasi maupun tenaga kerja pengiriman. Dengan menggunakan jasa pengiriman instan, pengusaha UMKM bisa menghemat biaya dan menyesuaikan budget dengan keperluan pengiriman. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu merepotkan mengenai biaya perawatan kendaraan dan training kurir. Jadi biayanya bisa kamu alokasikan untuk keperluan pengembangan bisnismu. 

     

    Meningkatkan Produktivitas

    Salah satu manfaat dari menggunakan jasa pengiriman instan adalah kamu jadi bisa lebih menghemat waktu dan energi. Apabila kamu menangani pengirimanmu sendiri, waktu yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk mengelola bisnis akhirnya habis untuk mencari alatm dan mengirimkan barang. 

    Sebaliknya, kurir jasa pengiriman instan tentu sudah lebih familiar dengan jalanan dan bahkan dilengkapi dengan teknologi GPS serta optimasi rute sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan pengiriman dengan lebih efisien. Hal ini tentunya tidak hanya akan memudahkan konsumen tetapi juga kamu sebagai pebisnis. 

    Menggunakan jasa pengiriman memungkinkan kamu untuk fokus pada bisnis dan meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta profitabilitas. Bahkan saat ini sudah ada jasa pengiriman yang menawarkan pengiriman terjadwal sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ecara efektif baik dari segi biaya maupun waktu. 

    Memenuhi permintaan pengiriman secara tepat waktu bisa menjadi pembeda utama untuk bisnis, terutama pada masa seperti sekarang ini. Jasa pengiriman instan bisa membantu UMKM untuk meningkatkan keunggulannya sehingga bisa bersaing dan menarik lebih banyak konsumen.

    Agar pengiriman aman, pilih jasa pengiriman instan yang terpercaya seperti Lalamove. Menawarkan kemudahan pengiriman yang dapat dilakukan melalui aplikasi ataupun website, Lalamove memiliki fitur-fitur seperti pengiriman terjadwal, multi-stop, dan real-time tracking sehingga pengusaha UMKM pun bisa mengembangkan bisnisnya dengan tenang serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

     

    Kembangkan Bisnismu Bersama Lalamove!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang


    Baca Juga: 7 Aplikasi yang Dapat Membantu Pengusaha Menjalankan Bisnis


    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    November 26, 2020

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    Setelah berjam-jam membuat dan mendekorasi kue, akhirnya waktunya kue untuk dikirim. Untuk kamu yang menjalankan usaha kue, pasti pernah mendapatkantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    November 25, 2020

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    November 19, 2020

    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    Sejak pandemi, banyak orang yang memulai bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan. Berjualannya juga biasa dilakukan melalui media sosial sepertitrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020
    5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun
    November 13, 2020

    BARUSLETTER