Bahasa Indonesia

Pilih preferensi bahasa anda

  • Bahasa Indonesia
  • English
  • Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli

    Sejak pandemi, banyak orang yang memulai bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan. Berjualannya juga biasa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram. Tak sedikit juga bisnis khususnya UMKM yang harus beralih dari toko fisik ke platform digital. 

    Lalu bagaimana cara menarik pelanggan untuk bisnis khususnya bisnis online yang baru mulai? Mencari dan mendapatkan pelanggan saat awal baru memulai bisnis memang menjadi tantangan terbesar. Berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar bisnismu bisa dilirik oleh calon pembeli.

     

    Kenali Siapa Calon Pembelimu

    Pertama-tama tentukan dulu siapa segmentasi dari produk yang kamu jual. Segmentasi ini bisa berupa usia, gender, lokasi, hobi, perilaku, dan banyak lagi. Dengan mengetahui siapa target konsumenmu, kamu akan lebih mudah menentukan strategi untuk menarik pelanggan. 

    Setelah mengetahui siapa target customer-mu, cari tahu apa yang mereka butuhkan dan masalah apa yang mereka hadapi serta solusi apa yang bisa ditawarkan produkmu bagi mereka. Cari tahu juga perilaku berbelanja mereka untuk membantumu mengembangkan strategi. Kamu bisa mendapatkan data melalui riset atau analisis data di media sosial. 

    Hadir pada Platform yang Banyak Digunakan Target Customer

    Setelah mendapatkan data mengenai target customer, kamu bisa menentukan platform-platform mana saja yang banyak digunakan mereka. Misalnya apabila target customer-mu adalah anak remaja kamu bisa memanfaatkan platform-platform media sosial seperti Instagram atau bahkan TikTok. 

    Masuklah ke platform-platform yang paling sering digunakan oleh target customer dan aktif pada platform-platform tersebut. Ikuti tren-tren dan diskusi yang ada. Cari tahu kata kunci atau hashtag yang biasanya digunakan oleh target audiensmu untuk mencari konten atau produk. 

    Tiap platform memiliki karakteristiknya sendiri. Misalnya di Instagram, kualitas foto atau visual menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi kesan calon pembeli. Pelajari karakteristik tiap-tiap platform dan sesuaikan strategi pemasaran maupun kontenmu dengan karakteristik tersebut.

    Buat Konten yang Relevan

    Bagikan konten yang relevan bagi target konsumenmu. Konten ini bisa menyampaikan nilai dari brand-mu atau menggambarkan bagaimana produkmu bisa memberikan solusi bagi mereka. Kamu juga bisa membagikan konten-konten yang tidak secara langsung berhubungan dengan produkmu tetapi relevan bagi customer

    Misalnya jika kamu menjual makanan sehat, kamu bisa membagikan tips-tips hidup sehat atau bagaimana memadukan makanan yang kamu jual dengan makanan lainnya. Konten lain yang juga bisa kamu coba adalah konten interaktif misalnya dengan mengajukan pertanyaan ke pengikut atau mengajak mereka untuk meninggalkan komentar. Dengan cara ini, kamu bisa membangun hubungan dengan customer.

    Tampilkan Deskripsi yang Jelas

    Berikan deskripsi produk yang jelas seperti nama, detail, harga, ukuran, dan sebagainya. Apabila kamu menggunakan sistem pre-order, cantumkan tanggal PO ditutup dan kapan barang akan dikirimkan. Informasi produk yang jelas akan membuat calon pembeli lebih yakin untuk melakukan transaksi.

    Tawarkan Promo

    Promosi menjadi salah satu cara paling umum dan efektif untuk menarik calon pembeli untuk bisnis baru. Sebarkan campaign di berbagai channel agar promosi yang dijalankan bisa lebih diketahui banyak orang. Berikan juga batas waktu pada promo agar orang-orang lebih terdorong untuk segera melakukan pembelian.

    Adakan Kuis atau Giveaway

    Cara lain untuk menarik pelanggan baru adalah dengan mengadakan kuis atau giveaway dengan hadiah yang menarik. Semakin banyak yang berpartisipasi, semakin luas pula jangkauan bisnismu. 

    Untuk memperluas jangkauan, kamu bisa mengadakan kuis atau giveaway yang mensyaratkan pesertanya untuk men-tag temannya sehingga semakin banyak orang yang mengenal dan berinteraksi dengan bisnismu. 

    Usahakan agar kuis atau giveaway tidak terlalu rumit atau membingungkan. Kontes yang terlalu rumit dapat membuat orang menjadi enggan untuk mengikutinya. Terutama bagi bisnis baru, adakan kontes yang mudah saja, misalnya sekadar meninggalkan komentar atau membagikan foto di feed Instagram.

    Beriklan

    Jika kamu memiliki anggaran yang cukup, kamu bisa memasang iklan pada platform-platform yang banyak digunakan oleh target customer-mu. Saat ini iklan digital sudah memungkinkan bisnis untuk mensegmentasikan iklan mereka sehingga bisa menjangkau audiens dengan lebih tepat. Sesuaikan segmentasi iklanmu dengan segmentasi target konsumen.

    Berpartner dengan Bisnis Lainnya

    Cara lain adalah dengan berpartner dengan bisnis lain yang bukan merupakan kompetitor langsung tetapi memiliki target pasar yang serupa dengan bisnismu. Buat strategi bagaimana baik bisnismu maupun bisnis mereka bisa memberikan nilai tambah kepada customer. Misalnya jika kamu menjual produk bayi, kamu bisa bekerja sama dengan bisnis makanan bayi atau bisnis yang menjual pakaian ibu hamil. 

    Bekerjasama dengan Influencer

    Influencer merupakan salah satu sumber bagi konsumen untuk menemukan brand-brand baru. Agar bisnis lebih dikenal dan dipercaya, kamu bisa bekerja sama dengan influencer. Pilihlah influencer yang memiliki target audiens yang serupa dengan bisnismu. Misalnya jika kamu menjual makanan, kamu bisa bekerja sama dengan food blogger

    Proses Transaksi yang Mudah

    Proses pembayaran yang sulit akan membuat calon pembeli malas melakukan transaksi. Dengan menyediakan proses transaksi yang mudah mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman, calon pembeli akan merasa mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan sehingga mengurangi kemungkinan mereka batal melakukan transaksi.

    Pentingnya Testimoni

    Review menjadi salah satu aspek yang paling diperhatikan konsumen sebelum membeli barang. Oleh karena itu, tampilkan review positif pada platform penjualanmu untuk meyakinkan calon pembeli. Apabila ada review negatif, segera tangani dan berikan solusi agar customer merasa dilayani dengan baik. 

    Berikan Layanan yang Berkualitas 

    Kualitas layanan turut menentukan apakah seorang pembeli mau kembali membeli dan merekomendasikan bisnismu ke orang lain atau tidak. Kualitas layanan yang baik menciptakan kesan yang positif terhadap pelanggan. 

    Pastikan kamu memberikan layanan yang berkualitas bagi pembeli mulai dari kecepatan dan ketepatan respons, penanganan keluhan, hingga pengiriman barang. Apbila kamu memiliki staf, latih mereka agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli dengan ramah dan dapat memberikan solusi atau informasi yang tepat. 

    Bekerjasamalah dengan jasa pengiriman barang yang terpercaya dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnismu maupun konsumen. Misalnya saat perlu mengirimkan pesanan dalam jumlah banyak, kamu dapat tetap memberikan layanan pengiriman dengan kecepatan yang sama serta menjaga keamanan barang. Atau saat customer butuh produk yang kamu jual secara mendadak, kamu tetap bisa memenuhi permintaan tersebut.

    Jasa pengiriman barang Lalamove yang cepat, fleksibel, dan terjangkau memungkinkan kamu untuk memberikan layanan pengiriman yang dapat menjaga kepuasan konsumen. Dengan armada yang beragam dan pilihan layanan on-demand maupun terjadwal, operasional bisnis dapat berjalan dengan lebih fleksibel.

     

    Berikan Layanan Terbaik Bagi Pelanggan Bisnismu!

    Daftarkan Bisnismu Sekarang

     

    Baca Juga: 5 Tips untuk Mempersiapkan Bisnis di Akhir Tahun

    Bagikan ini di

    Lalamove

    posting terkait

    Bisnis

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    November 30, 2020

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Pesta belanja online atau Harbolnas 12.12 sudah di depan mata. Belum lagi liburan akhir tahun yang sudah dekat. Bagi kamu yang menjalankan bisnistrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    November 26, 2020

    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman

    Setelah berjam-jam membuat dan mendekorasi kue, akhirnya waktunya kue untuk dikirim. Untuk kamu yang menjalankan usaha kue, pasti pernah mendapatkantrue

    Baca lebih lajut
    Bisnis

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    November 25, 2020

    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

    Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhitrue

    Baca lebih lajut

    KOMENTAR

    Tulisan Terbaru

    Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun
    November 30, 2020
    Cara Kirim Kue dengan Aman Agar Tidak Hancur Saat Pengiriman
    November 26, 2020
    Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi
    November 25, 2020
    Baru Mulai Bisnis? Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnismu Dilirik Calon Pembeli
    November 19, 2020
    Cara Bisnis Patisserie Namelaka Tingkatkan Efisiensi Menjelang Natal & Akhir Tahun
    November 17, 2020

    BARUSLETTER