Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Jalani Bisnis Frozen Food? Simak Tips Mengirim Makanan Beku Berikut!

    Saat ini frozen food kian digemari oleh masyarakat. Pasalnya, frozen food tidak hanya praktis tapi juga lebih tahan lama. Makanya, bisnis frozen food semakin berkembang terutama di masa pandemi seperti ini. 

    Bagi kamu yang menjalani bisnis makanan beku, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pengemasan dan pengirimannya. Kamu harus bisa memastikan bahwa makanan beku yang kamu kirim bisa sampai di tangan pembeli dalam kondisi yang baik dan segar. 

    Mengirim makanan beku jelas berbeda dengan pengiriman makanan pada umumnya. Jika untuk mengirim makanan biasa kamu bisa menggunakan kemasan plastik atau kayu, dibutuhkan wadah khusus untuk mengirim frozen food. Kamu perlu memperhatikan suhu, kelembaban, hingga menghindari adanya kerusakan. 

    Agar frozen food bisa sampai dengan aman, simak beberapa tips mengenai cara pengiriman dan pengemasan makanan beku yang tepat. 

     

    Pastikan Kemasan Tertutup Rapat

    Frozen berries and vegetables in bags in packages on dark Premium Photo

    Agar makanan beku tidak terkontaminasi partikel asing, pastikan kamu mengemasnya dengan rapat dan kedap udara. Apabila kemasan tertutup rapat, makanan bisa terhindar dari kerusakan dan bisa tahan lebih lama. 

    Biasanya kemasan yang digunakan untuk memungkus frozen food adalah plastik nylon. Hal ini dikarenakan plastik nylon hampa udara serta memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang tinggi. Kemasan yang tertutup rapat juga menjaga agar makanan tidak mudah terguncang dan akhirnya rusak saat di perjalanan.

    Wadah Styrofoam atau Kotak Es

    Cans of soft drinks in an ice box. Premium Photo

    Gunakan wadah terisolasi seperti styrofoam atau kotak es untuk menjaga suhu makanan beku agar tetap dingin. Jika ingin biaya pengemasan lebih terjangkau, kamu bisa pilih menggunakan styrofoam. Pilih wadah pengiriman yang sedikit lebih besar dari ukuran dan jumlah makanan beku  yang kamu kirim. Tujuannya adalah supaya kamu bisa menambahkan ice gel di dalamnya.

    Batasi Jumlah Ice Gel

    Hand taking ice with metal scoop for cocktails Premium Photo

    Dalam menambahkan ice gel, tidak perlu menggunakannya secara berlebihan. Gunakan perbandingan 20:80 dimana 20% wadah diisi ice gel sementara 80% sisanya merupakan makanan beku yang akan dikirimkan. Jika berlebihan, biaya pengemasan dan pengirimanmu malah jadi lebih tinggi nantinya. 

    Sebelum memasukkan makanan ke dalam wadah styrofoam atau kotak es, masukan dulu ice gel di dasar kotak. Baru setelahnya masukkan produk makanan beku dan tambahkan lagi sisa ice gel di atasnya. Baru setelahnya tutup wadah dengan rapat.

    Pilih Jasa Pengiriman Instan

    user_ACE04482

    Karena durasi dan temperatur sangat berpengaruh terhadap pengiriman makanan beku, sebaiknya gunakan jasa kirim barang yang instan untuk mengirimkan frozen food agar makanan bisa segera sampai. 

    Rencanakan waktu pengirimanmu agar pengiriman bisa semakin efisien dan efektif baik dari segi biaya maupun waktu. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan pengiriman on-demand serta fitur schedule delivery Lalamove melalui aplikasi atau website. Selain itu, pengiriman dengan kendaraan roda dua di Lalamove juga memiliki fitur Lalabag yang dilengkapi lapisan termal sehingga makanan bekumu dijamin terjaga dengan aman. 

    Menjalankan bisnis frozen food, sangat penting untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Dengan mengikuti prosedur pengemasan dan pengiriman seperti yang dijabarkan di atas, kamu bisa mengirimkan makanan beku dengan aman bersama Lalamove!

     

    Solusi Pengiriman Bisnis Makanan Bekumu!

    Download Sekarang

     

    Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    September 18, 2020

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    Menjalankan bisnis termasuk juga bisnis online bukan hanya soal berjualan produk. Di dalamnya ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi

    September 15, 2020

    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi

    Pasar e-commerce Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2022, diprediksi nilai pasarnya bisatrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Ingin Memulai Usaha Catering, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

    September 10, 2020

    Ingin Memulai Usaha Catering, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

    Usaha catering merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki potensial besar dan tidak memerlukan modal yang terlampau banyak. Permintaannya puntrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online
    September 18, 2020
    Pengiriman Lalamove Bantu Omah Wulangreh Kurangi Penggunaan Plastik Sekaligus Hemat Biaya
    September 17, 2020
    Tren E-Commerce di Indonesia, Pengiriman Barang Cepat Jadi Ekspektasi
    September 15, 2020
    Jasa Ekspedisi Berkualitas Dukung Distribusi Makanan Sehat Nutragen dengan Aman
    September 11, 2020
    Ingin Memulai Usaha Catering, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
    September 10, 2020

    BARUSLETTER