Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • 5 Manfaat Teknologi Bagi Perkembangan Bisnis dan UMKM

    Adanya perkembangan digital dan teknologi internet membuka peluang lebar bagi banyak bisnis dan pelaku UMKM. Dengan teknologi, kita tidak hanya bisa bersosialisasi tetapi juga bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah. Baik itu dari segi manajemen, produksi, hingga jasa ekspedisi, tersedia berbagai platform yang dapat membantu bisnismu berjalan dengan lebih lancar. Berikut 5 manfaat teknologi bagi perkembangan bisnis dan UMKM:


    Memudahkanmu untuk Memasarkan Bisnis

    Sebelum berkembangnya teknologi internet, memasarkan bisnis membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih banyak seperti membagikan brosur atau beriklan di radio atau televisi. Namun sekarang, ada begitu banyak platform online yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan bisnis mulai dari iklan online, website, media sosial, dan banyak lagi.

    Tak hanya itu, sekarang ini juga muncul berbagai platform yang dapat membantumu memasarkan bisnis dengan lebih tepat. Misalnya, sekarang ini sudah ada tools yang dapat mengukur efektivitas strategi pemasaran yang dijalankan atau membantumu menghasilkan desain yang lebih menarik. Dengan memanfaatkan tools dan platform yang ada, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial dengan lebih cepat dan tepat. 

     

    Menghemat Waktu dan Biaya

    Apabila dulu segalanya harus dilakukan secara offline yang mungkin berarti kamu harus bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan adanya teknologi internet kamu bisa melakukan berbagai hal tanpa perlu berpindah tempat. Mulai dari melakukan pemesanan, mendelegasikan tugas dan berkomunikasi dengan tim, memesan stok, menghubungi klien, dan banyak lagi, semuanya bisa kamu lakukan melalui perangkat seluler. 

    Selain menghemat waktu, adanya teknologi juga membantumu menghemat biaya. Dengan fleksibilitas dan kepraktisan yang ditawarkan platform online, kamu bisa menyesuaikan berbagai keperluan bisnismu dengan lebih efisien baik dari segi biaya maupun waktu.

    Baca Juga: 5 Cara Mengelola Stok Secara Efektif Bagi Bisnis Ritel

    Meningkatkan Produktivitas

    Bisnis kecil dan UMKM untuk bisa bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya yang bahkan lebih besar dengan menjadi lebih gesit dan merespons perubahan dengan lebih cepat. Sekarang ini, teknologi dapat mengurangi terjadinya error atau kesalahan sepele melalui proses otomasi.

    Dengan adanya berbagai software yang dapat membantu hal-hal yang bersifat administratif, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan strategi bisnis dan timmu pun bisa fokus mengerjakan hal-hal yang esensial.  Dengan demikian, produktivitas tim bisa lebih meningkat. 

     

    Pengelolaan Tim yang Lebih Mudah

    Selain dari segi produktivitas, komunikasi internal juga penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Dengan teknologi, komunikasi antar tim yang bisa lebih dipermudah, misalnya melalui aplikasi chat seperti Whatsapp atau platform manajemen task seperti Trello. Alhasil, miskomunikasi bisa lebih terhindarkan dan kamu pun lebih mudah untuk memantau perkembangan dan kemajuan masing-masing tim. 

     

    Meningkatkan Pelayanan

    Walaupun teknologi tidak dapat sepenuhnya menggantikan manusia, teknologi dapat membantumu meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Dengan adanya berbagai platform online, kamu bisa melacak transaksi, order, dan bukti pembayaran dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai platform dan fitur yang tersedia seperti DM dan kolom komentar Instagram, email, live chat, dan sebagainya. 

    Termasuk juga dalam hal pengiriman, sekarang ini sudah ada platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menyediakan pengiriman yang lebih dapat diandalkan. Dengan jasa ekspedisi Lalamove yang bisa kamu akses melalui aplikasi maupun website, kamu bisa melakukan pengiriman dengan lebih efisien. Armada dan fitur yang beragam serta tarif yang kompetitif siap mendukung pengiriman untuk UMKM dan bisnismu. Selain itu, pengiriman Lalamove juga bersifat on-demand dan memiliki fitur real-time tracking sehingga kamu bisa meng-update informasi pengiriman kepada konsumen dan mereka bisa menerima barang dengan lebih cepat.

     

    Permudah Pengiriman Bisnismu!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    January 22, 2021

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

    Tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudahtrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    January 17, 2021

    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!

    Mengelola keuangan dengan cermat menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa terus bertahan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ada banyaktrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    January 8, 2021

    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahantrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Ingin Mulai Bisnis dengan Teman? Baca Dulu 8 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!
    January 19, 2021
    Ingin Menghemat Pengeluaran Bisnis? Simak 5 Tips Berikut Ini!
    January 17, 2021
    Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
    January 8, 2021
    13 Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021
    January 3, 2021
    Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021
    December 27, 2020

    BARUSLETTER